Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kamis, Jangan Lupa Salat Gerhana Matahari

KUNINGAN (MASS)- Seperti diketahui pada Kamis (26/12/2019) bakal terjadi Gerhana Matahari. Fenomena alam ini  mulai terjadi pada pukul 10.34 WIB akan terjadi gerhana Matahari Cincin dan Gerhana matahari Sebagian dan sebagai puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.17 WIB.

Untuk warga Kuningan diimbau untuk melaksana salat gerhana atau salat kusuf. Pihak DKM Masjid Syiarul Islam pun sudah menyebarkan surat sejak 24 Desember ormas, pimpinan Ponspes,dan kepada KETU DKM/DKL di Kuningan.

“Di Masjid Agung sendiri akan mulai  dilaksanakan salat jam 10.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin melaksankan di SI tinggal datang,” ujar Ketua DKM SI Kuningan Drd H Yayan Sofyan.

Sekadar informasi dikutip dIG Info BMKG, Gerhana Matahari Cincin adalah peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan Matahari oleh piringan Bulan, sehingga saat puncak gerhana, Matahari yang terlihat dari Bumi akan terlihat seperti cincin.

Fakta menarik  Gerhana Matahari Cincin yakni durasi cincin terlama dən magnitudo terbesar di suatu pusat kota di Indonesia pada GMC 26 Desember 2019 ini adaləh di Selat Panjang, Riau, yaitu 3 menit 38,9 detik dengan magnitudo gerhana sebesar 0,984.

Saat fase cincin terjadi, kecerlangan langitnya akan meredup hingga seperti saat fajar atau senja, dengan puncak keredupan terjadi səat puncak gerhana.

Durasi gerhana terlama di Indonesia adalah di Bengkalis, Riau, yaitu selama 3 jam 51 menit 24,7 detik. Durasi Gerhana paling sebentar terjadi di Merauke, yaitu selama 2 jam 12 menit 11,2 detik. Di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03.1,9 WIB.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37.10,4 WIT. Di Indonesia, daerah yang akan mengalami waktu saat puncak gerhana paling awal adalah kota Sabəng, yang terjadi padə pukul 11.49.32,9 WIB.

Sedangkan  kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adəlah Jayapüra, yaitu pukul 15.51.19,7 WIT. Di Indonesia, waktu Kontak Akhir paling awal akan terjadi di Sabang, Aceh yang terjadi pada pukul 1348.55,3 WIB. Adapun waktu Kontak Akhir paling akhir akan terjadi di Sorendiweri, Papua pada pukul 17.00.9,0 WIT.

Sementara itu, Durasi cincin terlama di Selat Panjang, Riau 3 menit 40 detik. Durasi gerhana terlama di Bengkalis, Riau yaitu selama 3 jam 51 menit 24.7 detik. Banyak warga dari belahan dunia lain yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin.

Tak hanya itu, fenomena ini dapat menjadi daya tarik bagi astronom, ilmuan bidang sains antariksa untuk melakukan pengamatan dən pengukuran seperti apa pengaruh gerhana matahar cincin ke bumi. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement