Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Ikan “Raksasa” Kembali Ditangkap

KUNINGAN (MASS) – Waduk Darma kembali memberi berkah bagi warga sekitar. Hal ini setelah para petani Keramba Jaring Apung (KJA) kembali menangkap ikan raksasa.

Kali ini ikan yang ditangkap berukuran 37 kg, lebih besar dari ikan sebelumnya seberat 30 Kg. Warga sekitar menyebutnya ikan “bandeng” padahal bukan.

Ikan seberat 37 Kg itu terjaring oleh Oyo yang merupakan petani KJA Desa Darma. Jaring dipasang malam hari dan pada Jumat ternyata ada ikan besar tersangkut.

Oyo kaget dan berteriak meminta bantuan warga dan ikan itu berhasil diangkat ke darat dan menjadi tontonan warga.

Ikan tersebut setelah ditimbang beratnya 37 Kg. Mengenai jenis ikan ini menjadi perdebatan.

“Iya tadi dapat lagi. Saya mencoba mengangkat, emang sangat berat dan ketika ditimbang 37 Kg. Biasanya ikan selalu dijual kepada warga yang membutuhkan,” ujar Nanang warga setempat.

Memang beberapa waktu lalu ada ikan bandeng yang ukuran besar berhasil diangkap warga. Tapi, jenis ikan raksasa ini lebih condong ke ikan young ikan dari Cina.

Sementara itu, meski ikan itu disebut ikan “bandeng”, Oyon warga Jagara yang juga Ketua Kompepar Jagara menyebutkan, ikan yang ditangkap oleh nelayan itu sering disebut ikan Cina.

“Dulu ikan ini dibudidayakan di jaring keramba. Namun, pada tahun 2016 jebol sehingga menyebar ke waduk. Ikan ini memang tumbuh besar dan yang akan dibutuhkan adalah bagian kepalanya,” ujar Oyon.

Berita sebelumnya: https://kuninganmass.com/petani-kja-tangkap-ikan-bandeng-raksasa-di-waduk-darma/

Dibagian kepala itu diambil cairan minyaknya untuk obat, pada tahun sebelumnya juga ada yang tertangkap dan ukurannya tidak jauh berbeda.

“Masalah ikan Cina ini mantan Kades Umar lebih mengetahuinya karena pernah melakukan budidaya,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diterangkan, ikan ini dagingnya tidak enak sehingga kurang disenangi oleh warga.

“Dulu tahun 2018 saya juga pernah menangkap beratnya 54 Kg.  Namun tidak heboh karena tidak terekpos,” jelasnya.

Oyon menyebutkan, sebelum penangkapan ikan ‘raksasa’ itu, juga ada nelayan yang berhasil menangkap yang berukuran 15 Kg. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

BNNK

Bappenda

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Terjadinya penurunan level PPKM dari level 4 menjadi PPKM Level 3 yang diterapkan di Kuningan, tidak membuat kegiatan operasi yustisi yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ibu Sarwi (73) salah seorang warga Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan begitu sumringah ketika melihat rombongan Polres Kuningan mendatangi rumahnya. Kedatangan mereka...

Government

KUNINGAN (MASS) – Staf téritorial Kodim 0615/Kuningan meninjau lokasi jalan yang rencananya akan diperbaiki lewat program Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS). Jalan yang akan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Polres Kuningan terus bergerak membantu masyarakat dengan menggelar bakti sosial (baksos) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan....

Advertisement