Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Tourism

Kalahkan Ribuan Desa, Cikaso Tembus 300 Besar Penghargaan Desa Wisata Nasional


KUNINGAN (MASS) – Kabar gembira datang dari dunia pariwisata Kuningan. Pasalnya, dalam event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf wakil Kuningan masuk slaah satu kategori.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 sendiri diluncurkan oleh Mentri Sandiaga Salahudin Uno pada Jumat (30/4/2021) di Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf.

Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memiliki tujuh kategori penilaian. Kategori tersebut antara lain: penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability),_Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Melalui kategori-kategori ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan.

Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan daerah dan Kesejahteraan”.

Desa Cikaso, menjadi salah satu dari 5 desa wisata yang mendaftarkan diri selain Desa Cibuntu, Maniskidul, Paniis dan Sukarapih.

Meski terbilang pendatang baru, Desa Cikaso menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Kuningan yang lolos terpilih dalam babak seleksi 300 besar.

Artinya, Desa Cikaso mampu bersaing bersama 1.831 desa se-Indonesia dengan menjadi salah satu yang mampu menyingkirkan 1.500-an desa lainnya yang mengikuti ajang ini pada seleksi kurasi melalui aplikasi Jadesta Kemenparekraf.

“Bukanlah perjuangan mudah bagi Desa Cikaso untuk membuktikan kemampuannya berkiprah dalam pengelolaan pariwisata, apalagi sampai mampu meraih capaian di tingkat nasional,” kata Kepala Desa Cikaso, Hidayat SE M Si.

Hal senada disampaikan H Ma’ruf sebagai salah satu pegiat pariwisata di Desa Cikaso.

Ma’ruf menyebut prestasi ini sangat di luar dugaan karena ternyata Cikaso mampu bersaing dengan desa wisata lainnya tingkat nasional.

“Tentu saja hal ini sejatinya menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya masyarakat Desa Cikaso yang telah mengukir nama desanya di tingkat nasional,” sebutnya.

Dirinya berharap, baik Kepala Desa, para pegiat wisata, serta masyarakat Desa Cikaso berharap agar pemerintah daerah lebih mendukung pembangunan untuk memajukan Desa Cikaso yang bercita-cita meraih desa wisata terbaik di Kabupaten Kuningan.

“Kami semua berharap agar kelengkapan fasilitas infrastruktur yang belum terpenuhi di desa wisata agar lebih mendapat perhatian,”tambahnya.

Hal ini , masih kata Ma’ruf, sejalan dengan tujuan kegiatan pariwisata yaitu tidak hanya menarik minat wisatawan yang datang, tetapi juga turut membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha bagi pelaku ekonomi kreatif berbasis masyarakat desa.

“Semua tentu saja berharap agar Desa Cikaso, Kuningan, Jawa Barat mampu menjadi salah satu destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi,” harapnya. (Eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

PD

Bank Kuningan

PKB

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Warga  Kecamatan Ciawigebang dibuat panik pada Jumat  (22/10/2021) pagi. Pasalnya, mereka mendapatkan pesan melalui whatsapp yang berisi adanya acaman bom di semua...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Festival yang digelar Disporapar dalam rangka peringatan Hari Pariwisata Dunia, dinilai salah lokasi. Hal itu disampaikan warga Kecamatan Subang, Nurkholik. Kholik...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Selagi masih menyandang mahasiswa, berwirausaha lebih banyak jalan. Hal itulah yang tersirat saat Tasya Komarasari, perempuan cantik asal Desa Pagundan Kecamatan...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sahabat Ganjar DPC Kuningan terus genjar  memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI 2024 kepada masyarakat luas. Kali ini para supir angkot...

Advertisement