Bu Sepuh Sudah Punya Pilihan Politik

KUNINGAN (MASS) – Bu Sepuh, pemilik toko oleh-oleh khas Kuningan yang berlokasi di Desa Bojong Kecamatan Cilimus, ternyata sudah punya pilihan. Pemilik nama asli Sofia Eddy Sutisna yang usianya sudah menginjak 80 tahun ini tak ingin ketinggalan untuk terlibat dalam kontestasi pilkada 2018. Dengan tegas ia mendukung pasangan nomor 1 (Toto-Yosa).

Bu Sepuh mengatakan dukungannya itu karena adanya history antara dirinya dengan keluarga besar dr Toto yang sudah sejak lama terbangun khususnya dengan Hj Zubaedah yang merupakan Ibunda dr Toto.

“Dokter Toto itu putra dari kawan baik saya, tentunya saya sepenuh hati akan mendukungnya dalam Pilkada 2018 ini,” ujar Bu Sepuh saat ditemui di kediamannya, Minggu (3/6/2018).

Menurutnya, Ceu Edah (panggilan akrab Hj Zubaedah) itu orang yang sangat baik dan begitu peduli terhadap masyarakat. Sehingga wajar bila saat ini sifat pedulinya itu turun kepada dr Toto yang juga dikenal sebagai tokoh yang sangat peduli kepada masyarakat kecil khususnya dalam bidang kesehatan. Hal tersebut dirasakan olehnya ketika sama-sama menjadi pengurus di Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4).

“Waktu itu Ceu Edah menjabat Ketua di BP4, dan saya sekretarisnya, sehingga saya begitu mengenal sosoknya yang begitu baik dan peduli terhadap masyarakat seperti halnya dr Toto saat ini,” ungkap Bu Sepuh.

Selain itu, Bu Sepuh mengungkapkan banyak pelajaran hidup yang dia ambil dari Ibunda dr Toto yang telah mendahuluinya kembali ke haribaan Allah SWT. Meski diakui, orang tua dr Toto saat itu tergolong kepada keluarga yang memiliki kecukupan dalam hal materi, namun sikap rendah hati selalu ditanamkan kepada anak-anaknya sehingga saat ini mereka semua dapat meraih kesuksesan.

“Orang tua dr Toto saat itu tergolong ke dalam keluarga yang memiliki kecukupan dalam hal materi, namun sikap rendah hati selalu diajarkan kepada anak-anaknya yang kini telah meraih kesuksesan,” tuturnya.

Melihat sosok dr Toto, wanita yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kuningan ini merasa seolah melihat sosok kawan baiknya dulu yang begitu sederhana dan peduli kepada masyarakat.

“Sifat sederhana dan peduli terhadap masyarakat yang dimiliki dr Toto saat ini mengingatkan kembali saya pada kawan baik saya dahulu,” kenangnya.

Lebih lanjut, Bu Sepuh mengatakan apa yang dimiliki dr Toto saat ini sudah cukup untuk menjadi seorang pemimpin di Kabupaten Kuningan. Kepeduliannya terhadap masyarakat sejak sebelum dicalonkan bupati pun sudah menunjukan bahwa dr Toto adalah pemimpin yang dilahirkan untuk melayani masyarakat, bukan justru sebaliknya.

“Dokter Toto itu pemimpin yang dilahirkan untuk melayani masyarakat, bukan pemimpin yang diciptakan untuk dilayani oleh masyarakat,” tandasnya.

Kendati demikian, Bu Sepuh tetap berpesan kepada dr Toto agar selalu menjaga amanah dari masyarakat jika kelak dirinya terpilih agar kepemimpinanya itu selalu dirindukan oleh masyarakat.

“Dukungan saya mutlak untuk dr Toto, untuk itu saya berpesan kepadanya agar selalu menjaga amanah dari masyarakat agar kepemimpinanya tersebut selalu dirindukan,” pungkasnya. (deden/rl)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com