Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Puluhan Wartawan Ikuti UKW Gelombang Ketiga di Depok

DEPOK (MASS) – Sebanyak 100 wartawan media massa mendaftar Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar di Zam Zam Tower, Jalan Margonda Kota Depok, Rabu-Kamis (15-16/3/2023) kemarin. Dari 100 orang, yang hadir mengikuti ujian ada 86 peserta.

UKW gratis ini, merupakan gelombang ketiga dari program yang digulirkan Gubernur Jawa Bara Ridwan Kamil dan PWI Jabar yang menargetkan uji kompetensi ini bagi 1000 wartawan.

Kegiatan sendiri dibuka langsung Kepala Bidang Informasi Keterbukaan Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Fais Rahman bersama Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat.

Dalam kesempatan tersebut, Fais Rahman mengatakan program UKW gratis yang digulirkan Pemprov Jabar merupakan bentuk komitmen dalam mendorong terwujudnya insan pers Jawa Barat yang profesional dan kompeten.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Program UKW gratis ini tidak hanya menjadi simbol kolaborasi yang solid antara Pemprov Jabar dan PWI, tetapi juga bentuk kepedulian Gubernur Ridwan Kamil dan mendorong jurnalis yang kompeten, profesional dan tentu saja berdaya saing,” ungkapnya.

Kegiatan UKW ini, lanjut Faiz, rencananya akan digelar di 10 titik di Jawa Barat. Sampai saat ini, sudah digelar di tiga tempat, Bandung Bogor dan Depok

Sementara, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengaku pihaknya sangat mengapresiasi PWI Kota Depok yang sudah berjuang dalam mempersiapkan kegiatan ini.

“Atas nama PWI Jawa Barat, kami menghaturkan teirma kasih dan apresiasi yang tinggi kepada PWI Kota Depok yang sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan dan sekaligus menyukseskan UKW ini,” ujarnya.

Diakuinya, terdapat kendala dan hambatan sebelum pelaksanaan UKW di Kota Depok ini. Dewan Pers telah memberlakukan peraturan administrasi salah satunya nama media yang dilarang sama dengan nama lembaga negara.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Banyak nama media yang sama dengan nama lembaga negara sehingga pengajuan menjadi peserta UKW dicoret oleh Dewan Pers. Hal ini, tentunya harus diperhatikan dengan serius oleh semua media,” tambahnya.

Hilman berharap, pelaksanaan UKW ini tidak hanya seremonial saja namun mampu memberikan kebermafaatan untuk semua peserta. Sehingga, kompetensi wartawan bisa diraih oleh semua peserta.

“Selamat mengikuti UKW sebagai bagian dan upaya untuk membentuk waratwan yang kredibel dan kompeten,” katanya.

Dalam UKW ini, salah satu wartawan dari Kuningan juga mengikuti uji kompetensi untuk tingkat Wartawan Utama.

Adalah Deden Rijalul Umam, pimpinan redaksi kuninganmass.com yang juga lulus di kategori tersebut.

Untuk diketahui, dalam UKW tersebut digelar 3 tingkat uji kompetensi wartawan, mulai dari Muda, Madya dan Utama. Dari total 86 peserta yang mengikuti test, 79 dinyatakan lulus. (eki/rl)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dari sekitar 700 wartawan yang bertugas di Jawa Barat, rupanya masih banyak yang belum mengikuti UKW (Uji Kompetensi Wartawan). Berdasarkan keterangan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dalam sambutan pembukaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Jumat (21/9/2018), Bupati H Acep Purnama MH mengeluarkan pesan khusus. Dia meminta agar para...

Education

KUNINGAN (Mass) – Hari pertama masuk sekolah bukan saja diwarnai dengan fenomena rebutan kursi dan ditunggui ortunya. Khusus di Ponpes Husnul Khotimah, muncul suasana...

Advertisement