Wabup Desem Turun ke Sejumlah Lokasi Longsor

KUNINGAN (Mass) – Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada turun langsung meninjau sejumlah lokasi longsor yang terjadi di beberapa titik yang ada di wilayah Kuningan. Sejumlah longsor seperti di Pamulihan, Cisantana, Longkewang, dan Haurkuning tak luput dari aksi empatinya untuk terjun langsung melihat kondisi warganya.

Seperti di Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang misalnya, Wabup Desem sapaan akrab Wakil Bupati didampingi aparatur kecamatan setempat, meninjau lokasi tanah longsor di RT04 RW03 Dusun Puhun Haurkuning. Dari informasi yang diperoleh, musibah itu terjadi begitu cepat ketika hujan turun cukup deras pada Pukul 14.30 Kamis (12/1) lalu.

Akibat musibah itu, dua rumah milik Sukarto (80) dan Iwan Nurwana (37) terancam tergerus longsor setinggi sekitar enam meter dengan panjang 10 meter. Tindakan sementara untuk mengantisipasi longsor susulan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dengan menutupi gerusan longsor akibat adanya retakan tanah sekitar 16 meter.

Karenanya, warga sangat berharap agar ada upaya pemerintah untuk membantu memperbaiki tebing dengan pembuatan (Tembok Penahan Tebing) agar tidak terjadi longsor yang lebih parah.

Wabup Desem sendiri mengaku, sengaja datang ke lokasi musibah longsor sebagi bentuk perhatian pemerintah daerah kepada warganya. Dirinya sempat meninjau beberapa sudut permukiman warga dekat lokasi longsor, sekaligus memberikan imbauan agar warga selalu waspada akibat curah hujan yang masih cukup tinggi.

“Kami harap warga masyarakat khususnya yang dekat dengan tebing agar bisa berhati-hati dan selalu waspada. Sebab, curah hujan masih cukup tinggi, dan musibah bisa datang kapan saja,” pintanya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com