Gara-gara Colokan, Rugi Rp195 Juta

KUNINGAN (MASS)- Jangan sepelekan colokan listrik di rumah, apabila tidak ingin bernasib seperti pasutri bernama Lambas Simatupang (43) dan Desmita Simamora (43)  warga RT 14/06 Block C Perumahan Cigintung Kelurahan Cigintung Kecamtan Kuningan.

Akibat colokan listrik yang tersambung ke kabel televisi tidak SNI, maka menyebabkan korsleting listrik sehingga rumahnya yang berukuran 8 X 12 meter ludes terbakar.

Kejadian kebakaran pertama kali diketahui oleh pemilik rumah Minggu dinihari sekitar jam 03.00 WIB. Api bersumber dari  ruang TV dan kemudian merebet ke bagain atap rumah.

Untungnya pada saat kejadian ada warga yang bernama Hamid (53) yang merupakan tetangga korban menelpon petugas Damkar. Laporan masuk sekitar 20 menit setelah kejadian.

Begitu petugas Damkar sudah tiba di Blok mereka tidak bisa masuk karena terhalang portal. Kondisi ini membuat petugas berputar arah sehingga tidak tertangani secara cepat.

Selain bangunan yang terbakar, juga ikut terbakar peralatan elektronik seperti  TV Flat 42 inchi,  kipas angin,  kulkas,  mesin cuci,  speker aktiv dan yang lannya.

Peralatan rumah rumah tangga yakni lemari pakaian, kursi tamu,  meja tamu,  buffet ( kayu jati full set) dan surat-surat berharga lainnya ludes terbakar, sehinga total kerugian mencapai Rp195 juta.

“Kami menerjunkan dua unit mobil sehingga api bisa dijinakan dan tidak merembet ke tempat lain,” ujar Kepala UPTD Damkar Bambang Hernaedi MM kepada kuninganmass.com

Bambang yang didampingi Kasubag TU Khadafi Mukti mengingatkan,    hendaknya setiap pemilik rumah rutin melakukan pemeriksaan terhadap sistem kelistrikan seperti  kabel,  sikring, lampu dan lain-lain. Hal ini untuk menjaga dari bahaya kebakaran.

“Sekali lagi jangan lalai, ketika lengah maka bahaya mengintai,” pungkasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com