Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Peringati Isra Mi’raj Adakan Pawai Obor

CIAWIGEBANG (MASS) – Memperingati moment penting dan hari besar Islam Isra Mi’raj, para pemuda-pemudi Cidulang Desa Geresik Kecamatan Ciawigebang mengelar pawai obor.

Pawai obor sendiri, merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan Peringatan Isra Mi’raj yang dilakukan selama dua hari yakni hari Minggu-Senin (27-28/2/2022) kemarin.

Peringatan Isra Mi’raj sendiri, dikatakan ketua pelaksana Ashif Abdul Basith, bertujuan mengenang peristiwa bersejarah bagi umat islam, yaitu ketika Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha (langit ke tujuh).

Dalam perjalanan itu, lanjut Basith, Nabi Muhammad SAW menerima perintah untuk melaksanakan salat 5 waktu setiap harinya.

Dalam momentum Isra Mi’raj sendiri, ada amalan dan doa yang dianjurkan sepetti memperbanyak istigfar, membaca kalimat hauqalah, sayyidul istigfar, dan doa Rajab, serta melaksanakan puasa sunah di bulan Rajab.

Basith mengatakan, selain amalan tadi untuk memeriahkan peringatan ini digelar beberapa rangkaian kegiatan yang berdasarkan nilai-nilai keislaman dan keagamaan.

“Dimulai dari kegiatan perlombaan anak-anak seperti kaligfari, hapalan surat-surat pendek, lomba adzan dan untuk anak usia 5-6 tahun mengikuti perlombaan mewarnai kaligrafi,” ujarnya setelah kegitan.

Selain kegiatan lomba, digelar juga pawai obor yang diikuti oleh warga Cidulang. Semua kalangan tua, muda ikut tumpah ruah ikut menjadi partisipan dalam kegiatan peringatan Isra Mi’raj ini.

Bahkan, saking antusiasnya, anak-anak muda berperan beragam dalam arak-arakan tersebut. Asa yang jadi hantu pocong, kerbau si petani, serta keranda mayit yang mempunyai banyak sekali arti dalam era kondisi di masyarakat akhir-akhir ini lewat teatrikal tersebut.

Lebih meriah, karena pawai obor ini diiringi dengan marching band MTs Amanah Geresik dengan para siswa yang kreatif, aktif serta gembira.

Basith juga menyampaikan pesan dimalam puncaknya acara beripa sambutan. Dirinya mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini dengan meriah maka kedepan, siap berkontribusi penuh terhadap Dea Geresik untuk kemajuan dan perkembangan desa.

“Dengan kita memiliki potensi yang mumpuni, memiliki kreatifitas dan elektabilitas yang tinggi maka itu kita siap atas nama pemuda/i Cidulang sangat representatif untuk menjadi penggerak pembangunan desa geresik,” ucapnya.

Diakhir acara, Ketua Umum Ari Firmanda yang juga sering disebut komandan itu menyampaikan kepada ‘pasukan-nya’ agar selalu menjaga kondisi jaga kesehatan.

“Utamanya, selalu semangat dalam menjalankan kegiatan dan program yang kita gagas kedepan, demi mewujudkan perkembangan desa, khususnya perkembangan blok Cidulang,” tuturnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kabar duka datang dari Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang. Pasalnya, hari ini Rabu (7/12/2022), sang Kades, H Sudarta meninggal dunia. Kabar duka...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Setelah sebelumnya jadi pertanyaan siapa yang akan melawan Cobra FC Kertayasa di babak final Tunas Harapan Cup Pangkalan Ciawigebang, akhirnya terjawab....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada pertandingan sepakbola di turnamen Taruna Harapan Cup yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang, diwarnai kericuhan, Kamis (22/9/2022)...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Bulan Agustus belum usai. Kemeriahan demi kemeriahan di bulan kemerdekaan ini, dilakukan oleh berbagai kalangan warga. Pun begitu dengan santri dan...

Advertisement