Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Kuningan Diterjang Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Kabel, Atap Bangunan Rusak

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (5/6/2022) sore tadi, beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan diguyur hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang.

Akibatnya, beberapa pohon dilaporkan tumbang, menimpa kabel, bahkan menimpa bangunan rumah dan warung.

Hal itu, juga disampaikan Ketua Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana S STP melalui tim Pusdalops PB-nya.

Insiden pohon tumbang pertama yang dilaporkan terjadi di Jalan Raya Garawangi – Maleber, tepatnya Desa Mandalajaya Kecamatan Maleber.

Pohon yang tumbang itu, adalah pohon jenis kersen dengan tinggi sekitar 10 meter dengan diameter 30 cm. Pohon tumbang yang berada di pinggir jalan itu, tumbang hingga mengganggu arus lalu lintas.

“Korban jiwa nihil. Pohon kersen tumbang menutup jalan. Kabel telkom tertimpa pohon tumbang,” sebut Kalak BPBD dalam laporannya.

Kejadian yang diakibatkan angin kencang saat hujan deras di hari yang sama, ada di Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung. Dimana, ada tiga unit rumah dan warung tertiup angin. Keempat bangunan itu, tersebar di beberapa RT di satu dusun, Dusun Pahing.

Update Jumlah Korban : https://kuninganmass.com/lebih-dari-40-rumah-alami-kerusakan-akibat-hujan-deras-dan-angin-kencang/

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Hujan intensitas sedang hingga lebar disertai angin kencang hari Minggu 5 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB s/d 17.00 WIB mengakibatkan pohon Petai tumbang dan atap rumah robih tertiup angin kencang,” ujar Indra Bayu.

Kerugian yang terjadi, pertama di Dusun Pahing RT 5 RW 3, dimana atap rumah milik Muhad Ali Suhali (48) rusak berat. Selain itu, atap bangunan warung nasi dan makanan ringan milik Supena (78) juga rusak sedang. Warung ini, ada di RT 6 RW 3.

Dampak lainnya : https://kuninganmass.com/imbas-hujan-deras-tpt-pertanian-longsor-pipa-saluran-air-rusak/

Selain itu, yang rusak juga adalah atap dua rumah bagian belakang yang tertimpa pohon Petai. Rumah ini, milik Uus (54) dan Dodi Sudadi (50) di RT 8 masih di Dusun Pahing. Pohon Petai yang tumbang, adalah pohon setinggi 15 meter dan diameter 40 cm.

Kejadian tumbangnya pohon juga dilaporkan dari beberapa tempat, entah itu kecil ataupun besar. di Kertawangunan misalnya, ada ranting pohon depan kantor PU yang patah. Dilaporkan juga, di Kertaunggaran pohon besar terjungkal. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Incident

KUNINGAN (MASS) – Imbas hujan deras yang terjadi sejak Minggu (5/6/2022) kemarin, bukan hanya terjadi pada bangunan dan pohon saja. Pasalnya, di Dusun Wage...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Setelah Kuningan diguyur hujan deras dan angin kencang pada Minggu (5/6/2022) kemarin, ternyata ada lebih dari 40 rumah yang terkena imbas...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dalam sehari ini, Rabu (23/3/2022), tercatat, ada 3 kejadian pohon tumbang di wilayah Kabupaten Kuningan akibat hujan dan angin. Akibat pohon...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Derasnya hujan yang mengguyur Kabupaten Kuningan pada Minggu (13/3/2022) sore, menyebabkan banjir dan longsor  di beberapa titik. Di beberapa media sosial,...

Advertisement