Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Hibur Warga, Cepot Nyantri Pentas Di Kertaunggaran

SINDANGAGUNG (MASS) – Ratusan warga Desa Kertaunggaran Kecamatan Sindangagung, nampak sumringah serta tertawa-tawa saat menonton pertunjukan wayang golek, Rabu (6/7/2022) malam.

Ya, pertunjukan itu digelar di Dusun Manis dalam rangka memeriahkan tasyakur walimatul khitan Nazar Aidil Akbar, putra dari Ki Anom Al Aziz dan Umu Enes (almrh).

Pentas wayang golek yang bertajuk Cepot Nyantri itu, didalangi Anton Wartono. Penonton nampak antusias dan meriah. Nampak pula, yang datang bukan hanya dari warga sekitar.

Sohibul hajat, Ki Anom Al Aziz, pimpinan Majelis Dzikir dan Mudzakaroh Al Ikhlas – yayasan Al Aziz Mubarok mengatakan, tasyakur ini digelar untuk memberikan kebahagiaan bagi warga.

Meski bertujuan menghibur, namun pertunjukan wayang golek yang ditampilkan di tempatnya ini, juga bertujuan untuk menanamkan petuah-petuah kebaikan.

“Pertunjukan wayang ini, (isinya) tausiyah, bukan berkisah,” sebut Ki Anom.

Dikatakan Ki Anom, Nazar Aidil Akbar sendiri merupakan putra keduanya yang kini berusia 12 tahun. Pertunjukan ini, selain untuk menghibur warga, juga untuk membahagiakan pada sang anak.

Pentas Cepot Nyantri sendiri, makin malam terlihat makin digandrungi dan disambut tawa bahagia penonton. Meski begitu, banyak hikmah dan pelajaran serta intisari hidup yang diselipkan dalang asal Cilacap itu dalam pertunjukan. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Sabtu malam  warga  Desa Bayuning Kecamatan Kadugede tumplek di depan kantor desa. Mereka dihibur dengan pertunjukan wayang golek Pepadi Kuningan. Pertunjukan Wayang...

Education

BREBES (MASS) – Dalam rangka penutupan KKN PDik STKIP Muhammadiyah Kuningan dan memperingati HUT RI ke-74, mahasiswa PBSD sekaligus dalang muda, Irwana PRG Sunarya...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dalam Menyambut Hari Jadi Kuningan yang ke 521 dan Hut RI 74 Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Panitia Hari-hari Besar Nasional ...

Education

KUNINGAN (MASS)- Wayang Golek ‘Pusaka Aria Kamuning 3’ pimpinan Dalang Ki Aan Anjasmara Hamzah HS yang berada di bawah binaan Universitas Kuningan (Uniku) tampil ...

Advertisement