Sempat Tersesat, Satu Pendaki Gunung Ciremai Akhirnya Selamat

KUNINGAN (MASS)- Satu dari tujuh orang rombongan pendaki asal Losarang dan Jatibarang  Kabupaten Indramayu pada Minggu (7/7/2019) sempat tersesat di Gunung Ciremai. Kondisi ini membuat enam temannya sempat panik karena takut terjadi apa-apa.

Untungnya pada Senin (8/7/2019) pagi pendaki yang bernama  Fahrurizal asal Losarang itu selamat. Ia tiba di Blok Lambosir dan oleh petugas diantar ke Pos pendakian Linggarjati. Kejadian sempat membuaat heboh petugas dan rombongan.

Pada Minggu (7/7/ 2019) malam jam  22.00 WIB petugas pendakian Linggarjati berkoordinasi dengan Pos Pendakian Palutungan dan BTNGC untuk melakukan upaya pencarian. Pada saat ditemukan di Lambosir Kondisi Fahrurizal sehat.

Dari keterangan Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mualudin ,rombongan pendaki itut terdari  Aji Maulana Pamungkas (23),  Alfani Subakti (23 ),  Farhat Riza F (23 ). Lalu, Saeful Firza ( 22), Hadi Arsad (23), Rizal S (23), dan Fahrurizal ( 23).

Fahrurizal lanjut Agus,  tersesat karena salah mengikuti jalur di Blok Pangasinan Jalur Pendakian Linggarjati sehingga tersesat ke jalur pendakian Setianegara dan akhirnya turun dengan selamat sampai ke Lambosir.

Diterangan, hari Sabtu  (6/7/2019)  jam 03.00 WIB rombongan tiba di Palutungan dan langsung naik tanpa melakukan registrasi/pendaftaran ke Pos Pendakian Palutungan. Kemudian   pada  Sabtu  jam 13.00 WIB rombongan tiba di Blok Pasanggrahan Jalur pendakian Palutungan dan memasang tenda untuk camp istirahat.

Setelah itu pada hari Minggu (7/7/2019)  jam 03.00 WIB rombongan melakukan pendakian menuju puncak ciremai dan langsung menuju jalur pendakian linggarjati untuk turunnya.  Saat turun di blok Pangasinan jalur pendakian Linggarjati, Fahrurizal mendahului dan memisahkan diri dari rombongan dan salah mengikuti jalur.

“Dikiranya jalur pendakian tetapi saluran air hingga tersesat.  Sementara 6 anggota lainnya turun dan sampai pos pendakian Linggarjati  Minggu malam  jam 20.00 WIB.

Sampai pukul 21.00 WIB, Fahrurizal yang saat turun dari puncak mendahuli  ternyata belum sampai juga di pos pendakian Linggarjati dan saat perjalanan turun juga tidak bertemu. Karena takut terjadi apa-apa akhirnya rombongan melaporkan kejadian tersebut ke pos pendakian Linggarjati

” Pada  Minnggu   jam  22.00 WIB petugas pendakian Linggarjati langsung berkoordinasi dengan Pos Pendakian Palutungan dan BTNGC untuk melakukan upaya pencarian,” jelasnya.

Pada  Senin  (8/7/2019)  jam  08.00 WIB Fahrurizal sampai ke blok Lambosir Setianegara.  Oleh petugas pengelola wisata Lambosir Fahrurizal di antar ke Pos pendakian Linggarjati. Saat ini Kondisi Fahrurizal dalam keadaan sehat.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com