Kuota Ditambah, Calhaj Antusias Lunasi BPIH

KUNINGAN (Mass)- Setelah kuota untuk calhaj tahun 2017 ditambah dari semula 782 orang menjadi 996 orang. Para calhaj sangat antusias untuk melunasi sisa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Ini terlihat dari penuhnya pengunjung di lima bank yang ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran (BPS). Di Kuningan ada lima BPS yakni BSM, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat dan BTN.

“Karena sudah positif masuk ke pemberangkatan tahun ini maka saya langsung melunasi. Selain lebih tenang juga agar proses pembuatan paspor dan visa lebih cepat,” ucap Lili Karmela kepada kuninganmass.com, Rabu (12/4/2017) di Bank Syariah Mandiri Kuningan.

Sementara itu, Kasie Penyelanggara Haji dan Umroh Kemenag Kuningan H Hamzah Rukmana membenarkan, kuota calhaj pada tahun meningkat. Kalau sebelumnya hanya 782 kini menjadi 996 orang.

“Setelah dinormalkan dari pemangkasan 20 persen ternyata Kuningan diberikan penambahan kuota sebanyak 41 orang. Dengan adanya penambahan maka jumah daftar tunggu tidak begitu panjang,” jelas Hamzah yang diampingii Nurul Komar salah satu stafnya.

Mengenai BPIH, Hamzah menyebutkan, tahun ini untuk embarkasi Jabar sebesar Rp34.306.780 atau mengalami kenaikan Rp200 ribu dari tahun lalu. Pihaknya berharap calhaj segera melunasi agar proses selanjutnya berjalan lebih cepat.

Disebutkan, untuk pelusanan ada dua gelombang. Untuk gelombang pertama dari mulai tanggal 10 April hingga 5 Mei. Sedangkan gelombang kedua tanggal 22 Mei hingga 2 Juni. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com