Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Jelang Akhir Tahun, Para Kades Sibuk Dengan Bimtek, Sudah Dua Kali Digelar

KUNINGAN (MASS) – Setelah beberapa waktu lalu perangkat desa berangkat Bimtek ke Semarang,  kali ini mereka harus melakukan hal yang sama.

Bedanya sekarang di Bandung. Untuk Bimtek kali ini tema yang diangkat adalah Peningkatan Kompetensi Aparatur Pemeritahan Desa di Bidang Penyusunan Produk  Hukum Desa.

Dikabarkan, biaya bimtek yang diikuti desa-desa se-Kabupaten Kuningan itu, mencapai Rp3.750.000 yang dibebankan ke desa masing-masing.

Setiap desa diwajibkan mengirimkan tiga orang yang terdiri dari kades, Kepala BPD dan Sekdes.

Meski ada desa yang mengirim dua orang karena anggaran dimiliki terbatas.

Pada saat Bimtek di Semarang dengan dana yang bebankan nyaris sama, kebanyakan desa-desa mengutus Kaur Umum. Bimtek rata-rata dua hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terpisah, Kabid Pemdes DPMD  Kuningan H Ahmad Faruq yang mewakali Kadis DPMD Dudi Pahrudin MSi ketika  dikonfirmasi  mengaku tidak tahu persisnya berapa jumlah desa yang nerangkat ke Bandung.

“Duka tah teu faham desa-desa mana bae nu ka Bandung,” jawabnya saat ditanya, apakah desa yang menggelar Pilkades ikut berangkat atau tidak, Senin (25/10/2021) sore.

Faruq menyebut, agenda Bimtek ini merupakan aspirasi dari bawah. Karenanya, dirinya mempersilahkan untuk bertanya ke Apdesi.

Sementara itu, Ketua Apdesi Linawarman sendiri kala ditanya perihal Bimtek, juga hanya menerangkan sekilas bahwa pihaknya hanya jadi moderator.

“Pelaksana mah pihak ketiga,” ujar Linawarman.

Bimtek sendiri, diikuti  hampir semua desa bahkan yang mengikuti Pilkades juga ikut karena Pilkades digelar 27 November 2021.

Sementara itu, yang menjadi pemateri dalam bimtek adalah Depdagri (Direktort Jendral Bina Pemerintah Desa), Kemendes PDTT (direktur Advokasi, Kerjasama Desa dan Pedesaan).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjutnya Dinas Pemberdayaan  Masyrakat Desa  Kabupaten Kuningan, Polres Kuningan, Bagian Hukum Setda Kuningan  dan Kejaksaan Negeri Kuningan. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Ini sejarah baru bagi masyarakat Kuningan dikatagorikan sebagai Kabupaten dengan penduduk miskin ekstrim.   Sebagai warga Kuningan tentu ada rasa malu...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Pasca dilantik PAC Pemuda Pancasila  Kecamatan Luragung langsun bergertak. Bukti nyata adalah melakukan kegiatan Jumat Berbagi. Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Unit...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Insiden kecelakaan terjadi di ruas jalan Kuningan-Cikijing tepatnya di Desa Haurkuningan Kecamatan Nusaherang pada Jumat pukul 11.30 WIB. Insiden kecelakaan itu melibatkan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperkuat kohesi sosial dan moderasi beragama, yayasan Pasamoan Kuningan menggelar pelatihan pangan berbasis kearifan lokal. Kegiatan itu, dikakukan di Highland...

Advertisement