Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Makam Rusak Karena Tebangan Pohon, Keluarga Protes

KUNINGAN (MASS) – Penebangan pohon besar di lingkungan Astana Depok RT 003 RW 002 Dusun 2 Desa Panawuan Kecamatan Cigandamekar, berdampak bahkan pada makam yang ada di sekitar. Beberapa, bahkan rusak.

Seperti yang terjadi pada makam keluarga Hasnu Taufik. Lebih tepatnya, makam yang jadi tempat istirahat terakhir sang ibunda, alm Titing Rohati.

Hasnu protes, karena dirinya merasa sejak awal tidak dilibatkan, dan kini Husna merasa tidak melihat komunikasi Pemdes membahas soal rusaknya makam sang ibu.

“Abi ngaraos prihatin kumargi dugi ka ayeuna ti Pemdes teu aya sasaduna atanapi upaya perbaikan makam, khususnya nu ibu (saya merasa prihatin karena sampai sekarang dari Pemdes tidak ada permintaan maaf atau membahas perbaikan makam),” tuturnya.

Hasnu mengaku, dirinya sudah berupaya protes pada desa namun belum mendapat respon yang memuaskan. Dirinya merasa, hanya diundang saat menyaksikannya saja, bukan dari awal.

Sementara, Kepala Desa Panawuan Drs Adhe Sanudin membenarkan adanya penebangan pohon yang dilakukan. Penebangan itu, dikerjakan karena dahan dan ranting sebelumnya patah.

Khawatir ada yang patah lagi dan menimpa orang yang tengah ziarah, satu pohon yang terbilang cukup besar itu akhirnya ditebang.

Kades menerangkan, sebenarnya sebelumnya ada musyawarah. Hanya saja, ternyata ada pihak keluarga yang tidak terundang dan kini protes. Kades menyebut, yang memprotes hanya satu orang, karena memang tidak terundang saat musyawarah.

“Kemungkinan rusaknya makam sudah diperkirakan pada saat musyawarah, sehingga sebelum penembangan sudah ada sosialisasi agar yang kemungkinan terdampak, diantisipasi,” sebutnya.

Kades mengatakan, pihaknya menyediakan pasir dan semen untuk perbaikan. Dan dirinya menjamin, berucap Insya Allah, pihak desa akan memperbaiki bagi yang memang tidak mau memperbaiki sendiri.

“Perlu diketahui pohon itu bukan pohon aslinya, tapi pohon yang menempel dipohon asli. (Sementara untuk) Perbaikan (makam akan dilakukan) setelah semua kayu terangkut dari lokasi,” kata Adhe Sanudin. (eki)

1 Comment

1 Comment

  1. Iman Budiman

    14 Desember 2022 at 11:11 am

    Makam seorang ibu yg sangat dicintai
    Selalu dikunjungi untuk berdo’a dan tidak lupa dibersihkan
    Makam telah diberi keramik di sekeliling Makam, agar ibu nyaman di rumah terakhirnya

    Ada proyek penebangan pohon, berdampak hancurkan Makam ibuku.
    Tdk ada satu katapun disampaikan dari pemilik proyek. Apa itu permintaan maaf atau solusi yg diberikan dari dampak proyek.

    Apa salah bila sy protes atas perlakuan pemilik proyek?
    Apa karena seorang diri yg protes, akhirnya diabaikan aja?

    Bila kita bisa empati terhadap keluarga korban penebangan pohon yg berdampak kepada rusak makam ibunya.
    Bisa kita rasakan sakit hatinya, makam ibu dirusak.
    Tdk ada kata maaf di ucapkan
    Tdk mengunjungi rumah ahli waris.
    Kalau kita balik posisinya, pemilik proyek mengalami kerusakan makam ibunya, apakah yg dilakukan?
    Apakah bersuka cita karena makam ibunya dirusak?
    Apakah mengucapkan terima kasih kepada pengrusak makam ibunya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Incident

KUNINGAN (MASS) – Pohon mangga setinggi 15 meter dengan diameter 1,5 meter robih menimpa bangunan KUA Lebakwangi, Senin (30/1/2023) sekitar pukul 15.30 WIB. Bangunan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sekilas, mungkin terasa ngeri saat melihat ular sanca batik (jenis Piton) sepanjang 5 meter dibiarkan melata di dan tinggal di dalam...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Pada Selasa (10/1/2023) ini, sekitar pukul 13.30 WIB, 3 Pohon Angsana dengan tinggi sekitar 15 meter, tumbang dan sempat membuat lalu...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Setelah diterpa hujan deras pada Sabtu (7/1/2023) kemarin, sejak siang sampai malam, membuat sebuah Pohon Kersen dengan tinggi kurang lebih 7...

Advertisement