Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Ini Hasil Dari KKN Tematik Kewirusahaan Uniku 2020

KUNINGAN (MASS)- Kegiatan KKN Tematik Kewirusahaan yang dilakukan oleh mahasiswa Uniku tahun akademik 2019/2020 dipamrkann di  pada Kamis (4/9/2021) di Kampus Uniku.

Produk yang dipamerkan ini merupakan hasil pengembangan potensi desa lokasi KKN sebagai wujud penciptaan One Village One Product (OPOP). Semoga dengan pameran bisa mewujudkan Desa Berdaya – Masyarakat Sejahtera di tengah masa pandemi Covid-19.

Berikut satu persatu produk hasil KKN   

1.Abon Ilaya (Ikan Nila Jatimulya)

Olahan ini dari Desa Jatimulya Kecamatan Cidahu. Makanan ini merupakan abon yang terbuat dari ikan nila , dimana ikan nila tersebut didapatkan dari kelompok peternakan ikan yang ada di desa setmpat. Sehingga produk tersebut menjadi produk Unggulan dari Desa Jatimulya . 

Harga Produk Rp. 20.000

2.Merek   : Aloe Jell-O

Jenis    : Minuman

Rasa     : Lemon, Anggur, Jeruk

Ukuran : 250ml

Asal Desa Babakanmulya

Aloe Jell-O terbuat dari lidah buaya 100% yang diolah sedemikian rupa menjadi minuman yang menyegarkan dan pastinya menyehatkan.

Hal ini karena mengandung Vitamin A, C dan E, tentu saja Vitamin tersebut didapat dari tanaman lidah buaya. Selain itu minuman ini juga pas untuk menghilangkan rasa dahaga dan harganya pun pas dikantong. 

Untuk kalian yang penasaran dengan minuman ini bisa langsung kalian beli / pesan dan jangan sampai kehabisan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3.KAGURA (Kalapa Gula Raos) salah satu pruduk hasil olahan warga Desa Patalagan

Komposisi terdiri dari :

-Kelapa

-Air

-Gula

-Pewarna Makanan

Manfaat Kelapa Muda bagi Kesehatan, dari Air hingga Dagingnya

Kelapa Muda Penuh Gizi dan Nutrisi Bagi Tubuh.

Kandungan Serat Tinggi, Baik untuk Pencernaan.

Dapat Mengurangi Tekanan Darah.

Melawan Diabetes.

Mencegah Batu Ginjal.

Mendukung Kesehatan Jantung.

Harga Produk Rp. 10.000

Harga Produk Rp8.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

4.Kodehel adalah salah satu produk unggulan Desa Wanasaraya Kecamatna Kalimanggis, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Kodehel berbahan dasar singkong yang diolah secara tradisional dengan komposisi yang aman dengan berbagai varian rasa.

Kodehel ini banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, cita rasa dan proses pembuatan kodehel yang berbeda menjadi ciri khas produk dari desa Wanasaraya.

Harga Produk Rp. 10.000

5.Otan atau opak ketan Ibu Lukman merupakan produk unggulan di Desa Ciangir, Kecamatan Cibingbin

Otan Merupakan olahan makanan ringan berbahan baku dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, dengan proses pemanggangan secara alami yakni menggunakan arang bukan oven.

Sehingga “opak ketan ibu lukman” memiliki ciri khas tersendiri yakni aroma yang berbeda dari opak ketan yang kebanyakan beredar di pasaran. Hal ini merupakan daya tarik bagi penikmat jajanan ringan.

Opak ketan ibu lukman juga memiliki nilai jual lebih dengan adanya varian rasa pedas yang bisa disesuaikan oleh konsumen. Adapun varian rasanya original sampai dengan pedas maksimal.

Hal membuatnya, bukan hanya orang tua saja yang menantikan si otan ini, kaum seuhah pun tak kalah antusias untuk mencoba jajanan ringan yang nikmat dengan tingkat pengertian tinggi akan isi dompet di masa korona ini.

Harga Produk Rp. 10.000

6.PISTOL (Pisang Sale Tangkolo) adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama.

Bahan baku yang digunakan Desa Tangkolo adalah pisang koyut (pisang susu) yang mana berbeda dengan sale pisang daerah lain.

Rasa yang dihasilkan oleh pisang ini sangat manis sehingga tidak perlu memakai pemanis apapun dalam proses pembuatannya. Bahan-bahan tambahan yang diperlukan dalam pembuatan sale ini sangat sederhana dan mudah didapatkan yaitu tepung terigu, tepung tapioca, tepung beras.Terdapat beberapa varian rasa yang kami sediakan diantaranya original, coklat, vanila , strawberry dan anggur. 

Kicimpring TAKOL adalah makanan hasil olahan singkong yang diparut halus kemudian hasil parutannya diberi tambahan air dan diendapkan di dalam wadah selama 3 hari supaya menghasilkan tepung tapioka.

Kicimpring TAKOL khas Desa Tangkolo berbeda dengan kicimpring lainnya karena ditambahkan parutan jengkol untuk menambah cita rasa yang berbeda.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bahan baku yang digunakan kicimpring ini yaitu singkong yang didapat dari hasil menanam masyarakat Desa Tangkolo dan juga jengkol.

Bahan tambahan untuk proses pembuatan cimpring Takol sendiri sangat sederhana yaitu bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, cabai, dan tepung tapioka. Terdapat beberapa rasa yang kami sediakan yaitu pedas dan balado.

Harga Produk Rp. 15.000

7.Produk salemon ini merupakan hasil inovasi tim KKN 10. Sale pisang yang merupakan produk unggulan Desa Bangunjaya Kecamatan Subang diinovasi atau dikembangkan menjadi sale pisang dengan tambahan varian rasa yaitu coklat, strawberry dan greentea.

Harga Produk Rp. 15.000

8. Pareredan MAKACI ( Makanan Cieurih)

Pareredan berbahan baku beras yang digiling terlebih dahulu sehingga menjadi tepung. Dan dibuat adonan kemudian dibentuk menyerupai bunga mawar. Makanan ini merupakan makanan khas Desa Cieurih Kecamatan Cidahu

Sehingga kerupuk pareredan ini memiliki bentuk yang unik dan menarik karena warna yang warna-warni. Rasanya ngepros dan enak. Sangat Cocok untuk cemilan kapan saja

Harga:

kemasan 200gram : 10.000

kemasan 300gram : 15.000

Harga Produk Rp. 10.000

9. SINGGEUL (Singkong Desa Jambugeulis)

Cemilan yang terbuat dari singkong, kemudian diolah sedemikian hingga menjadi stik yang sangat enak pokoknya mah.

terdapat berbagai varian rasa diantaranya :Original,Jagung Bakar,Pedas, dan Balado.

Selain berbagai rasa yang dimiliki oleh stik singkong, ada juga keunggulan yang dimiliki oleh produk ini diantaranya ,terbuat dari singkong segar, tidak mengandung bahan pengawet dan terjamin kebersihannya

Komposisi :singkong,Tepung tapioka,penyedap rasa,bawang merah,bawang puti, daun bawang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Produk Rp. 10.000

 

10.Kukenang Nur Azizah (Kerupuk Kemplang Nanggela Kecamatan Pasawaahan)

Merupakan olahan makanan berupa kerupuk yang berbahan dasar tepung dan ikan di tambah dengan penyedap rasa. Yang kemudian divariasikan dengan berbagai rasa, seperti seuhah, sapi deang, puspas dan original. 

Harga Produk Rp. 7.000

11.Coffee Face Mask (Desa Gunung Sirah Kecamatan Subang)

Masker merupakan bagian dari produk kecantikan yang saat ini sedang tren dikalangan banyak orang.

Pengguna masker organik tidak hanya bisa dipakai oleh remaja saja namun bagi semua kalangan selain anak kecil termasuk wanita.

Mahasiswa memilih produk ini karena masker kopi mengandung cafein yg tinggi yang dapat menghilangkan jerawat, flek hitam dan menutrisi kulit wajah terlebih karena masker ini terbuat dari kopi robusta yang memiliki kualitas yang bagus dan manfaat yang lebih baik untuk dijadikan masker organik.

Harga Produk Rp. 25.000

12.Palm Sugar Coffee Milk (Desa Gunung Sirah)

Minum kopi dengan gula aren jadi tren anak muda zaman sekarang. Bukan hanya rasanya yang nikmat, minuman ini juga punya banyak manfaat untuk tubuh.

Gula aren banyak mengandung nutrisi seperti zinc, zat besi, serat inulin, magnesium, kalium, kalori, lemak, dan indeks glikemik.

Selain itu, ada beberapa manfaat kopi gula aren bagi tubuh seperti bagus untuk tulang, kendalikan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko penyakit batu ginjal dan menjaga kadar gula darah.

Bahan baku dari pembuatan produk ini adalah dengan menggunakan campuran dari kopi Robusta dan Arabika. Kopi arabika sangat disukai karena unggul dalam cita rasa dan aroma.

Kopi yang dihasilkan dengan biji kopi arabika memiliki keasaman (acidity) lebih tinggi dan rasa yang lebih kaya dengan hint rasa buah-buahan, beri-berian, cokelat, maupun kacang-kacangan.

Kandungan gula pada biji kopi arabika juga dua kali lebih tinggi dibandingkan kopi robusta sehingga kopi ini dapat diminum tanpa gula.

Berbeda dengan arabika, Tingkat kafein yang tinggi dan asam klorogenik pada biji kopi robusta berfungsi sebagai pestisida alami, menjadikannya tidak rentan terhadap hama.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan kadar kafein dua kali lebih banyak dibandingkan arabika, kopi robusta tentu memiliki rasa yang lebih pahit. 

Alasan kami memilih untuk mencampur kopi ronbusta dan arabika adalah karena banyak orang yang lebih menyukai campuran kopi robusta dan arabika ditinjau dari segi warna, aroma, rasa dan secara keseluruhan. minuman ini dikemas dalam botol dengan ukuran 250 ml (Rp. 13.000) dan 500 ml (Rp. 25.000).

Harga Produk Rp. 13.000

13.CEBONG (Cemilan Tembong) Produk unggulan kelompok KKN 59 Desa Tembong Kecamatan Garawangi yang berbahan baku melinjo.

 

Hallo temen-temen semua, tau Cebong ga? Tau dong, itu Cemilan Tembong masa kini loh, kini hadir dengan varian rasa yg baru, pas banget nih buat nemenin kegabutan kalian lho …
Mao order? Boleh
Mau jadi reseller? Juga boleh, tentunya ada harga khusus
Tunggu apa lagi? Langsung checkout di
√ Bukalapak
√ Instagram
√ Facebook
Happy shopping

Ket Harga Produk :

-untuk kemasan 50gr Rp. 7.000

-untuk kemasan 200gr Rp. 15.000

 Harga Produk Rp. 7.000

Kandungan gizi melinjo sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun bagi sebagian masyarakat masih mempersepsikan negatif dari efek makan melinjo. Maka, untuk menepis persepsi negatif tersebut, manfaat mengkonsumsi melinjo bagi kesehatan tubuh, antara lain :

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah melinjo memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan tersebut akan membantu menangkal berbagai serangan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. 

Memperkuat Daya Ingat

Kandungan antioksidan melinjo juga dipercaya bisa menambah daya ingat agar tetap stabil. Hal ini terjadi karena pohon so atau pohon melinjo termasuk salah satu jenis pohon tanaman ginko yang dikenal sebagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Sehingga dengan mengkonsumsi melinjo akan membantu pertumbuhan sel-sel otak menjadi lebih aktif dalam otak dan darah.

Melancarkan Buang Air Kecil

Apabila kita mengalami masalah kencing kemungkinan salah satu faktor penyebabnya adanya bakteri jahat pada sistem kemih. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi melinjo menjadi salah satu alternatif untuk melancarkan buanh air kecil (kencing).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mencegah Anemia

Penyakit anemia bisa disebabkan karena hilangnya sel-sel darah merah yang menyebabkan tidak adanya oksigen yang cukup dalam tubuh. Penyakit anemia juga menjadikan kepala menjadi pusing, untuk mengatasinya secara alami kita bisa mengkonsumsi melinjo secara rutin, supaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Daun melinjo mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kejernihan serta kesehatan pada mata. Bahkan bagi yang menderita penyakit rabun bisa mengkonsumsi melinjo secara rutin baik dari daun maupun biji buahnya.

Meningkatkan Stamina

Melinjo juga dipercaya bisa untuk memulihkan stamina yang hilang karena melinjo mengandung kalori rendah dan bersifat mengenyangkan. .

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Salah satu khasiat yang cukup penting dari mengkonsumsi melinjo adalah mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk itu bagi yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi secara rutin melinjo baik sebagai sayuran maupun camilan agar tekanan darah kembali normal. Karena melinjo juga mengandung protein yang dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat mengkonsumsi melinjo ternyata juga sangat baik bagi organ jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat membahayakan jika tidak ditangani dengan serius. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan pencegah penyakit jantung menjadi pilihan yang cukup tepat untuk menjaga kesehatannya dan salah satu jenis makanan tersebut adalah melinjo. Kandungan antioksidan dan flavonoid pada melinjo sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Bahan Pengawet Makanan

Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam melinjo juga mengandung bahan pengawet alami untuk jenis makanan tertentu, kandungan tersebut dapat mengurangi potensi berkembangnya bakteri dan jamur pada suatu makanan. Oleh karena itu hasil olahan makanan melinjo pun tidak perlu bahan pengawet dan tetap bisa bertahan lama tanpa jamur dan tidak cepat rusak.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa disebabkan oleh salah satunya adalah karena serangan radikal bebas yang membuat penampakan kulit menjadi tampak lebih tua. Penuaan dini juga ditandai dengan kulit keriput dan tidak elastis lagi. Dengan mengkonsumsi biji buah melinjo atau daun melinjo secara rutin juga dapat membantu mencegah terjadinya kulit keriput sebagai tanda penuaan dini.

Mengobati Luka

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kandungan antioksidan pada melinjo juga cukup ampuh untuk mengobati luka, baik luka akibat gigitan serangga maupun luka terkena benda tajam, karena adanya kandungan antioksidan yang terdapat didalam melinjo serta bawang putih.

Semoga postingan ini menambah wawasan kita dalam memahami manfaat tanaman bahan makanan agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai bahan makanan serta penyembuhan berbagai macam penyakit secara alami yang cukup aman dan murah.

14.Keripik Pisang Mutiara (Desa Bunigeulis)

Hallo sahabat millenial semua, buat kalian yang lagi cari cemilan yang berbeda, kenalin nih kami dari KKN kelompok 30 UNIKU akan memperkenalkan produk unggulan kami Yaitu keripik pisang mutiara, dengan 2 varian rasa yang pastinya bikin ketagihan ada rasa seblak dan pedas jeruk, makan cemilan dengan sensasi yang berbeda

Keripik Pisang Mutiara merupakan produk unggulan Desa Bunigeulis Kecamatan Cigandamekar yang terbuat dari bahan pisang.

Oleh kelompok kami inovasikan menjadi 2 varian rasa yaitu seblak dan pedas jeruk, serta packaging yang berbeda, dan market pasar yang lebih luas di pasaran. Dengan harga yang terjangkau, pastinya akan buat kalian ketagihan …

Keripik pisang mutiara “Keripik Tersembunyi Sang Juara”

15.Gemblong Boled

Diproduksi di Desa Babakanjati,  RT.03/RW.02, Cigandamekar-. Produk tersebut dibuat dengan bahan dasar ubi yang berkualitas, tepung tapioka, mentega, terigu, dan perpaduan rasa yang diantaranya dapat menggoyang lidah, serta aroma daun jeruk yang khas menjadikan kripik gemblong ini siap disantap dalam berbagai moment.

Varian rasa : Original, Balado, Jagung Bakar, Pedes B Aja, dan Jeletot.

Netto.100gr/8k

Harga Produk Rp. 8.000

16.Kocokbro  (Desa Seda)

Merupakan brownies dengan bentuk yang tipis seperti keripik dengan perpaduan cita rasa manis dari coklat dan kopi menjadi satu sehingga cocok untuk dijadikan camilan atau teman minum teh atau kopi.

Dengan bahan baku yang terdiri dari tepung terigu, kopi, keju, vanili, gula halus, margarin, baking powder, dan telur.

Harga Produk Rp. 13.000

17.Cokoas (Desa Seda)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Cokoas adalah inovasi yang merupakan salah satu cara baru untuk menikmati kopi. Cokoas merupakan coklat yang didalamnya terdapat isi selai kopi dengan cita rasa yang unik dan cocok untuk menemani hari santai.

Cokoas ini merupakan olahan produk unggulan Desa Seda yang berbahan dasar kopi, coklat, vanili, gula, susu UHT, dan mentega.

Harga Produk Rp. 10.000

18.Krisbar (Kripik Singkong Jambar) dan Kicbar (Kicimpring Jambar) merupakan produk olahan singkong yang berasal dari Desa Jambar Kecamatan Kadugede, dengan kualitas singkong pilihan yang baik. K

ripik singkong dan kicimpring jambar menawarkan harga yang relatif murah dengan varian rasa yang variatif. Dan yang terpenting tidak menggunakan bahan pengawet.

Harga Produk Rp. 8.000

19.Keremes Rizky adalah produk unggulan dari Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang  berbahna ubi yang melimpah di desa tersebut.

Keremes Rizky ini terdiri dari beberapa varian rasa yang terdiri dari, original,wijen,coklat,strowberry, matcha

Harga Produk Rp. 15.000

20. KOCAPE

Kocape merupakan singkatan dari “Kodehel Capeu”yang merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Kuningan. Namanya “Kodehel”.Hati-hati bukan “go to the hell” tapi “kodehel”.

Masyarakat sering menyebut juga “kalentong” yang merupakan sejenis keripik singkong yang dibuat dengan cara sederhana yakmi  singkong direbus lalu di potong tipis-tipis seukuran silet.

Setelah itu ada yang dijemur atau disangrai dengan pasir panas diatas tungku kayu bakar. Tetapi ada juga yang menggunakan minyak goreng dan ditaburi garam.

Kami menawarkan kodehel dengan enak dan renyah menggunakan bahan-bahan berkualitas dengan berbagai varian rasa diantaranya Original, PDAM (Pedas asam manis), PMB (pedas manis balado) dan CM (Coklat manis).

Komposisi: Singkong, Garam, Gula, Minyak goreng dan penyedap rasa

Advertisement. Scroll to continue reading.

Netto: 70 gram

Diproduksi oleh:

UMKM SADARASA – KKN 56

DESA SADAMANTRA KEC JALAKSANA

BINAAN LPPM UNIVERSITAS KUNINGAN

Harga Produk Rp. 7.000

21.Beras putih organik(beras.ok) Desa Jatisari Kecamatan Subang

Beras organik, yaitu beras yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Penggunaan pestisida kimia dan pupuk kimia dalam dalam budidaya padi organik diganti dengan pemakaian pestisida dan pupuk organik, sehingga pertanian organik tidak lagi mengandalkan pestisida kimia semata tetapi menggunakan pestisida hayati.

Hal ini menunjukkan bahwa beras organik aman dari penggunaan zat kimia, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi manusia karena seluruh proses produksinya ramah lingkungan dan meminimalkan input eksternal sintetik.

Selain itu, rasa nasi dari beras organik lebih empuk, pulen dan daya simpannya lebih lama serta apabila sudah dimasak warnanya terlihat lebih putih.

Dari berbagai keunggulan tersebut maka dapat dipastikan bahwa nilai ekonomis beras organik menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan beras yang ditanam secara konvensional.

Di samping itu, manfaat beras organik bagi lingkungan, diantaranya sistem produksi sangat ramah lingkungan sehingga tidak merusak lingkungan, tidak mencemari lingkungan dengan bahan kimia sintetik dan meningkatkan produktivitas terjaga dan berkelanjutan.

Bertanam padi secara organik pada dasarnya tidak berbeda dengan bertanam padi pada pelaksanaan intensifikasi.

Harga Produk Rp. 25.000

 

22.VCO (Virgin Coconut Oil)  Desa Jatisari

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa yang diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia.

Selain itu juga tanpa menggunakan suhu tinggi saat mengolahnya. Hal ini akan membuat kandungan alaminya tidak hilang dan rusak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Minyak kelapa murni mengandung senyawa phenolic, dan berpotensi sebagai antioksidan yang baik. Selain itu minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat menunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat, jamur, hingga memiliki sifat antibiotik.

Kandungan alami yang banyak pada minyak kelapa murni pastinya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh.

1.Digunakan untuk diet; manfaat minyak kelapa murni atau VCO yang pertama adalah bisa kamu gunakan untuk program diet. Minyak kelapa murni ini akan membantu menstimulasi metabolisme yang bisa menyebabkan kenyang lebih lama.

2.Kandungan polifenol untuk jantung; kandungan ini dalam minyak kelapa VCO dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

3.Mengurangi lemak jahat; manfaat minyak kelapa murni dapat mengurangi kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan bisa meningkatkan lemak baik.

4.Untuk diabetes; rantai asam lemak dalam minyak kelapa dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe II minyak kelapa juga dipercaya mampu memperbaiki sesitivitas insulin.

5.Mengurangi resiko alzheimer; kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

Walaupun bermanfaat bagi kesehatan, kamu tetap harus membatasi konsumsi minyak kelapa yang kamu gunakan. Kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi minyak kelapa?

Kalau kamu memilih untuk meminum minyak kelapa secara langsung sebaiknya minyak kelapa dikonsumsi 20 menit sebelum waktu makan. Dengan begitu, minyak kelapa akan membantu dietmu dengan cara menurunkan nafsu makan dan membantu mengontrol porsi makan. 

Harga Produk Rp. 1.500.020.000

 

23. KESAL (Keripik Kodehel Saus Cocol).

Olahan singkong yang unik, enak, dan kekinian dari Desa Tarikolot Kecamatan Pancalang. Tentunya Tanpa campuran pengawet, renyah, tidak melukai gusi apalagi melukai hati kamu.

Tersedia 3 Varian Rasa:, Cokelat,Taro,Tiramisu

Harga Jual

Kemasan 100 gram Rp. 5.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kemasan 150 gram Rp. 10.000

Harga Produk Rp. 10.000

24. SiCaPer 

Sirup calingcing peras atau disingkat dengan SiCaPer  merupakan produk unggulan dari Desa Cinagara Kecamatan Lebakwangi yang berbahan dasar calingcing atau belimbing wuluh.

Minuman ini kapan saja diminum sangat nikmat apalagi kalau disajikan dengan es batu, rasanya nikmatttt. Jangan khawatir untuk  harganya murha yakni  Rp10.000.

25.Selai calingcing juga merupakan produk unggulan Desa Cinagara yang berbahan dasar ampas hasil perasan pada saat pembuatan sirup calincing yang dimasak kembali dengan api kecil.

Kemudian ditambahkan gula putih sampai lengket berbentuk seperti selai. Selai calincing lebih enak jika dipadukan dengan roti tawar 

Harga Produk Rp. 15.000

26. Emping Mutilasi Cibuntu

 

Pohon melinjo di Indonesia sangat mudah dijumpai karena tumbuh di dataran tropis. Terdapat banyak olahan dari biji melinjo, salah satunya adalah emping. 

Emping merupakan jenis cemilan yang dihasilkan dari biji melinjo yang pengolahnnya dipukul-pukul menggunakan palu maupun batu yang berukuran sedang hingga tipis.

Emping melinjo biasanya memiliki cita rasa yang khas. Salah satu penghasil emping yang kami jumpai berada di  Dusun Paksilaur Desa Cibuntu Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan adalah Ibu Kusnawati.

Beliau mempunyai kelompok usaha sendiri yakni ibu-ibu rumah tangga disekitarnya. Kelompok Ibu Kusnawati memproduksi 2 varian rasa yakni asin gurih dan tawar.

Bahan baku yang mudah di dapat, varian rasa dan pengemasan yang masih sederhana serta kelompok produksi yang sudah ada merupakan faktor yang menjadi alasan mengapa kelompok kami memilih Emping sebagai produk unggulan di Desa Cibuntu.

Melinjo yang merupakan bahan baku pembuatan emping yang di dapat oleh Ibu Kusnawati bersumber dari lahan perkebunan milik sendiri dan juga di dapat dari orang lain yang menjualnya.

Harga Produk Rp. 12.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

27.Renggining Miwa adalah salah satu produk olahan khas Kuningan . Renggining juga termasuk produk unggulan dari Desa Padahurip Selajambe.

Terbuat dari tepung beras dan bahan-bahan lain yang berkualitas tinggi. Teksturnya yang renyah berpadu dengan bumbu pilihan. Cocok dikonsumsi sebagai teman bersantap maupun cemilan.

Komposisi :

Tepung beras 

Tepung tapioka

Bawang putih

Garam 

Penyedap rasa

Dll

Harga Produk Rp. 10.000

28.Wajit CLBL Desa Cilebak

Wajit merupakan salah satu camilan tradisional dari Jawa Barat. Dengan menerapkan prinsip Higiene Sanitasi Makanan sejak tahap pemilihan bahan sampai dengan pengemasan makanan, menghasilkan produk Wajit yang sehat dan bercita rasa tinggi.

Wajit CLBK berbahan dasar ketan dengan kelapa dicampur gula merah yang dimasak dengan tradisional dengan tungku kayu bakar.

Aroma pemasakan dari kayu bakar memberikan cita rasa yang istimewa dan khas, sehingga Wajit CLBK dapat tahan lama serta tentunya dengan rasa yang enak dan legit.

Harga Produk Rp. 13.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

30. Kremes Gandasari (Gandasoli Kecamatan Kramamulya)

Produk berbahan dasar ubi jalar dengan rasa original gula aren , Inovasi yang diberikan pada varian rasa yang terdiri dari rasa matcha, vanila, coklat dan strawberry dan Inovasi pada Kemasan dan label produk 

Harga Produk Rp. 10.000

31.Kere (Desa Cikuesal Kecamatan Cimahi)

KERE (Keripiki pare) merupakan produk makanan ringan unggulan Desa Cikeusal yang  terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi dan diolah dengan baik dari rempah-rempah pilihan.

Mengapa memilih keripik pare ? Selain cara pengolahannya yg mudah, si pahit yang satu ini juga mempunyai bermacam manfaat bagi tubuh dan bagi kecantikan.

Dan tahukah kalian bahwa pare memiliki banyak senyawa kimia yang baik untuk tubuh kalian, tak hanya itu kandungan senyawa tersebut mampu memberikan manfaat bagi tubuh kalian seperti penurun panas, penambah nafsu makan, sakit saat haid dan masih banyak lagi

Sebagai produk unggulan desa, KERE (Keripik Pare) yang dibuat mempunyai dua varian rasa yaitu rasa Original dan Pedas Manis.

Rasa original dapat melambangkan bagaimana rasanya kehidupan kita ketika didalamnya hanya terdapat sesuatu yang biasa saja tanpa adanya rasa yang lain.

Sedangkan rasa Pedas Manis itu sendiri dapat melambangkan kehidupan yang didalamnya mempunyai banyak rasa sekalipun rasa itu kadang harus berubah dari pedas menjadi manis bahkan dapat bercampur secara bersamaan.:)

Harga Produk Rp. 10.000

32.Si-ngkong (Babakanmulya)

Adalah produk unggulan di Desa Babakanmulya yang terbuat dari singkong terpilih dan diolah menjadi beberapa makanan olahan seperti gethuk original, gethuk panggang, stik gethuk.

Harga Produk Rp. 10.000

32.Handycraft atau kerajinan tangan, berbahan dasar limbah kayu. Dibuat dengan penuh cinta yang tulus dan kasih sayang yang halus, sehingga menghasilkan produk yang bagus.

Kerajinan tangan ini mampu bersaing di pasar internasional, karena memiliki value yang besar bagi pecinta seni di seluruh penjuru bumi. Produk ini merupakan andalan Desa Babakanmulya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Produk Rp. 100.000

33.Dodol Salak Yyalira (Cimara)

Merupakan salah satu produk unggulan Desa Cimara Kecamatan Pasawahan  Komposisi : salak, santan, gula pasir dan harga produk murah Rp. 20.000

34.Pami Tepang (Desa Tenjolayar)

Dari beberapa usaha yang dijalankan di desa ini, kelompok kami memutuskan untuk mengembangkan produk pastel mini. Pastel mini ini adalah hasil garapan pengembangan dari kegiatan KKN tahun sebelumnya.

Pastel mini merupakan suatu makanan ringan yang digoreng. Memiliki teksturnya renyah dan kering, berbeda dengan pastel pada umunya yang berukuran besar dan berisi sayuran sehingga teksturnya basah.

Rasa pastel ini gurih dan manis, yang berasal dari rebon yang dihaluskan yang di campur gula. Kelompok kami mencoba inovasi baru, dimana biasanya pastel  mini hanya berisi rebon tetapi kami mencoba menambah varian isi yaitu dengan isi ayam suwir pedas yang diberi beraneka ragam rempah.

Sehingga menimbulkan rasa yang gurih, nikmat dan khas. Nama produk yang dipilih adalah “PAMI TEPANG”, yang merupakan singkatan dari “Pastel Mini Tenjolayar Pancalang”.

35.Produk Dodol Kedelai (Desa Cibulan)

Merupakan produk yang tercipta hasil dari olahan kacang kedelai khas Cibulan. Yang membuat produk ini special adalah selain masih jarang dodol yang menggunakan kacang kedelai sebagai bahan baku.

Dodol ini pun terbuat dari kacang kedelai lokal yang tentunya mempunyai ciri khas serta cita rasa yang berbeda dibanding Dodol pada umumnya.

Harga Produk Rp. 25.000

Harga Produk Rp. 15.000

36.Wedang Jahe Kedelai, Cibulan  (Kaleci)

Merupakan salah satu dari brand KALECI (Kacang Kedelai Cibulan) Desa Cibulan. Minuman yang terbuat dari olahan jahe merah dan juga kacang kedelai lokal khas Cibulan. Minuman ini mempunyai cita rasa yang khas perpaduan antara jahe merah yang menghangatkan dan berkhasiat, dengan cita rasa khas kedelai lokal Cibulan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Produk Rp. 15.000

37.Keripik singkong asli khas Mekarjaya terbuat dari singkong pilihan dengan berbagai rasa yaitu asin, balado, dan jagung bakar.

Harga Produk Rp. 12.000.

38.Kerupuk Kulit Sapi Khas Desa Mekarjaya terbuat dari kulit sapi pilihan dengan berbagai rasa yaitu asin & pedas.

Harga Produk Rp. 4.000

39.CIMCIMBRUNG (Kicimpring Ciberung)
MURAH MERIAH CERIA
Keripik olahan singkong khas Desa Ciberung Kecamatan Selajambe yang memiliki banyak varian rasa.

Cocok untuk jadi teman makan dan ngorbol bersama teman2! Renyah dan lezaaaaatt
Buruan di order sebelum kehabisan!

Tersedia cim cimbrung matang dan mentah dengan rasa original,
 pedas, rebon. Kicimpring ini Juga sudah memiliki P.IRT lhoo! Berat : 200gr

Note : Barang akan dikemas seaman mungkin agar aman sampai ke tangan pembeli

Harga Produk Rp. 12.000

40. Rengginang Mapan (Lengkong) 

Adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari. Kemudian  digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

Rengginang putra arum sari merupakan makanan ringan khas Desa Lengkong, Kecamatan Kuningan, dibuat dengan bahan bahan berkualitas.

Rengginang Mapan ini diambil kata dari kelompok Lima Delapan. Rengginang Mapan ini memiliki banyak varian rasa, diantaranya rasa original, spicy, cokelat, dan matcha.

Harga Produk Rp. 15.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

41.Kerupuk Jamur ini adalah asli ciri khas dari Desa Mekarjaya, bahan baku jamur yang sangat melimpah

Harga Produk Rp. 5.000

42. Keripik Pisang Melsi (Kaduela)

Dari berbagai potensi usaha yang dijalankan di Desa Kaduela, kelompok kami memutuskan untuk mengembangkan produk “Kerpik Pisang Melsi”.

Produk ini merupakan hasil garapan pengembangan dari kegiatan KKN tahun sebelumnya. Pisang nangka menjadi bahan baku pembuatan keripik ini, tentunya kelompok kami memilih kualitas pisang yang terbaik agar menghasilkan keripik pisang yang berkualitas.

Selain proses pembuatan nya yang mudah, produk keripik pisang ini juga mudah diterima oleh masyarakat sebagai camilan ringan yang enak.

Keripik Pisang Melsi sendiri berbeda dengan keripik pisang pada umumnya yang memiliki rasa asin gurih, karena keripik pisang ini memiliki berbagai varian rasa diantaranya : rasa jagung bakar, balado, coklat, greentea dan anggur.

Sehingga dengan adanya berbagai varian rasa, masyarakat tidak akan merasa bosan bila terus mencoba keripik pisang. Keripik Pisang Melsi sendiri sudah dijual di tempat pusat oleh-oleh khas Kuningan maupun sudah terjual di berbagai daerah lainnya.

Harga Produk Rp. 8.000

43.BACRY (Banana Crispy) 

Merupakan salah satu produk dari Desa Padabeunghar (Ibu Tati) yang telah kelompok 48 olah, BACRY adalah olahan dari kripik pisang yang telah di beri rasa coklat.

Bacry memiliki Slogan ” RAOSNA MAKE PISAN”

Komposisi , pisang, minyak goreng, penyedap, coklat

Netto : 200gr

Kontak pengusaha (085)911747871 

Harga Produk Rp. 10.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

44. PING PENG (emping gepeng)

Merupakan produk unggulan dari Desa Padabeunghar yang telah kelompok 48 olah,PING PENG adalah olahan dari emping melinjo yang telah di beri beberapa rasa,yaitu :.

  • Coklat
  • Balado
  • Cabe Ijo

 Komposisi :

  • Melinjo
  • Gula
  • Bawang Putih
  • Cabai merah/Cabai ijo
  • Cuka
  • Garam
  • Penyedap

Coklat 

  • Melinjo
  • Coklat
  • Air

Netto : 200gr

Manfaat :

Meningkatkan kekebalan tubuh,karena melinjo mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mencegah anemia
  2. Memperkuat daya ingat. karena kandungan  dari antioksidan dipercaya dapat memperkuat daya ingat
  3. Melancarkan kencing
  4. Meningkatkan stamina. karena melinjo mengandung kalori yang rendah dan dapat membuat kenyang jika mengkosumsinya
  5. Mengatasi tekanan darah tinggi,karena melinjo mengandung protein
  6. Mencegah penyakit jantung,karena mengandung antioksidan dan flovonoid

Harga Produk Rp. 10.000

43. KHOLIDA

Merupakan salah satu produk dari Desa Padabeunghar yang telah kelompok 48 olah,KHOLIDA adalah olahan dari jamur Crispy yang telah di beri beberapa rasa,yaitu :

  1. Original
  2. Jagung Bakar
  3. Pedas
  4. Balado

Kholida memiliki Slohan “NIKMATNYA BIKIN KETAGIHAN”

 Komposisi :

  • Jamur
  • Terigu
  • Aci
  • Bawang Putih
  • Bawang Merah
  • Minyak Goreng
  • Garam

Netto : 200gr

 Manfaat :

  1. Kaya antioksidan
  2. Sumber vitamin B3
  3. Meningkatkan Colagen
  4. Membantu mencegah kanker
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Harga Produk Rp. 10.000

44.PAPIKARI (Pangsit Pisang Karangsari x KKN04UNIKU)

Papikari adalah produk makanan olahan pisang berupa pangsit asal Desa Karangsari Darma Kuningan.

Cocok untuk cemilan sehari-hari menemani adaptasi kebiasaan baru COVID-19.

-Pisang terbaik Karangsari
-Bahan berkualitas
-Renyah – Kriuk
-99,9% Pembeli Pasti Ketagihan
-Tidak mengandung pengawet
-Diolah secara higienis
-Serta Memiliki Aroma pisang
-Mempunyai beberapa varian rasa : original, coklat, pedas, jagung bakar

Berat: 150 gram

Harga
Harga jual 10.000, Harga mitra 8.000 (20%)
Pengiriman BUMDES Karangsari Darma Kuningan

Kontak Pembelian :
Facebook : Papikari Karangsari

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Produk Rp. 10.000

45.Dodol Pala (Desa Cimenga) 

Merupakan olahan makanan karya Ibu-ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) Dusun Ciawitali yang baru dikembangkan pada tahun lalu.

Olahan ini merupakan pemanfaatan dari daging buah pala yang biasanya terbuang begitu saja.

Pemasaran Dodol Pala masih dalam skala kecil, yaitu sekitaran Desa Cimenga dan beberapa desa tetangga yang sudah mengenal produk ini.

Dalam digitalisasi produk, kelompok 01 KKN 2020 melakukan inovasi kemasan dari mika plastik menjadi dus yang lucu dan menarik.

Harga Produk Rp. 10.000

46.Wajit Pala sama halnya dengan Dodol Pala, Wajit Pala juga merupakan olahan karya Ibu-ibu KWT Dusun Ciawitali. Cara pengolahan dan bahannya pun tidak jauh berbeda dengan Dodol Pala. Penjualan Wajit pala juga sama dengan Dodol Pala, masih dalam skala kecil dan hanya memproduksi apabila ada pesanan saja.

Dalam digitalisasi produk, kelompok 01 KKN 2020 melakukan inovasi kemasan dari mika plastik menjadi besek bambu yang menarik dan mengurangi limbah plastik.

Harga Produk Rp. 10.000

47.Wilujeng Sumping

Simping merupakan olahan makanan yang dibuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Cemilan ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu produk unggulan dari Desa Cimenga.

Dalam digitalisasi produk, kelompok 01 KKN 2020 mengubah kemasan dari pouch plastik menjadi toples plastik yang bisa digunakan kembali dengan tujuan untuk mengurangi limbah plastik.

Harga Produk Rp. 10.000

48.Kue Satu (Cirea)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Merupakan kue kering tradisional populer yang terbuat dari tepung kacang hijau, bertekstur seperti butiran pasir yang mudah hancur, kemudian dibentuk menarik menjadi padat.

Dalam proses pembuatan kue satu, menggunakan alat cetak tradisional yang terbuat dari kayu dan sudah berbentuk menarik.

Selanjutnya dijemur hingga kering, Kue Satu ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama yaitu kurang lebih 4 bulan dari masa pembuatan serta Kue satu mampu membuat siapapun tertarik untuk mengkonsumsinya. 

Kue Satu sudah banyak sekali dijual ke berbagai daerah, salah satunya yaitu di Kuningan Jawa Barat maupun ke berbagai daerah lainnya.

Harga Produk Rp. 10.000

Tutup

49.Dorokdok Jamilah ( Jajanan Milenial Murah )

Dorokdok merupakan produk unggulan dari Desa Cibingbin,yang terbuat dari bahan utamanya tepung tapioka.Dorokdok ini bisa untuk cemilan,dicampur untuk bakso,bisa juga sebagai kerupuk untuk tambahan nasi dan sambal, dan lain-lain.Dorokdok ini terdiri dari 2 varian rasa : 

1. Original (Asin,gurih)

2. Pedas  

Harga Produk Rp. 5.000

50.Abon Dage (Cibingbin)

Merupakan dage olahan yang di tumbuk dengan menggunakan alat tumbuk yang di goreng sampai kering .

Istilah Abon Dage berasal dari kata Abon dan Dage yang disingkat jadi “ADA” . Untuk abon dage ini merupakan produk yang di kembangkan oleh kelompok KKN 19 Desa Cibingbin dalam meningkatkan produk sehingga dage bisa mempunyai nilai jual yang tinggi. 

Harga Produk Rp. 10.000

51.SAMTARING (Sambal Terasi Kering) (Desa Caracas)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Merupakan salah satu makanan Khas Desa Caracas Kab. Kuningan. Samtaring ini bisa menjadi pendamping untuk lauk makanan. Rasanya yang pedas dan gurih. Makan terasa semakin lezat.

Harga Produk Rp. 15.000

52.SaleJambe merupakan makanan ringan atau cemilan berbahan dasar pisang koyut pilihan asli dari daerah Selajambe dengan kualitas terbaik.

Diolah secara alami tanpa bahan pengawet dengan rasa yang tidak ada duanya. Sale yang dikombinasikan dengan tepung beras, cokelat bubuk, dan keju membuat produk ini menjadi suatu “masterpiece” yang dapat memberikan sensasi yang luar biasa di mulut serta kenikmatan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. 

Di masa pandemik ini, SaleJambe merupakan pilihan yang cocok untuk menemani kita di saat menonton TV, mengerjakan tugas, atau sekedar bersantai dirumah sebagai makanan ringan/ cemilan pendamping. 

SaleJambe berbeda dengan produk sale lainnya yang dijual dipasaran. Produk ini menggunakan packaging yang bersih, unik, dan rapih disertai label kemasan yang menarik sehingga SaleJambe memiliki identitas dan warna tersendiri. Ditambah dengan adanya varian rasa yang sering diminati kalangan masyarakat luas yaitu cokelat dan varian keju. 

Dengan SaleJambe, rasakan sensasi cemilan manis di level yang berbeda. 

SaleJambe tersedia dalam 2 kemasan dengan ukuran yang berbeda, list harga SaleJambe sebagai berikut:

1. Ukuran kecil dgn berat 100gr = Rp8.000,-

2. Ukuran besar dgn berat 300gr = Rp20.000,-

Harga Produk Rp. 20.000

53.Sapu Sarewu 3 in 1

Sapu dengan Inovasi yang berbeda dengan sapu-sapu lainnya, yaitu Sapu Sarewu 3 in 1 dimana Sapu ini memiliki 3 fungsi dengan hanya 1 gagang saja ( 3 in 1 ). Sapu Sarewu 3 in 1 ini merupakan produk unggulan dari Desa Sarewu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.

Harga Produk Rp. 55.000

54.SALCIN (Sale Cincin)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Merupakan produk inovasi dari sale pisang. Salcin adalah singkatan dari sale cincin. Sale oisang yang maksud adalah sale pisang yang berbentuk cincin dengan berbagai varian rasa. 

Sale pisang merupakan salah satu olahan khas Desa Pamulihan. Untuk bahan baku salcin adalah pisang dengan jenis koyit atau Kepuh. Pisang tersebut didapatkan dari pohon pisang milik pribadi dan juga supplier yang sudah lama bekerjasama. Baik yang berasal dari desa Pamulihan maupun dari desa lain. 

Harga Produk Rp. 15.000

55. KPK (Kacang Pernis Kertawana) style=’box-sizing: border-box;margin-bottom:1rem;font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal;orphans: 2;widows: 2;-webkit-text-stroke-width: 0px; text-decoration-thickness: initial;text-decoration-style: initial;text-decoration-color: initial; word-spacing:0px’ v:shapes=”_x0000_i1025″>

Cemilan manis yang cocok disantap dalam segala situasi, apalagi ketika ngumpul bersama keluarga, teman maupun ketika waktu santai.

Rasanya yang manis membuat kita lupa dengan pahitnya masalah hidup.  Seperti jargon dari produk KPK “The Reason to Smile

Komposisi : Tepung terigu, margarin, telur, kacang tanah dan air secukupnya.

Terdapat 4 varian rasa, yaitu: Caramel, Matcha, Coklat dan Strawberry.

Setiap varian rasa memiliki warna label yang berbeda:

-Label berwarna orange kecoklatan untuk rasa caramel

-Label berwarna hijau untuk rasa matcha

-label berwarna coklat untuk rasa coklat

-Label berwarna pink untuk rasa strawberry

KPK dapat bertahan selama -+ 3 bulan

Dijual dalam bentuk;

Advertisement. Scroll to continue reading.

– Kemasan 150 gr dijual dengan harga Rp 10,000

– Toples dijual dengan harga Rp 25.000

Harga Produk Rp. 10.000

56. Dorokdok Desa Kertawana yang ke 2

Kerupuk dorokdok khas kertawana memilki cita rasa yang berbeda dengan jenis dorokdok lainnya. Cemilan ini sangat cocok menjadi teman makan nasi maupun bakso. Dibuat dengan bahan pilihan dan dengan cabai kering asli membuat rasa pedasnya terasa lebih mantap. Sekali mencoba dijamin bikin nagih, sesuai dengan jargonnya “Better Food Better Mood” camilan ini bisa memperbaiki mood yang lagi jelek 😀

Komposisi: Tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, penyedap rasa, garam dan minyak goreng.

Terdapat tiga varian rasa, yaitu:

(1) HELL (Pedes Kayak Lagi Simulasi Api Neraka), Dorokdok dengan rasa sangat pedas menggunakan tambahan cabai kering dan daun jeruk pilihan.

(2) HOT (Pedes Meujeuhna), Dorokdok dengan rasa pedas sedang dan sedikit manis

(3) SPICY (Pedes Dikit), Dorokdok dengan rasa pedas balado biasa tanpa menggunakan cabai kering.

Dijual dalam bentuk kemasan;

– Kemasan 50 gr dijual dengan harga Rp 5.000

– Kemasan 100 gr dijual dengan harga Rp 8.000

Harga Produk Rp. 8.000

57.Emping (Desa Sumbakeling)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berbahan dasar 100% melinjo asli dengan proses pembuatannya yang masih handmade atau tradisional sehingga tidak mengurangi cita rasa serta kualitas pada produk tersebut.

varian rasa dari emping yang kami buat ada 2 rasa yaitu:

1. rasa original

2. rasa asin manis

Emping Sumbakeling dikemas dengan menggunakan kemasan plastik transparan dan di press agar kedap udara sehingga bisa tahan lama dan di tempel logo/stiker sehingga menjadi ciri khas dari produk kami.

Untuk ukurannya kami menyediakan ukuran 250gram

Harga Produk Rp. 25.000

58.Kerupuk Pareredan (Sumbakeling) merupakan salah satu krupuk ciri khas dari desa Sumbakeling. Kerupuk pareredan ini mempunyai bentuk yang sangat unik yaitu menyerupai bentuk bunga, sehingga berbeda dengan kerupuk yang pada umumnya. kerupuk pareredan berbahan dasar Tepung Beras dan Tepung Sagu, pembuatannya pun masih tradisional mengunakan tangan sehingga cita rasanya sangat berbeda dan kualitasnya tidak kalah saing dengan krupuk yang sejenis lainnya.

Kerupuk pareredan ini dikemas menggunakan plastik transparan kemudian di segel kedap udara sehingga bisa tahan lama dan diberi logo untuk menunjukkan ciri khas dari produk sumbakeling. 

dan produknya kami menyediakan ukuran sedang dengan isi 15 kerupuk pareredan

Harga Produk Rp. 9.000

59.Kelingkil atau Sumbakeling Cangkang Tangkil adalah merupakan sebuah inovasi produk baru dari kulit melinjo di Desa Sumbakeling.

Kulit melinjo yang melimpah dimanfaatkan menjadi Keripik kulit melinjo. Sehingga menjadi cemilan yang pas dan enak untuk menamani waktu santai kita.

Kelingkil ini dikemas dalam standing pouch yang ditutup rapat dan di press sehingga kedap udara dan produk dapat tahan lama meskipun tanpa pengawet. kemudian diberi logo di kemasannya.

Untuk sementara baru ada rasa asam manis pedas

Advertisement. Scroll to continue reading.

Produk ini tersedia dalam kemasan ukuran sedang.

Harga Produk Rp. 6.500

60. KERIPIK JAGUNG “CI BAPA” ((Cibingbin-Bantarpanjang))

Bantarpanjang merupakan sebuah Desa yang ada di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Desa yang menurut letak geografisnya berada dibagian paling timur di wilayah Kuningan.

Desa Bantarpanjang memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat setiap rumah tangganya.

Potensi yang di miliki Desa Bantarpanjang diantaranya yaitu potensi tanaman Jagung dengan luas 249 Hektar, potensi pakan ternak sapi dengan metode permentasi, dan juga potensi buper buyut jaksa.

Desa Bantarpanjang yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani,  yang salah satu komoditas utama petani di Desa Bantarpanjang ini yaitu Tanaman Jagung. 

Dan berdasarkan survei BPS (Badan Pusat statistik)  Kabupaten Kuningan, petani jagung di Desa Bantarpanjang dapat menghasilkan kurang lebih 100 ton jagung setahunnya dan menjadi Desa yang paling tinggi skala panennya di wilayah Kuningan.  Dan dari hasil panen tersebut bisa dilihat potensi yang dimiliki dari jagung tersebut.  

Kelompok KKN 17 Universitas Kuningan yang di tempatkan di Desa Bantarpanjang berjumlahkan 17 orang dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Aan Nurhasanah, MP.d.

Kelompok KKN 17 Uniku melihat Desa Bantarpanjang memiliki banyak sekali potensi yang dimilikinya mulai dari pertanian dan pertenakan yang paling populer dari desa Bantarpanjang.

Sehingga kelompok KKN 17 Uniku bersama Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Aan Nurhasanah, MP.d sepakat untuk mengangkat potensi pertanian jagung yang ada di desa Bantarpanjang menjadi produk unggulan di masyarakat.

Dalam proses penetapan produk unggulan yang akan diangkat, kami peserta KKN 17 bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Aan Nurhasanah, MP.d bekerja sama dengan Kepala Desa Bantarpanjang yaitu Bapak Rakum, dan perangkat desa lainnya yang juga ikut membantu proses demi proses selama kegiatan KKN terutama dalam pengembangan produk unggulan Keripik CI BAPA.

Selain itu, kami juga bekerjasama dengan BUMDES Desa Bantarpanjang yang membantu kelancaran dalam proses produksi dan pemasaran supaya produk unggulan CI BAPA ini tetap berlanjut dan tetap bertahan untuk kedepannya.

Dan dalam proses pembuatan keripik jagung Ci Bapa ini kami dibantu oleh ibu-ibu Pkk dan ibu-ibu kader lainnya sehingga kami dapat bertukar informasi mengenai tekstur dari keripik yang bagus dan renyah, sehingga akhirnya kami mampu melaksanakan target dari produksi yang sudah direncakan bersama.

Kelompok KKN 17 Desa Bantarpanjang mengangkat produk unggulan berupa Produk Keripik Jagung CI BAPA (Cibingbin-Bantarpanjang)  karena selain bisa dijual mentah (ke Bandar jagung), opsi lainnya jagung juga bisa diolah menjadi makanan atau cemilan yang enak dengan bahan yang simpel dan tidak membutuhkan modal yang besar. selain itu juga berpotensi bagi perkembangan dan berkelanjutan pelaku UKM yang ada di Desa Bantarpanjang dalam mengembangkan produksi dari bahan baku Jagung.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berdasarkan KKN Tematik Kewirausahaan KKN 17 Desa Bantarpanjang mengangkat produk unggulan berupa keripik jagung dari bahan baku jagung. Karena hasil tanaman jagung ini  menjadi peluang yang sangat menjanjikan untuk masyarakat sekitar. Dari hasil jagung yang melimpah, masyarakat dapat berpikir produk seperti apa yg akan dibuat dan juga memiliki sisi nilai ekonomis. sehingga dapat menjadi produk olahan yang berkualitas dan dapat menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi. 

Maka dari itu kami peserta KKN 17 dan masyarakat berinovasi untuk membuat olahan berupa kripik jagung.

Produk “Keripik Jagung” ini merupakan makanan atau cemilan hasil inovasi dari Kerupuk Jagung yang terbuat dari bahan baku Jagung juga. Jagung yang digunakan adalah jagung yang masih muda, dan juga dengan proses produksi yang simpel dan efektif (bisa selesai 1 hari produksi). 

Kripik jagung ini merupakan makanan ringan yang banyak diminati disemua kalangan masyarakat karena terdapat berbagai macam aneka rasa dan teksturnya yang renyah, sehingga memiliki daya tarik dan ciri khasnya tersendiri.

Kripik jagung ini cocok untuk menemani waktu santai,teman ngopi atau ngeteh, dan harganyapun sangat terjangkau. Keripik Jagung CI BAPA ini dibandrol dengan harga 10 ribu rupiah saja. 

Dengan adanya KKN Tematik Kewirausahaan, Produk “Keripik Jagung CI BAPA” ini diharapkan dapat menjadi terobosan baru bagi pelaku usaha kecil maupun besar di Desa Bantarpanjang dalam memanfaatkan peluang atau potensi lainnya sehingga masyarakat bisa lebih peka dan giat dalam memproduksi makanan dan terus membuat inovasi olahan makanan atau camilan yang terbuat dari bahan baku jagung tersebut. 

Harga Produk Rp. 10.000

61.Opak Mandja sebutan bagi makanan khas daerah, Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan..

Opak ini memiliki cita rasa khas yang bisa disukai dan dinikmati siapa saja.. Opak Mandja bisa dijadikan teman bersantai bersama orang – orang terkasih… Keluarga, teman – teman atau sanak sodara… 

  • Rasanya kriuk – kriuk
  • gurihnya pas
  • Varian rasanya ada original dan pedas
  • Kemasan yang mudah di bawa

Harga Produk Rp. 10.000

62.Gael-in aja!! Tempe Chips

Gendut atau kurus adalah pilihan, tapi urusan ngemil itu adalah kebutuhan,, salam sobat gael ???? Uniku jaya Karangmuncang sehat KKN 33.

63. Molagi Snack Cinana Chips

Keripik pisang CINANA CHIPS dari MOLAGI SNACK Cinana Chips Merupakan Produk unggulan Dari Desa Cineumbeuy Kecamatan Lebakwangi-Kuningan.

Keripik Pisang yang Kekinian Dan Lagi Nge-hitz Banget Loh, Mau Tau Kenapa ?? * Potongannya yang Tebal, membuat texture Cinana Chips menjadi renyah, garing dan tidak keras.

Taburan bumbu dengan rasa yang super Duper enak dan kekinian, takaran yang pas membuat Cinana Chips menjadi favorite semua kalangan.  

Harga yang sangat terjangkau *Detail rincian produk Cinana Chips.* • Kemasan Dari Thinwall sehingga Membuat keripik Pisang nya Tidak mudah Alot. • Expired date : 8 bulan • Kemasan Sangat eye catching saat difoto upload sosmed. *4 varian rasa Cinana Chips :* • Cinana Coklat • Cinana Jagung Bakar • Cinana Tiramisu • Cinana Green Tea

Harga Produk Rp. 20.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

64.SANGDANA merupakan produk inovasi unggulan desa sukadana bekerja sama dengan kelompok KKN 28 UNIKU 2020.

Sangdana merupakan makanan ringan berupa keripik pisang yang terbuat dari bahan dasar pisang nangka khas Desa Sukadana, yang diolah dengan cara tradisional tanpa bahan pengawet.

Sangdana memiliki varian rasa dengan rasa gurih, manis, dan pedas dan tekstur yang renyah ketika di santap. jadi dapat menarik konsumen untuk membeli dan menikmati sangdana diwaktu santai. Produk sangdana ini dapat di bawa kemana-mana dengan kemasan yang simpel dan menarik sehingga konsumen tidak susah untuk membawa nya. Produk sangdana saat ini baru tersedia dalam kemasan 200 grm, dan memiliki beberapa varian rasa diantaranya :

  • Rasa coklat
  • Rasa balado
  • Rasa pedas manis
  • Rasa jagung bakar
  • Rasa greantea
  • Rasa rumput laut

Harga Produk Rp. 10.000

65.Domat  (Dodol Tomat) Desa Sagarahiang

Merupakan produk inovasi dari tomat. Dengan memiliki berbagai varian rasa yaitu rasa pandan, nanas dan strawberry.

Domat merupakan cemilan yang terbuat dari bahan dasar tomat yang dibentuk seperti permen rasanya yang manis keasaman yang mengunggah selera.

Bahan dasar tomat segar yang diambil dari dataran tinggi sagarahiang serta mengandung gizi yang tinggi

Harga Produk Rp. 15.000

66.Papaya Chips (Sanggariang)

Bahan utama dari papaya chips adalah pepaya. Papaya chips mempunyai berbagai varian rasa yaitu original, pedas, coklat, dan green tea. Papaya chips merupakan produk yang bisa dinikmati kapan saja dan praktis dibawa kemana-mana.

Harga Produk Rp. 10.000

67.e-KTP (Emping Keripik Tempe Padamatang)

Produk yang terbuat dari bahan utama tempe ini dibuat menjadi keripik tempe dengan berbagai varian rasa, sedangkan yang berbahan utama melinjo dibuat menjadi emping. Kedua produk olahan tersebut dinamakan e-KTP (Emping Keripik Tempe Padamatang). Dinamakan e-KTP ini dimaksudkan supaya dapat menggabungkan kedua produk olahan tersebut dan dapat mudah di ingat oleh konsumen. Keripik tempe dan emping ini memiliki berbagai varian rasa yaitu:

  1. Keripik Tempe : asin, pedas, pedas daun jeruk. 
  2. Emping : keju, greentea, tiramisu

Harga Produk Rp. 10.000

68. GIMICI (Ginger Milk Cisantana)

Gimici adalah suatu brand produk minuman berasal dari cisantana yang mana di ambil dari singkatan Ginger Milk Cisantana.

Minuman serbuk yang berbahan dasar jahe dan susu murni asli, bahan-bahan yang di buat menggunakan bahan premium best quality ingredient dengan herbal dan rempah yang di satupadukan di produksi melalui serangkaian proses yang sangat higienis.

Gimici biasa kita sebut dengan susu jahe, dimana minuman ini disajikan secara instan dan sangat familiar bagi masyarakat Indonesia khususnya di wilayah yang bercuaca dingin dan bisa di temukan di mana saja selain rasanya nikmat hangat, mantap, juga sangat kaya akan manfaat bagi tubuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Produk Rp. 23.000

69. Gula Aren Leha (Desa Legokherang)

Gula Aren Leha merupakan produk unggulan Desa Legokherang. Gula Aren Leha 100% terjamin keasliannya tanpa bahan pengawet dan diambil langsung dari petani. Selain itu gula aren Leha sangat cocok untuk minum kopi atau jahe. 

Harga Produk Rp. 6.500

70.Biji Kopi Leha 

Biji Kopi yang sudah di sangray / Roasting terbuat dari biji kopi terbaik dengan harga yang terjangkau dan rasa tetap nikmat.

Harga Produk Rp. 10.000

71.Kopi Leha merupakan produk unggulan Desa Legokherang yang memiliki kualitas kopi yang sangat baik. Inilah yang membuat kopi leha berbeda dengan kopi biasanya. Kopi ini diyakini memiliki cita rasa yang lebih nikmat di lidah. Selain itu pula sangat di sarankan apabila dalam penyajian nya menggunakan Gula Aren Leha untuk lebih menambah Cita Rasa Khas Kopi Legokherang. 

Harga Produk Rp. 20.000

72.K’SINCAN (Desa Cantilan)
merupakan makanan ringan berupa keripik singkong yang terbuat dari singkong pilihan. Diolah secara alami tanpa bahan pengawet dengan rasa yang renyah, dan gurih.
K’SINCAN mengandung karbohidrat tinggi, protein dan lemak sehingga meskipun hanya berupa makanan ringan, K’SINCAN juga menyediakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Produk K’SINCAN memiliki 3 varian rasa yaitu asin, pedas dan seblak. Dengan rasa yang renyah, gurih dan unik dapat menarik perhatian konsumen untuk mencoba dan membeli produk K’SINCAN yang dapat dinikmati oleh konsumen. K’SINCAN memiliki kemasan yang menarik dan untuk saat ini hanya tersedia kemasan 75 gram saja.

73.Stik Ubi Manis (Desa Caracas)

Stik Ubi Manis  terbuat dari ubi bermutu tinggi dan tanpa bahan pengawet, sehingga rasanya pun terasa lebih enak dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Stik Ubi Manis Mempunyai Varian Rasa Coklat dengan berat produk 200 gr. Kemasan yang digunakan adalah standing pouch yang menarik dan mudah digunakan.

Harga Produk Rp. 10.000

74.Benji Atau bengbeg Hanjeli (Desa Cupasung)

Benji Atau bengbeg Hanjeli adalah Snack Atau Makanan Yang terbuat dari bahan dasar biji Hanjeli yang dipadukan dengan coklat yang memiliki 3 buah rasa yaitu rasa coklat, coklat putih dan strawberry.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Makanan ini cocok untuk dibawa pada saat kita lagi ngumpul sama teman maupun sama keluarga karena kemasan yang kecil yang mudah di bawa kemana – mana.

Dengan kerenyahan dan rasa coklat yang memikat. Membuat produk ini menjadi salah satu dambaan kaum muda untuk bersantai.

75. Angling Darma

Anging Darma adalah makanan khas kecamatan Darma , maka dari itu kita namakan angling darma , angling ini tebuat dari bahan dasar kelapa, tape singkong, gula merah dll,

Angling merupakan makanan tradisional yang memiliki tekstur hampir sama seperti dodol. namun dengan tape singkong yang menjadi bahan dasar dari angling ini menjadikan ciri khas dibandingkan yang lainnya. maka dari itu wajib sekali untuk kalian coba. 

 Harga Produk Rp. 6.000

76.Saroja (Cipasong)

Saroja merupakan salah satu produk UMKM yang ada di desa Cipasung. walau terhitung baru dalam dunia bisnis yaitu kurang lebih 2 tahun terakhir . Namun makanan ini sangat enak dinikmati bersama keluarga dikala berlibur. Saroja ini juga memiliki berbagai rasa ya itu asin dan pedas. jadi bikin penasaran kan bagaimana rasa dari saroja ini. Yuk bisa kalian order ke account kami.

Harga Produk Rp. 20.000..

77. Kopi Cipasung

Memang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kopi untuk saat ini. namunpernah kah kalian merasakan kopi dengan rasa yang berbeda dengan biasanya. ya cipasung memiliki banyak sekali kebun kopi.

Namun ada satu jenis kopi yang perlu kalian coba nih. jenis ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Perbedaan nya bisa kita ketahui dari aroma dan rasa nya.

Harganya pun masih bisa bersahabat kok dan rasanya ga kalah dengan kafe – kafe yang telah memiliki nama. Penasan kan bagaimana kopi khas Cipasung.

Yuk kalian bisa order diaccount sosial media kami. oh ya.. kopi juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita.. makin penasaran kan.. kalian bisa datang ke saung kadu yang ada diCipasung untuk lebihlanjut kita bisa kok sharing mengenai kopi khas Cipasung.

Harga Produk Rp. 30.000

Advertisement. Scroll to continue reading.

78. Kue Satu (Desa Cirea)

Merupakan kue kering tradisional populer yang terbuat dari tepung kacang hijau, bertekstur seperti butiran pasir yang mudah hancur, kemudian dibentuk menarik menjadi padat.

Dalam proses pembuatan kue satu, menggunakan alat cetak tradisional yang terbuat dari kayu dan sudah berbentuk menarik.

Selanjutnya dijemur hingga kering, Kue Satu ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama yaitu kurang lebih 4 bulan dari masa pembuatan serta Kue satu mampu membuat siapapun tertarik untuk mengkonsumsinya. 

Kue Satu sudah banyak sekali dijual ke berbagai daerah, salah satunya yaitu di Kuningan Jawa Barat maupun ke berbagai daerah lainnya.

Harga Produk Rp. 5.000

79. Kerupuk Jantung Pisang (Desa Koreak)

Kerupuk renyah yang terbuat dari tepung tapioka, bumbu rempah, dan jantung pisang. Tersedia dalam 3 varian rasa, ada rasa original, rasa pedas, dan rasa rumput laut. 

Harga Produk Rp. 10.000

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa Prodi S2 serta dosen Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan menggelar pengabdian masyarakat bersama lansia (lanjut usia) di Desa Jatipamor Kecamatan Panyingkiran,...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bertempat di halaman Mapolres, Kapolres Kuningan memimpin jalannya upacara serah terima jabatan beberapa PJU di jajaran Polres Kuningan, diantaranya Kasat Intelkam,...

Village

SELAJAMBE (MASS) – Anggota PGRI dan Kwaran Pramuka Selajambe ikut berpartisipasi dalam program TMMD ke 111 di wilayah Kodim 0615/ Kuningan di Desa Jamberama,...

Government

KUNINGAN (MASS) – Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang akan diperingati pada tanggal 26 Juni mendatang mendapat sambutan antusias dari masyarakat Kuningan. Salah satunya...

Advertisement