Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Bawaslu Terima 66 Laporan Pancatutan Nama Oleh Parpol, Bisa Dilaporkan Ke Polisi?

KUNINGAN (MASS) – Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan menyebut pihaknya menerima sebanyak 66 laporan tentang pencatutan nama oleh partai politik dalam SiPOL.

Hal itu, diutarakannya saat kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Selasa (13/12/2022) siang ini, di Sangkan Resort Aquapark yang diikuti puluhan jurnalis sebagai pesertanya.

Kegiatan bertajuk “Menumbuhkan Peran Jurnalis dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2024” itu, menghadirkan Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi dan Komisioner Bawaslu Jawa Barat H Wasikin sebagai narasumber.

Acara yang dikemas dengan pemaparan dan diskusi itu, dipimpin langsung oleh Komisioner Bawaslu Abdul Jalil Hermawan sebagai moderator.

Pemaparan demi pemaparan materi soal peran jurnalis dalam pemilu, dibahas dalam acara tersebut. Acara semakin dinamis saat sesi diskusi. Beberapa pertanyaan tentang pelaksanaan pemilu, dibahas disana.

“Kita menerima 66 laporan pencatutan nama oleh Parpol,” tutur Abdul Jalil di tengah diskusi.

Dari puluhan laporan itu, yang cukup mengejutkan adalah yang dicatut bukan hanya warga biasa, ada juga PNS dan Polisi. Bahkan, ada juga komisioner yang namanya sempat terdaftar (dicatut) di salah satu parpol.

Menanggapi persoalan itu, Komisioner Bawaslu Jawa Barat H Wasikin mengaku dirinya pun sempat bersoal dengan hal tersebut.

Wasikin bahkan mencontohkan kasusnya yang dicatut itu, kemudian diperkarakan ke Polisi. Yang dilaporkan adalah ketua partai, dianggap memalsukan dokumen, karena dirinya tidak pernah merasa membuat surat pernyataan bersedia masuk partai.

Di akhir, baik Bawaslu Kuningan maupun KPU Kuningan mengaku bahwa pihaknya tidak bisa merubah data SiPOL. Keduanya hanya bisa menjembatani proses formal. Penghapusan data hanya bisa dilakukan partai bersangkutan, dengan disahkan KPU RI. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z Fauzi diamini komisioner Dudung Abdu Salam menyebut pihaknya menangguhkan pelantikan anggota PPS yang dianggap tidak...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Bawaslu Kabupaten Kuningan meminta KPU untuk tidak melakukan pelantikan PPS terlebih dahulu. Pasalnya, belasan anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang tersebar...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Ratusan anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) sudah dilantik pekan ini, Rabu (4/1/2023) kemarin di Hotel Horison – Cigandamekar. Sebanyak 160 anggota...

Politics

KUNINGAN (MASS) –  Menyongsong Pemilu 2024 nanti, semua pihak bersiap baik itu peserta, penyelenggara dan pengawas. Hal itu jugalah yang diperlihatkan Panwaslu Kecamatan Cipicung....

Advertisement