Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Ikuti Gebyar Pramuka, SMAGAR Boyong 5 Piala

KUNINGAN (MASS) – Gerakan Pramuka Gudep 08055-08056 Ambalan Kiansantang-Rarasantang Pangkalan SMAN 1 Garawangi (SMAGAR) berhasil memboyong piala bergilir Bupati Kuningan pada Gebyar Pramuka IX Tingkat Penggalang dan Penegak se-Kabupaten Kuningan yang digelar UKM Pramuka Racana Adipati Kuningan-Nyi Mas Kencanawati.

Gebyar Pramuka sendiri, digelar pada akhir bulan November lalu tepatnya pada Sabtu-Minggu (26-27/11/2022) kemarin.

Setidaknya, ada 5 piala yang diraih pangkalan SMAN 1 Garawangi diantaranya juara 1 pentas seni penegak, juara 3 pioneering penegak putra, juara harapan 1 pioneering penegak putri, dan juara umum penegak. Karena itulah, SMAGAR berhak memboyong Piala Bergilir Bupati Kuningan.

Adapun, kegiatan sendiri diikuti oleh hampir seluruh SMA/SMK/MAN, SMP/MTS se-Kabupaten Kuningan, entah itu swasta maupun negri, di tingkat Penggalang dan Penegak.

Kabar gembira itu, dikabarkan langsung Pembina Pramuka SMAGAR Jajang Zaini Rois ST M Kom. Dirinya menjelaskan, secara khusus piala apa saja yang berhasil diboyong anak didiknya. Untuk pentas seni misalnya, yang ditampilkan adalah seni budaya tradisional khas Kuningan yaitu seni Cingcowong.

Cingcowong ini, lanjutnya, merupakan salah satu budaya seni asli dari Kuningan tepat nya dari  Luragung, sebuah ritual untuk mendatang kan hujan. Dan hal itu, kata Jajang, mungkin yang membuat juri menjatuhkan pilihannya ke pangkalannya.

Apalagi, kata Jajang, bisa dibilang yang ditampilkan adalah kesenian yang originalitas dan sesuai dengan Juknis pada waktu techical meeting. Pangkalan yang lain lebih banyak menampilkan unsur-unsur seni tradisional modern.

“Alhamdulillah ini merupakan capaian yang luar biasa, ternyata target kami untuk menjadi juara umum bukan hanya mimpi, tapi betul-betul bisa terwujud. Ini berkat kegigihan anak-anak dalam latihan yang tanpa mengenal lelah tiap hari terus berlatih karena kami yakin bahwa proses tidak akan menghianati hasil,” ujarnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Esi (E-sport Indonesia) Kabupaten Kuningan datang ke sekolah-sekolah mensosialisikan e-sport bagi pelajar. Ternyar, mereka datang ke SMA N 1 Garawangi. Kunjungan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 280 siswa dari Gudep 03053-03054 pangkalan SMAN 1 Subang Kecamatan Subang, nampak mengikuti kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA). Kegiatan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ratusan santri Al-Mutawally mengikuti Kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) yang digelar Kepanduan Pramuka Al-Mutawally (KPMA). Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal...

Education

KUNINGAN (MASS) – Terbalut dengan aksesoris berwarna merah putih, anak-anak TK Al Ghifari tampak antusias memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Selain memeriahkan HUT Kemerdekaan...

Advertisement