Wajib Baca! Info Penting Wilayah Potensi Gerakan Tanah di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merilis wilayah potensi gerakan tanang di Kabupaten Kuningan selama bulan Maret. Potensi gerakan tanah di kota kuda nyaris merata.

Sebagai bukti untuk Kecamatan Ciawigebang potensinya adalah menengah dan tinggi. Selain itu pontensi gerakan tanah yang sama dengan Ciawigebang adalah Cibeureum, Cibingbin, Cidahu dan Ciangamekar.

Khusus Cigandamekar, selain menengah dan tinggi, ada potensi yang lain yang bisa mengancam yakni  potensi akan terjadi banjir bandang. Untuk banjir bandang bisa terjadi juga  di Cigugur, Cilimus, Jalaksana, Mandirancan, Pancalang, Selajambe dan Pasawahan.

Sementara itu, Badan Meteorlogi Klimatologi Balai Besar  Wilayah II Stasiun Meteorlogo Majalengka pada tanggal 28 Februari sudah mengeluarkan surat keterangan cuaca. Dalam  rilisnyanya berdasarkan peta perkiaran curah hujan bulan Maret.

Untuk wilayah Kuningan diperkirakan curah hujan 200-5.000 MM/bulan  dalam kategori menengah hingga tinggi. Perkiran ini ternyata benar kerena nyaris sepanjang hari Kuningan diguyur hujan.

“Itu data penting agar warga lebih waspada dengan potensi bencana yang akan ditimbulkan di Kuningan,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com