Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Pabrik Bawang Kebakaran, Kerugian Rp20 Juta

KUNINGAN (MASS)- Berhati-hatilah ketika memiliki tempat usaha. Jangan sampai lupa memadakan api kalau tidak ingin mengalami kerugian seperti H Dulhasim warga Dusun Manis RT 17/04 Desa Gerba Kecamatan Kramatmulya.

Pabrik bawang yang luasnya 80 X 50 meter nyaris jadi abu andai petugas Damkar telat datang. Untungnya berkat kesigapan petugas hanya empat tungku senilai Rp20 juta yang ludes. Sedangkan bangunan terselamatkan.

Insiden kebakaran terjadi pada jam Sabtu (15/2/2020) Waktu Kejadian : +- 23.15 WIB. Petugas butuh waktu hingga jam 1 dini hari untuk memadamkan kobaran api.

Menurut keterangan Juhri (48),  pada pukul +- 23.15 wib melihat asap serta api yang berasal dari pabrik bawang, yang bersumber dari tempat penggorengan bawang. Setelah itu  ia  memberitahukan kepada warga setempat bahwa telah terjadi kebakaran.

Warga bersama- sama Aparat Pemerintahan Desa Gerba mencoba membuka paksa pintu pabrik yang pada saat kejadian terkunci. Dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) Milik Pemdes Gerba Kecamatan Kramatmula dan milik Pabrik Krupuk, kobaran api dapat diminimalisir.

Dikarenakan adanya gas dengan ukuran besar, warga tidak berani masuk terlalu dalam kelokasi kajadian kebakaran. pada pukul 23.40 WIB b (+- 20 Menit setelah kejadian)  Juhri melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam. Pada pukul 23.45 WIB , 2 Randis Damkar dan 7 anggota Damkar berangkat menuju TKP, dan tiba di TKP Pukul 23.55 WIB (+-10 Menit).

Dibantu warga Sekitar, pihak kepolisian sektor Kramatmula, dan Aparat Desa Gerba,  api berhasil dipadamkan pada pukul 01.00 WIB ( +- 1 Jam 05 Menit). Warga dan pemilik tampak lega karena pabrik bawang sangat dengan permukiman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Andai telat keruguan sangat besar.  Ahamdulliha  bangunan seluas +- 4000 M2 dapat terselamatkan. 4 buah tungku besar sebanyak 4 unit x Rp. 5.000.000 = Rp.20.000.000,” jelasnya Kepala UPT Damkar Satpol PP  Kuningan Mh Khadafi Mufti, SPd MSi. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Sport

SINDANGAGUNG (MASS) – Turnamen Bola Voli Gala Desa Semi Open Parikesit Cup 2020 se-Kabupaten Kuningan, dilaksanakan dari tanggal 22 Februari-1 Maret 2020 resmi ditutup...

Village

KUNINGAN (MASS) – Sejarah penamaan suatu daerah tidak lepas dari cerita rakyat yang berkembang. Begitu juga dengan nama sebuah desa yang berada di Kecamatan...

Village

KUNINGAN (MASS) – Pasca pilkades terealisasi di desa widarasari,program awal kades terpilih yaitu peremajaan organisasi desa dan salah satunya karang taruna. Jumat (10/1/2020)  tepat...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Untuk kesekian kalinya bencana akibat hujan lebat disertai angin kencang dan petir  kembali terjadi di wilayah Kuningan. Kali ini bencana yang terjadi...

Advertisement