Pergi ke Pasar, Tungku Masih Menyala, dan Akhirnya Rumah Terbakar

KUNINGAN (MASS) – Entah karena lupa atau memang sang pemilik buru-buru pergi ke pasar, sebuah rumah permanen milik Rauf (65)/Juju (alm) yang berada di Jalan Raya Cigadung RT 03/ 01 Kecamatan Cigugur terbakar.

Kejadian terbakarnya bangunan dengan ukuran 12 x 12 = 144 m2 itu pada jam 07.40 WIB. Pada 07.40 WIB salah seorang warga yang bernama Emod (54) dan Warso (58) melihat kepulan asap dari atap rumah Rauf.

Dengan dibantu warga sekitar, rumah kosong yang ditinggal pemilik ke pasar itu didobrak pintunya . Hal ini agar bisa memadamkan api.

Pada saat kejadian sekitar pkl 08.00 WIB anggota Satpol PP yang kebetulan sedang melakukan Patroli melihat kejadian kebakaran dan segera melaporkan kejadian kebakaran ke Mako UPT Damkar.

Tak berselang lama 2 randis Damkar dan 10 anggota Damkar berangkat menuju TKP dan tiba pukul 08.05 WIB, Mereka dibantu warga sekitar, Anggota Satpol PP, Polsek Cigugur berhasil memadamkan api.

Sehingga hal ini tidak sampai api merembat ke bangunan lainnya dan selesai pemadaman sekitar pukul 08.40 WIB (+-35 menit).

“Penyebab kebakaran diduga dari api yang berasal dari tungku yang masih menyala yang ditinggalkan pemilik rumah,” ujar Plt UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti.

Ia menyebutkan, taksiran kerugian sebesar Rp21 juta. Adapun rincianya adalah bangunan yang terbakar seluas 20 M2 X Rp1 juta = Rp.20 juta dan Rp1 juta perabotan rumah tangga.

Khadafi meminta warga tetap waspada dan hati-hati apabila pada saat meninggalkan rumah. Lakukan pengecekan terhadap potensi kebakaran agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi.

“Tetap hati-hati dan waspada kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Apabila terjadi kebakaran segera laporakan ,jangan panik lakukan upaya pncegahan untuk meminimalisir kebakaran merambat ke tempat lainnnya,” pesannya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com