Percantik Waduk Darma, Rp40 Miliar Dipersiapkan

KUNINGAN (MASS)-Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil menyebutkan, untuk alokasi dana revitalisasi Waduk Darma akan dianggaran Rp40 miliar. Dana itu akan anggaran 2021.

“Untuk 2020 sudah sebesar Rp9 miliar dan sebenarnya untuk 2021 inginnya bukan hanya Rp40 miliar tapi sampai Rp100 miliar, tapi  kita harus melihat kemampuan dulu,” ujar Kang Emil ketika berkunjung ke Waduk Darma Sabtu (17/10/2020) sore.

Kang Emil mengatakan,  aloaski Rp40 miliar untuk mewujukan Waduk Darma sebagai destinasi wisata internasional. Pihaknya ingin menyulup menjadi waduk terindah di dunia.

Setelah beres lanjut akan diserahkan kepada bupati untuk dikeloa dengan baik terutama untuk menjalankan even-even menarik seperti balap perahu atau lainnya.

Ia mengaku sengaja ke waduk ingin melihat sudah sejauh mana pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahap pertama..

Gubernur memberikan dukungan agar ekonomi di desa pariwisata meningkat. Sejauh ini, sudah ada bantuan untuk beberapa desa wisata terbaik di Indonesia yaitu Desa Cibuntu, Desa Cipasung, destinasi di gunung ciremai, situ biru, dan lainnya.

Hal Ini merupakan dukungan konkrit dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar ekonomi kota dan kabupaten, khususnya Kuningan yang mayoritas adalah pertanian dapat diimbangi oleh ekonomi kunjungan wisata.

Dalam kesempatan ini, Emil menanggapi acara Sedekah Bumi di Desa Cibuntu. Menurutnya, jika 5000 desa di Jawa Barat melakukan seperti Cibuntu, diperkirakan akan sangat luar biasa terutama pelestarian budaya tetap terkendali.

Menurut Ridwan Kamil, kontribusi pariwisata selama covid mengalami penurunan. Jika weekend biasanya 65%, saat ini persentase kinjungan hanya sebesar 30%.

“Recovery ekonomi di Jawa Barat cukup cepat dibandingkan Bali karena tidak mengandalkan penerbangan,” ujarnya yanh didampingi Bupati Acep.

Saat pandemi seperti ini, pariwisata yang paling jaga jarak saat ini adalah naik sepeda atau motor

Sekadar informasi akibat pandemi dana anggaran Rp110 miliar untuk revitalisasi tahap dua dikurangi. Pemprov Jabar hanya mampu Rp40 miliar karena ada wabah corona

Menurut Pengelola Waduk Darma Adam Firdaus pasca AKB meski dibatasi. Namun, jumlah pengunjung cukup bagus.

” Mereka banyak yang penasaran dengan hasil tahap pertama,” ujarnya. (agus)