Tour de Linggarjati Resmi Ditutup, Ini Juara Umumnya

KUNINGAN (MASS)- Even nasional bertaraf internasional Tour de Linggarjati III akhirnya resmi ditutup oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama MH.  Balap sepeda yang dikuti oleh 215 atltet itu itu berlangsung dari tanggal 1-3 Desember 2017.

TdL yang dibagi  tiga kelas itu menghasilkan nama Agung Ali Sahbana dari KFC Cyling Team sebagai juara umum putra. Pria kelahiran Tasikmalaya 3 Maret 1988 berhak mendapatkan kaos kuning. Ia pada hari kedua etafe TdL juara di kelas Men Elit yang menempuh jarak 119,60 Km dengan wakttu 2 jam, 55 menit, 50 detik.

Bagi Agung ini merupakan kali kedua ia juara berturut-turut di TdL , setelah sebelunya juara pada tahun 2016. Sedangkan untuk juara umum perempuan disabet oleh  Ayustina Delia Priatna dari Aura Cyling Team. Pada etafe kedua ia melahap jarak 63,90 KM  dengan waktu 2 jam 12 menit.

Dengan begitu pada Nomor Individual Road Race kelas Women Elit  Ayustina Juaranya. Ia mengalahkan rekan setimnya Yanthi Fuchiyanti.

Sementara itu untuk kaos kuning Men Junior disabet oleh Wan Abdul Rahman Bin Hamda dari Persatuan Lumba Basikal Trengganu Malaysia., Men Youth oleh Angga Dwi Wahyu Prahesta dari PPLP Jatim. Sedangkan, kaos kuning Women Junior disabet oleh Ezza Fifiyana S Binti Shaefulah dari Persatuan Lumba Basikal Trengganu Malaysia dan terakhir Women Youth Dewika Mulya Sova dari Aurora Cyling Team.

“Selamat kepada para atlet yang meraih juara. Semoga tahun depan TdL lebih semarak dan juga banyak diikuti oleh pembalap terutama dari luar negeri,” ucap Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Sementara itu, Pembina LCC  Muhammad Irham  mengatakan, diharapkan TdL ini terus berkelanjutan setiap tahun. TdL ini hasil kerjasama dengan LCC.

“TdL ini untuk mengangkat atlet Kuningan untuk beprestasi ditingkat nasional, sehingga harus terus digelar,” ujar Irham.

Ia memberikan, penilaian rute TdL sangat menantang terutama dengan turunannya. Bagi atlet yang berprestasi medan ini sangat menangtang dan mereka harus berani.

Sekedar infromasi LCC (Lomba Customs Cycling) adalah Lomba Balap Sepeda Nasional yang di selenggarakan oleh Direktorat Jendral Bea Cukai bersama Perusahaan – Perusahaan Swasta seperti DJARUM FOUNDATION, ISOPLUS, EDII, dan NESTLE Indonesia.

Juara umum Putri Tdl Ayustina Delia Priatna dari Aura Cyling Team

 

Terpisah, Ketua Panitia Agus Sadeli Mengatakan, pihaknya merasa puas dengan suskesnya TdL. Baginya kegiatan ini merupakan kali pertama dan Allhamdulillah berjalan lancar.

“Semoga pada TdL berikutnya akan lebih sukses. Saya tidak bisa membandingan TdL tahun ini dengan tahun lalu karena tahun 2017 hasil kerjasama dengan LCC dan tahun lalu dengan EO,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Agus menegaskan  Test Event Asian Games yang rencananya digelar Hari Minggu 3 Desember 2017 dengan Start Pendopo Ciamis dan Finish Pendopo Kuningan batal digelar. Hal ini karena para atlet tidak siap.

“Para atlet siapnya di tiga nomor yang kita perlombakan. Kami menilai terjadi miss komunikasi antara pantia disana dengan para atlet. Padahal dari segi hadiah cukup besar yakni Rp5 juta,” jelasnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com