Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Incident

Panjangnya Hampir 3 Meter, Ular Sanca Batik Teror Ternak Warga

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/9/2022) ini, seekor ular Sanca Batik ditangkap di kandang ternak warga di Desa Cipetir Kecamatan Lebakwangi.

Ular sanca yang cukup besar itu, memiliki panjang sekitar 2,8 meter diketahui saat melingkar dan memakan ayam milik Rohanah (59) di sekitar kandang ternak.

Sanca batik sendiri, merupakan jenis ular uang memiili nama ilmiah Malayopython reticulatus, jenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain. Jenis ini memang tidak berbisa, namun memiliki gigitan dan lilitan yang mematikan.

Dikatakan, sekitar pukul 07.00 WiB pemilik ternak hendak memberi makan ternaknya dan diperhatikan ayam miliknya hilang satu. Setelah itu, pas ayam melihat ke kolong kandang ayam, didapatilah ular Sanca yang berukuran besar sedang melingkar yang sudah memakan ayam.

Khawatir dan takut, Rohanah memberi tahu suaminya. Ular sempat dibiarkan dan dikunci di dalam kandang agar tidak kabur terlebih dahulu.

Sore harinya sekitar pukul 16.35 WIB, Rohanah kemudian melaporkan penemuan ular itu ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

“Dilakukan tindakan evakuasi ular jenis Sanca Batik dengan panjang -+ 2,8 Meter. Langsung ke TKP oleh 3 Anggota dari Regu 2, UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kab. Kuningan dan 1 Randis Damkar dalam waktu (-+ 15 menit),” ujar Kepala Damkar M Khadafi Mufti M Si, dalam laporannya.

Dikatakan M Khadafi, bila dibiarkan/ tidak dievakuasi dikhawatirkan akan membahayakan dan mengganggu warga sekitar serta memakan hewan ternak warga.

“Ular Sanca diamankan oleh petugas agar tidak dibunuh oleh warga, dan tidak kembali memakan ternak warga kemudian akan diserahkan ke pihak BKSDA atau Komunitas pencinta Reftil untuk dilepas liarkan kembali ke habitat aslinya,” tutur Khadafi. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement