Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

Jauh-jauh dari Jakarta ke Kuningan Gelorakan Semangat Literasi

KUNINGAN (MASS) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kuningan mengadakan Training of Trainer (ToT) untuk pengelola Perpusdes dan Taman Baca Masyarakat (TBM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung perpustakaan Kuningan.

Hadir sebagai pembicara H Usmadi sebagai pustakawan, Rahmat Agung pegiat literasi digital, Virgina Feryastuti dari Melati Taman Baca Jakarta serta Daryanti S I Pus dari Perpusdes Ngudi Ilmu Mukiram Kabupaten Semarang. Acara juga dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Drs Maman Rohmana MSi dan Ketua F-TBM Kuningan Imam M Agung.

Ketua pelaksana kegiatan H Jaenal Mutakin SPd menyebut kegiatan ini diikuti oleh 30 pengelola perpusdes dan 10 pengelola TBM. Dirinya menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan perpusdes dan TBM.

“Selain acara di ruangan, untuk study banding dan best practices pengelolaan TBM dan Perpusdes kita juga mengunjungi beberapa venue yang ada di Kuningan,” terangnya Sabtu (1/2/2020) siang.

Ada dua venue yang dikunjungi peserta, yakni Taman Baca Masyarakat-nya Bukusam (Barudak Kuningan Sadar Maca, red) yang berlokasi di Blok Kramat Desa Kertawangunan Kecamatan Sindangagung, serta Perpusdes Kertayasa.

Salah satu pembicara Virgina menyebut Kuningan bukan tempat asing baginya. Dirinya beberapa kali menghadiri kegiatan literasi di Kuningan.

“Tapi kalo ke TBM ini memang baru, dan saya sangat senang gitu melihat anak-anak disini juga sangat antusias,” terangnya Sabtu (1/2/2020).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dirinya juga mengaku senang bisa berbagi dengan TBM dan Perpusdes se Kabupaten Kuningan. Menurutnya, tantangan di daerah tentu lebih berat terutama soal akses.

“Penting sekali menanamkan bacaan sejak dini, karena menanamkan pengetahuan lebih luas. Dengan terus meningkatkan diri, Indonesia kedepannya akan lebih baik. Tujuan akhirnya adalah sejahtera,” ujarnya.

Pengelola TBM Ilham Akbar Fikrilah mengaku senang mendapat kunjungan tersebut. Menurutnya hal tersebut harus rutin dilakukan untuk merangsang masyarakat sekitar dan meningkatkan kepercayaan.

“Tadi kita belajar bareng juga, belajar kerajinan, melukis dan banyak hal,” tuturnya. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Komunitas yang fokus bergerak di bidang literasi dan taman baca, Bukusam, Barudak Kuningan Sadar Maca genap berusia 1 tahun pada hari...

Education

KUNINGAN (MASS) – Literasi Komputer diberikan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (SI) Uniku yang bekerja sama dengan Barudak Kuningan Sadar maca (Bukusam) di TBM...

Education

KUNINGAN (MASS) – Taman Baca Masyarakat (TBM) Gandok Mahardika terus tularkan minat baca dan Literasi di Kabupaten Kuningan. Minat baca dan Literasi sendiri merupakan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Gerakan Literasi kian menyala di Kuningan. Salah satunya apa yang dilakukan oleh TBM (Taman Baca Masyarakat) Gandok Mahardika, Kertawangunan. TBM Gandok...

Advertisement