Anggota Dewan Mau Study Banding ke Bali, Ini Alasannya

KUNINGAN (MASS) – Setelah tunjangan rumah naik Rp3 juta, sebentar lagi para anggota DPRD Kuningan hendak melaksanakan study banding ke Bali. Itu merupakan agenda kunjungan kerja komisi.

Dari keterangan yang diperoleh kuninganmass.com, kunker nanti melibatkan semua komisi. Tiga lokasi tujuan telah ditetapkan diantaranya Bali (komisi 1 dan 3), Medan (komisi 2) dan Menado (komisi 4).

“Daerah tujuan kunker itu disesuaikan dengan bidang masing-masing komisi,” ujar Ketua DPRD, Nuzul Rachdy SE kala dikonfirmasi.

Satu contoh kenapa memilih Bali, menurutnya, di sana ada beberapa kebijakan daerah yang bisa diserap contoh. Kabupaten Bangli terdapat desa panglipuran yang merupakan predikat desa terbersih di dunia.

“Kita bisa melihat partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dan kebersihan di tempat itu,” terangnya.

Alasan lain, seluruh kabupaten/kota di Bali telah melaksanakan pola kebijakan pembangunan semesta berencana dimana kebijakan propinsi dan kabupaten/kota bisa bersinergis/paralel.

“Kabupaten Badung program pendidikan gratis dan kesehatan gratis. Di Badung pemerintah bukan hanya menggratiskan warga yang sakit, melainkan keluarga pasien yang menungguinya pun diberi subsidi,” jelas Zul.

Ia menambahkan, masing masing daerah atau desa mempunyai kekhasan tersendiri dalam mengelola pariwisata dan lainnya. “Sehingga desa desa menjadi sentra sentra industri, komoditas, pariwisata masing masing,” tukasnya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com