Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Peringati Haul Ke 7 KH Sahal Suhana, Al-Multazam Kenang Sosok Pendiri

KUNINGAN (MASS) – Keluarga besar Al-Multazam menggelar peringatan Haul Ke-7 KH Sahal Suhana SH bin Atma Perwata, sosok pendiri pondok, Selasa (8/8/2023) sore ini.

Peringatan Haul ke-7 ini, digelar di lapangan terbuka Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam (kampus 1) Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana, dengan dihadiri para santri, pengurus yayasan serta rekanan lembaga.

Selain internal, tamu-tamu yang diundang mulai dari DKM Syiarul Islam, MUI, DMI, PCNU, para kepala desa, serta tokoh-tokoh lainnya nampak datang dalam kegiatan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam Haul ke-7 tersebut digelar berbagai rangkaian acara. Mulai dari tilawah, hadhoroh dan doa, prakata dari keluarga, tausiyah, santunan anak yatim, hingga ziarah dan tabur bunga di makam almarhum.

Hadhoroh dan doa, dipimpin Imam Besar Masjid Al Hidayah Desa Maniskidul KH Nono Sudana. Sementara, tausiyah diisi oleh Ketua PCNU Kabupaten Kuningan Dr KH Aam Aminuddin S HI, MA.

Dalam ceramahnya, selain memberikan wejangan pada para santri dan hadiri, Dr KH Aam Aminudin S HI MA juga menceritakan kisahnya bersama almarhum.

“Selain rajin ibadah, juga bagus bersosial. Cita-citanya besar, keinginannya gede, hebat,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ungkapan itu, adalah penggalan cerita saat masih bercita-cita merubah area sawah/kebun jadi pusat pendidikan. Kini sudah terwujud menjadi Al Multazam dan Husnul.

“Pendidikan adalah asset sosial yang bisa memberikan manfaat ke semua ummat,” tuturnya.

Ia juga bercerita bagaimana almarhum selalu berusaha untuk melakukan amal baik yang sifatnya sosial. Anak-anak yatim banyak disantuni, fakir miskin, dan janda tua.

Sementara, H Uud Pandu Suandhana S Si M Pd, putra almarhum KH Sahal yang kini menjabat Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah, mengungkapkan terima kasih atas doa-doa yang ditujukan pada KH Sahal.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dakwah ini jangan sampai terhenti. Semoga apa yang ditanamkan beliau, jadi penghapus dosa dan pahala yang mengalir,” ujarnya pada para santri, yang merupakan anak-anak ideologis KH Sahal.

Ia juga mengajak, untuk bersama-sama menguatkan kman dan islam menuju perubahan yang baik, perubahan yang hakiki. Terutama membekali diri untuk di alam kekal nanti.

Santunan anak yatim di Haul ke-7 KH Sahal Suhana SH

Untuk diketahui, almarhum KH Sahal Suhana sendiri merupakan sosok yang sangat dikenal kiprahnya, terutama dunia pendidikan keagamaan di Kabupaten Kuningan.

Bukan hanya pendiri Al-Multazam, KH Sahal juga merupakan pendiri Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan, serta pendiri Yayasan Peduli Anak Yatim dan Dhuafa Kuningan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Atas kiprahnya semasa hidup, KH Sahal Suhana SH juga sempat dinobatkan sebagai Tokoh Pendidikan Kuningan. Almarhum, tutup usia pada tahun 2016. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Pada Jumat (10/11/2023) kemarin, ratusan bahkan ribuan santri beserta para pengajar Al Multazam rela membakar wajah-wajah mereka dengan teriknya sang mentari...

Education

KUNINGAN (MASS) – Prestasi bergengsi di ajang kompetisi nasional yang digelar SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang-Bandung, berhasil diraih SDIT Al Multazam Kuningan. Bukan...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Qatar Charity berkerjasama dengan Ponpes Terpadu Al-Multazam menyediakan 1300 paket buka bersama atau iftor jama’i untuk anak-anak yatim. “Tahun ini Qatar...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Memasuki Bulan Mei Yayasan Pendidikan Islam Al Multazam Husnul Khotimah membuka lowongan kerja. Formasi yang dibutuhkannya sebagai berikut: Formasi/Bagian : 1....

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Bencana yang melanda masyarakat Kuningan bagian timur, memicu keprihatinan jajaran pengurus ponpes Al Multazam. Sebagai wujud kepedulian, ponpes tersebut menyalurkan bantuan kemanusiaan....

Advertisement