Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Medsos Masih Jadi Rujukan Banyak Kaum Millenial, Jalan Mudah Menyebarnya Hoax ?

KUNINGAN (MASS) – Kuningan Institute baru-baru ini merilis surveynya yang dilakukan pada generasi millenial. Khususnya usia 15 sampai 25 tahun.

Survey yang berjudul ‘Membaca Karaker dan Minat Generasi Millenial Kuningan’ itu, dilakukan untuk mengetahui berbagai bidang yang cukup dekat dengan generasi millenial, mulai dari hobi, covid, keterlibatan dalam organisasi kepemudaan, tokoh idola/politik, investasi, sejarah, sampai cara mereka mendapat informasi.

Disebutkan Manajer Riset Hilman Fauzi SH, generasi muda cenderung masih jarang membaca berita. Ada sekitar 63,1% generasi millenial yang mengaku ‘jarang’ membaca berita.

Hilman, dalam hal ini sebagai peneliti, mengaku khawatir. Karena kurangnya membaca berita, tentu sangat rawan terkena hoax. Apalagi, dalam data yang ditampilkan, sekitar 41,8% mengaku, generasi millenial mendapat berita dari medsos. Sisanya baru didapat media online dan cetak.

“Ada data yang sangat menarik yaitu terdapat 63,1% generasi milenial Kuningan yang masih jarang membaca berita. Sehingga mereka akan sangat rawan terkena hoax terkait berita-berita yang selama ini ada. Saya berharap kepada generasi milenial untuk melek terkait pemberitaan yang benar dan mengcroscek setiap pemberitaan,” ungkap Hilman, Sabtu (24/7/2021) malam.

Apalagi, masih dalam rilis hasil survey yang dikeluarkan lembaganya, KI, hanya 23% saja yang menyebut selalu mengecek informasi yang didapat. Sisanya, dengan porsi yang lebih besar, mengaku jarang mengecek dengan angka 33%, dan mengaku mengecek tergantung beritanya sebesar 37,7 % saja.

Survey sendiri, dilakukan Kuningan Institute kepada 410 responden dari kalangan Milenial di usia 15-25 tahun dengan menggunakan Metode Cluster Random Sampling, yang tersebar di 18 Kecamatan dan 74 Desa. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu...

Advertisement