Jangan Kaget Kalau Hasil Pleno Beda Suara

KUNINGAN (MASS) – Pada saat real count atau situng KPU secara online baru 91 persen, Jumat (29/6/2018) ini PPK di 32 kecamatan mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara. KPU mengingatkan warga agar tidak kaget apabila ada perbedaan angka.

“Berdasarkan PKPU 9/2018 yang mengatur tahapan, bahwa jadwal rekapitulasi di tingkat PPK dapat dilaksanakan dari mulai tanggal 28 Juni hingga 4 Juli 2018. Nah PPK itu Jumat dan Sabtu. Untuk pleno KPU nanti Rabu 4 Juli,” jelas Dadan Hamdani Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Jumat dini hari.

Terkait proses real count/situng, imbuh alumni Gontor ini, progresnya sudah 91 persen.

“Sisanya masih sedang dalam proses input. Insyaallah kami targetnya akan selesai dalam beberapa hari ke depan,” ucap Dadan.

Ia mengatakan, data yang dihitung dalam aplikasi Situng merupakan data seadanya dari TPS. Sehingga menurutnya sangat mungkin ada atau terdapat perbedaan dengan hasil pleno disetiap tingkatan.

“Karena Situng bukanlah hasil resmi, karena sangat dimungkinkan KPPS salah tulis atau faktor lain,” ungkapnya.

Dadan menyampaikan bahwa yang menjadi patokan hasil hitungan suara adalah pleno yang dilaksanakan oleh PPK dan KPU.

“Masyarakat diimbau agar tidak kaget jika mendapati perbedaan antara pleno dengan Situng. Hal itu sebabkan karena pleno merupakan sarana untuk menyandingkan data dari saksi, panwas, dan PPK. Namun, sangat mungkin terjadi juga bahwa data Situng dengan pleno adalah sama,” terang Dadan.

Masyarakat diharapkan turut serta memantau pelaksanaan rekapitulasi ditingkat PPK karena prinsipnya KPU berharap agar hasil pleno sesuai dengan data dan fakta di TPS. Sehingga diharapkan pula hasil pleno PPK dapat diterima oleh semua pihak. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com