Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Pelantikan ICMI dan Politik 2024, Nanan Sebutkan Kriteria Pemimpin Masa Depan

KUNINGAN (MASS) – Nanan Abdul Manan M Pd, ketua terpilih pada Musda pertama ICMI orda Kuningan, Sabtu (28/5/2022) kemarin, tak kagok saat ditanya pandangan politik ICMI menghadapi tahun 2024.

Nanan mengatakan, pada dasarnya ICMI, secara organisasi tidak dikehendaki untuk berpolitik secara praktis. Posisi ICMI, kata Nanan, adalah sebagai pendidik, pengajar, dan pencerah terhadap pola-pola politik kesantunan.

“Ketika berbicara praktis, ICMI tidak dikehendaki demikian. Karena ketika ICMI masuk ke ranah praktis, kita tidak bisa jadi hakim terjadap semua hal yang menjadi carut marutnya hari ini. Sehingga ketika siapapun secara person, melakukan dan sebagainya saya mempersilahkan. Tapi secara organisasi, saya wanti-wanti tidak membawa embel-embel organisasi,” pesannya setelah pelantikan.

Kala ditanya adakah kriteria pemimpin masa depan, Nanan menyebut tentu ICMI punya semacam gambaran tersendiri dari pemimpin ideal.

Lebih lanjut, Nanan menekankan bawa ICMI basisnya tidak terlepas pendidikan, sehingga basis kebijakan yang dikedepankan harus basis pertimbangan penelitian, reseacrh base, keumatan, dan futuristik – masa depan. Menurut Nanan, dengan ketiga kategori ini, akan sampai dengan parameter akademik.

“Sehingga karakteristik pemimpin masa depan itu ya tentunya yang memang pro atau memahami tentang elemen-elemen yang mendukung terhadap kebijakan berbasis penelitian, keumatan dan masa depan,” sebutnya.

Sekilas tentang Musda 1 ICMI Kuningan….

Dalam Musda yang digelar di Ballroom Grage Sangkan Kuningan itu, terlihat hadir tokoh-tokoh seperti Bupati Kuningan H Acep Purnama SH., MH, Sekretaris Daerah Dr H Dian Rachmat Yanuar, sebagai unsur Muspida.

Sedangkan dari Organisasi Wilayah atau Orwil Jawa Barat diwakili oleh Dr H Fauzan Januri dan Hj Euis Mulli Mulyati, MM, serta terlihat juga beberapa pengurus ICMI sewilayah 3 Cirebon.

Hadir pula, Dewan Penasihat ICMI Orda Kuningan yaitu H Rochmat Ardian, para pengurus ICMI Orda Kuningan dan Organisasi Satuan atau Orsat, Badan Otonom yang bernaung di ICMI Orda Kuningan.

Dalam kegiatan Musda kali ini juga diiisi oleh orasi Ilmiah dari Prof Atif Latipulhayat SH LL M., Ph d, guru besar yang dikenal sebagai sosok yang alim ini tampak menggebu-gebu mengobarkan semangat peserta Musda dan tamu undangan untuk mengabdikan diri kepada ummat melaui ICMI.

Bupati Acep yang hadir, sempat memberikan sambutan mengapresiasi kehadiran ICMI di Kuningan. Menurut Acep, selama ini ICMI telah memberikan sumbangsih pemikiran yang bagus untuk kemajuan Kabupaten Kuningan.

“Saya berharap, kedepannya ICMI tetap menjadi mitra strategis dan mitra kritis bagi kemajuan Pemerintah Daerah Kuningan, dan terus memberikan warna positif bagi Kuningan,” pesannya pada organisasi yang banyak diisi akademisi ini.

Dalam Musda 1 ini, Nanan Abdul Manan, M Pe sebagai ketua secara aklamasi, Nanan juga mengemban tugas pertama sebagai ketua Formatur ICMI Orda Kuningan.

Nanan, akan dibersamai empat formatur yang lain Dr H Iskandar Hasan M Pd, Dr Ukas Suharfaputra MT, Dr Eman Sulaeman MA, dan Dede Awaludin, M Pd untuk menyusun kepengurussan ICMI ORDA Kuningan periode 2022-2027. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orda Kuningan menggelar diskusi politik, Senin (17/10/2022) kemarin. Mengusung tema “Akulturasi...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sosok Nanan Abdul Manan M Pd, terpilih sebagai Ketua dalam Musyawarah Daerah (Musda) 1 Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) orda Kuningan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kepergian Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie jelas memberikan duka yang mendalam bagi rakyat Indonesia. Ia merupakan presiden ke 3...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Dalam mengisi keberkahan Ramadhan, ICMI Orda Kuningan mengadakan buka bersama, Senin (13/5/2019). Acara tersebut diisi dengan diskusi hangat yang mengangkat tema...

Advertisement