Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Kembangkan Produk Lokal, Cecep Branding Kopi Gunungaci

SUBANG (MASS) – Desa Gunungaci Kecamatan Subang telah lama menjadi penghasil kopi. Namun meski sudah menjadi komoditi masyarakat, Kopi masih dikelola secara manual dan tradisional.

Cecep Kusnawan, salah satu warga Desa Gunungaci yang juga menjabat sebagai kaur keuangan mengungkapkan, masyarakat mulai mengenal olahan kopi dengan sistem klasifikasi beberapa tahun belakangan saja.

“Bahkan stek pun, peremajaan pohon, baru dicoba dan berhasil sekitar tahun 2010. Dan hasilnya cukup signifikan, karena mendongkrak hasil panen,” ujarnya pada kuninganmass.com, Jumat (11/10/2019) pagi.

Cecep menyebut, pengolahan kopi yang tepat, bisa menambah nilai jual kopi itu sendiri. Dengan demikian, petani kopi juga bisa lebih sejahtera.

“Apalagi saat ini kita juga sudah mengenal klasifikasi kopi, petik ceri (memetik buah kopi hanya yang sudah berwarna merah), harganya kan lain dengan petik yang campur-campur,” terangnya.

Saat ini, Cecep bahkan sudah membuat branding Kopi Gunungaci, sesuai dengan nama desanya.

“Sejak 2018 lah ini mulai bungkus sendiri, agar berdikari sendiri tidak selalu bergantung pada pengepul,” pungkas lelaki pemilik nomor kontak 085223510302 itu. (eki/trainee)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Sebelum adanya intruksi karantina parsial wiilayah, pemerintah Kecamatan Subang sudah lebih dulu membuka posko siaga yang buka selama 24 jam. Pemerintah...

Education

SUBANG (MASS) – Kwartir Ranti (Kwaran) Subang menggelar rapat kerja yang akan membahas tentang program satu tahun ke depan di tahun 2020 ini. Dengan...

Village

SUBANG (MASS) – Terletak di selatan Kuningan, di perbatasan antara kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Ciamis dan perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah,...

Village

KUNINGAN (MASS) – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) menggelar Reflikasi Inovasi Desa pada Rabu (11/12/2019) siang. Pada reflikasi yang digelar di aula balai Desa...

Advertisement