Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Hebat, Pertama Kali Ikut, Uniku Lolos Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia

KUNINGAN (MASS)  – Di masa pandemic covid 19, Universitas Kuningan (Uniku) yang notabene sebagai kampus pertama dan menjadi kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan, terus mengukir menorehkan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama lembaganya di kancah nasional.

Kali ini, Uniku mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) sebagai salah satu perguruan tinggi yang lolos pada program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021.

Informasi terkait lolosnya perguruan tinggi yang tergabung dalam UI Green Metric dan terkenal dengan jargonya “Green Campus”, diperoleh dari surat yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI tanggal 26 Juni 2021 dengan nomor 2861/E2/KM.07.00/2021.

“Alhamdulillah, Uniku kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah dengan lolosnya pada program KMMI tahun 202,” ujar Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi, SE MSi dengan didampingi para Wakil Rektornya, Selasa (29/06/2021).

Dikatakan, Pertama kali ikut, Uniku langsung mendapatkan kepercayaan. Ini anugrah dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan bahwa Uniku memiliki kualitas dan berdaya saing.

“Perlu dicatat, hanya beberapa perguruan tinggi saja di Jawa Barat yang dinyatakan lolos pada program tersebut,”  tambahnya.

Menurutnya, program KMMI ini dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, telah menawarkan kepada perguruan tinggi untuk melaksanakan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) 2021.

“Sampai saat ini, proses sosialisasi, penawaran program kepada perguruan tinggi dan seleksi tahap I berupa administrasi dan proposal serta seleksi tahap II yaitu wawancara kepada perguruan tinggi calon pelaksana program KMMI telah terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, Uniku sebagai salah satu perguruan tinggi yang lolos seleksi tahap 2 dan didanai untuk melaksanakan program KMMI tahun 2021.

“Daftar course dan jumlah mahasiswa yang disetujui untuk setiap perguruan tinggi dapat dilihat melalui sistem akun KMMI masing-masing perguruan tinggi melalui laman https://kmmi.kemdikbud.go.id/. Uniku siap melaksanakan program tersebut,” tuturnya.

Dijelaskannya, Uniku sekarang sedang mempersiapkan pengisian formulir dan akan menandatangani kontrak kerja.

“Antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi (Uniku) melalui tautan https://s.id/FormIsianKMMI2021 paling lambat tanggal 2 Juli 2021,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dikdik mengungkapkan, Uniku versitas berkomitmen untuk terus mengupayakan berbagai program pengembangan mahasiswa sehingga Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia selaras dengan pola yang selama ini telah dikembangkan Universitas Kuningan (Uniku).

Sebagai bukti komitmen Uniku dalam mendukung program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI), maka Uniku untuk menyiapkan pengembangan studio bahan ajar, penyediaan alat-alat pengembang bahan ajar serta pengadaan alat-alat penunjang kegiatan.

Dikatakan, Tim Pelaksana adalah tim yang dibuat berdasarkan SK Rektor dengan Ketua Pelaksana adalah Kepala Biro Kemahasiswaan dan Akademik sesuai bidang program KMMI.

Sementara itu  kesiapan modul yang akan digunakan dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) sudah mencapai 75 % dan dijadwalkan pada minggu ke 4 Juni mencapai 100 %.

“Tim pengajar yang akan terlibat dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) berjumlah 73 orang dengan komposisi 46 pengajar internal dan 27 pengajar dari mitra DUDI,” katanya.

Lebih lanjut , untuk menjamin pelaksanaan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Uniku menyiapkan dua peraturan yang mengatur proses pelaksanaan program KMMI.

“Seperti peraturan Rektor No 812/UNIKU-KNG/PP/2021 SK SOP pelaksanaan program KMMI dan peraturan Rektor No 812/UNIKU-KNG/PP/2021 SK SOP pelaksanaan program KMMI,” sambungnya.

Diakhir keterangannya, Dikdik berharap, semoga setiap proses yang sedang dijalani dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. .

Sekedar informasi saja, Uniku juga di tahun 2021 sedang berjuang pada program PHP2D, Kontes Tari Nasional dan Pilmapres.

“Semoga, kembali mendapatkan kepercayaan dan mengharumkan nama Uniku di kancah nasional. Uniku Jaya,” pungkasnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Uniku

You May Also Like

Village

KUNINGAN (MASS) -Sebagai salah satu upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), BNN Kabupaten Kuningan melaksanakan rapat kordinasi program ketahanan keluarga...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Kamis, 19 Dzulhijjah 1442 H / 29 Juli 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚المسلم الحق؛ لا ييأس ولا يقنط، وهو...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bunda Forum Anak Darah Kabupaten Kuningan, Hj Ika  Siti Rahmatika SE pada Puncak Hari Anak Nasional ikut berkomentar. Istri bupati itu...

Government

KUNINGAN (MASS) – Untuk memantau kegiatan vaksinasi berjalan lancar sekaligus pengecekan di beberapa Posko Covid-19 PPKM Level 3 berjalan efektif, Kapolsek Ciawigebang, Rabu (28/07/21)...

Advertisement