Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Kampus Baru Unisa di Lahan 2,8 Ha Mulai Dibangun, Wabup Berharap Ada Prodi Pertanian dan Pariwisata

KUNINGAN (MASS)- Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) terus berbenah agar tidak tertinggal dari perguruan tinggi lainnya. Yang terbaru adalah diresmikanya peletakan batu pertama untuk kampus baru.

Kampus baru itu berada di Jalan Cirendang-Cigugur Kelurahan Cirendang Kecamatan Kuningan. Total luas lahan adalah 2,8 Ha.

Menurut Rektor Unisa Dr Nurul Iman, pembangunan akan dilaksanaankan  akan dilakukan secara bertahap karena membutuhkan proses, terutama dalam hal pembiayaan.

Selain itu, pembangunan kampus baru, dikarenakan kampus Unisa yang sekarang belum memenuhi syarat sebagai universitas, karena hanya memilki luas 3.200 meter.

Diterangkan, salah satu cita-cita para pendiri Yayasan Al-Ihya adalah berjihad dibidang pendidikan dan akan terus berusaha yang terbaik.

“Untuk itu, pembangunan kampus baru ini akan berkonsep kampus ramah lingkungan (green campus) dan juga kampus ramah masyarakat. Dan sekaligus bertujuan menjadikan kampus baru Unisa ini sebagai wisata edukasi bagi masyarakat,” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain menyelenggarakan pendidikan tinggi, diterangkan Nurul Iman, Yayasan Al-Ihya, juga menyelenggarakan pendidikan bagi usia dini, dasar, menengah, atas, dan pondok pesantren modern.

Dan kedepan, lanjutnya, pihak yayasan berencana akan membangun ponpes terpadu di wilayah Cidahu.

“Mohon doa dan dukungan dari seluruh pihak, supaya pembangunan kampus baru ini dapat berjalan lancar. Dan rencana-rencana pembangunan lembaga pendidikan lainya yang dicita-citakan juga dapat terwujud,”  tandasnya.

Sementara itu, Wabup Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi  yang menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kampus Baru Unisa  meyakini, Kabupaten Kuningan bisa menjadi sentra pangan dan pariwisata di Jawa Barat, jika SDM nya dapat mengelola potensi-potensi sumber daya alam yang dimiliki.

“Dengan potensi pertanian yang dimilki, saya yakin, Kabupaten Kuningan akan memilki ketahanan pangan yang kuat, bahkan bisa menjadi sentra pangan di Jawa Barat.

Ditambah, Kabupaten Kuningan juga memiliki banyak potensi wisata alamnya. Namun, untuk mewujudkan itu, perlu ditunjang sumber daya manusia yang mampu mengelola pertanian dan pariwisata dengan baik,” imbuhnya.

Selanjutnya Wabup berharap, ada universitas di Kabupaten Kuningan yang membuka program studi pertanian dan pariwisata, agar terciptanya SDM unggul yang mampu mengelola potensi pertanian dan pariwisata di Kabupaten Kuningan, sehingga dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat disektor perekonomian.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Saya dari dulu selalu berharap, ada universitas di Kabupaten Kuningan yang membuka prodi pertanian dan pariwisata,” sebutnya.

Hal ini  supaya bisa menghasilkan SDM unggul yang mampu mengelola potensi pertanian dan pariwisata dengan keilmuannya. Sehingga akan terbukanya lapangan-lapangan pekerjaan, meningkatnya perekonomian masyarakat, dan Kuningan sebagai Kabupaten Pariwisata dapat terwujud.

Pada saat peletakan baru pertama  wabup didampingi Ketua Yayasan Al-Ihya Kuningan Dr H Barna Subarna, MPd, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKB Drs H Ujang Kosasih.

Selanjutnya Forkopimda Kuninga, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kuningan Drs H Nurahim MSi, Kepala BPKAD Dr Asep Taufik Rohman MSi.

Turut disaksikan Perwakilan L2 Dikti, Perwakilan BSI, Perwakilan Disdik Jabar, para Dosen Unisa, serta undangan lainnya. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Senin, 14 Jumadil Akhir 1443 H / 17 Januari 2022 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚Orang Bijak Bertutur: ‏ثلاثُ ضُيوف يأتون...

Lifestyle

KUNINGAN (MASS) – Kontes ajang menyanyi Kuningan Superstar (KSS) kini masuk babak baru. Setelah kemarin pada Minggu (16/3/2022) diaelenggaeakan Battle Time dari 40 peserta,...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Lengah sedikit maling langsung beraksi. Hal ini setidaknya terjadi di Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur, pada Minggu (16/1/2022) malam atau bada magrib, dimana...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Selain menetapkan program unggulan, hasil raker Korpri di Kabubaten Subang menghasilkan uang sumbangan Rp25 juta. Uang itu untuk pembangunan musala Al-Furqan Korpi...

Advertisement