Dapil 3 “Perang Bintang”

KUNINGAN (MASS) – Di Dapil (Daerah pilihan) 3 yang meliputi Kecamatan Ciawigebang, Cidahu, Kalimanggis, Maleber, Lebakwangi dan Cipicung, bakal terjadi “perang bintang”. Pasalnya, di wilayah tersebut muncul sejumlah caleg yang kebesaran namanya sudah tidak diragukan.

Mulai dari Dede Sembada ST yang kini menjabat wakil bupati. Elektabilitas politisi PDIP ini sangat diperhitungkan. Jangankan untuk skala dapil, untuk skala kabupaten pun Desem (Dede Sembada) banyak diyakini berbagai kalangan punya kemampuan lebih.

Apalagi pada saat menjabat Plt Bupati, Desem memiliki track record yang baik. Meski hanya 5 bulan, cukup banyak “kenangan” yang ia torehkan untuk Kabupaten Kuningan.

Berikutnya dr Toto Taufikurohman Kosim. Calon Bupati Sentosa ini berhasil mengumpulkan dukungan suara signifikan urutan kedua setelah paslon AR. Bahkan khusus di dapil 3, Toto yang berpasangan dengan Yosa mampu mengguli perolehan suara.

Jumlah dukungan yang melebihi angka 30 ribu di dapil tersebut, diyakini banyak kalangan bisa menjadi modal kemulusannya menuju “Ancaran” dengan mengibarkan bendera PPP.

Yang tidak akan kalah oleh kedua figur tersebut, adalah H Yudi Budiana SH. Ketua DPD Partai Golkar Kuningan ini sudah cukup lama dikenal luas oleh masyarakat dapil 3. Sebab 2 periode lamanya, trah Alm H Enuy Masnui ini mampu menjadi anggota parlemen daerah.

Terlebih pada pileg 2014 lalu, Yudi sempat mencalonkan DPRD Jabar. Meskipun gagal namun jumlah dukungan masyarakat terhadap Yudi cukup signifikan, sehingga bisa menjadi modal berharga.

Selain mereka, terdapat pula nama H Ujang Kosasih MSi. Wakil rakyat asal PKB ini berhasil duduk di gedung dewan selama dua periode. Sebagai ketua DPC PKB yang memiliki kedekatan dengan ulama NU, Ujang diyakini bakal mampu mengimbangi ketiga figur seperti Desem, Toto dan Yudi.

Sejumlah caleg incumbent lain, cukup banyak dari mereka yang tidak boleh dianggap enteng. Seperti Masuri Gonjes (PPP), Yudi Moch Rodi (PAN), H Uci Suryana (Golkar), HM Hadis (Gerindra), H Karyani (PDIP), Hj Ati Dadikawati (PDIP) serta Jajang Nuramin (Demokrat).

Bukan hanya incumbent, pendatang baru yang telah berelektabilitas tinggi pun lahir dari dapil itu. Diantaranya Purnama (PDIP), Kombes Irwan (Gerindra), H Uba Subari (PAN), Meli (PDIP), Bobi (PDIP), Ato (PPP), sampai Fadil (NasDem).

“Kuota kursi di dapil 3 itu sebanyak 12 buah. Saya yakin pertarungan di dapil tersebut bakal sengit, karena memang perang bintang. Caleg muda juga saya kira jangan dipandang sebelah mata, karena mereka pun bakal ngotot,” ujar salah seorang mahasiswa, Adi Bahtiar, Rabu (18/7/2018). (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com