Kebutuhan Air Bersih Naik 2 Kali Lipat, Gimana Antisipasi PDAM?

KUNINGAN (MASS) – Pada masa libur panjang nanti diprediksikan kebutuhan air bersih masyarakat Kuningan naik 2 kali lipat. Tidak tanggung-tanggung, masa cuti bersama nanti pun begitu panjang hingga 9 hari. Panjangnya masa tersebut membuat PDAM Tirta Kamuning melakukan antisipasi sejak dini.

“Pemerintah telah menetapkan bahwa libur cuti bersama yang akan dijalani oleh aparatur sipil Negara (ASN) ataupun para pegawai di BUMN, BUMD serta perusahaan swasta akan dimulai hari Sabtu tanggal 1 sampai 9 Juni. Hari Kamis 30 Mei juga libur nasional, sehingga kemungkinan arus mudik mulai besok,” ujar Direktur PDAM, H Deni Erlanda SE MSi, Rabu (29/5/2019).

Dalam rangka menghadapi panjangnya masa libur seiring dengan melonjaknya kebutuhan air bersih, manajemen PDAM menggelar rapat khusus persiapan pelayanan jelang hari raya. Deni didampingi Kepala Divisi Pelayanan dan Pemasaran Anto Riyanto serta Kepala Divisi Transmisi dan Distribusi Maman Suherman, menyatakan telah diantisipasi.

“Secara umum persediaan air saat ini dinilai masih mencukupi untuk melayani ± 49 ribu pelanggan aktif yang terkoneksi. Namun demikian keadaan topografi Kabupaten Kuningan yang naik turun serta kondisi jaringan distribusi yang belum optimal dimungkinkan terjadinya pelayanan PDAM yang tidak optimal terutama pada saat jam puncak di sebagian masyarakat,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman dan evaluasi yang telah dilakukan, sebagian besar pelanggan saat ini diprediksi dapat menikmati pelayanan seperti biasa. Kecuali sebagian pelanggan yang berada pada elevasi lebih tinggi. Estimasinya secara teknis mungkin sekitar 25-30% pelanggan yang tidak terlayani secara optimal yaitu di daerah Cabang Ciawigebang, Cidahu dan Japara.

“Itupun kami upayakan agar tetap mendapat pelayanan walaupun tidak 24 jam. Sebagai antisipasinya, sesuai laporan dan permintaan dari masyarakat pada beberapa wilayah pelayanan telah kami lakukan perbaikan sistem, bahkan apabila kondisi pelayanan masih tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya kami telah menyiapkan armada pelayanan darurat melalui mobil tangki secara gratis,” papar dia.

Deni meminta dukungan dan doa semoga selama masa libur ini tidak terjadi hal-hal diluar kendali yang dapat mengganggu pelayanan. Pihaknya telah menyiapkan petugas piket di seluruh kantor pelayanan.

“Oleh karena itu mohon kerjasamanya pada seluruh masyarakat apabila menghadapi kendala terhadap pelayanan kami dapat menghubungi call center 24 jam di 0232 871190, atau melalui SMS center di 085295850666 (bisa juga pakai Whatsapp), Facebook jendela sitirkam, twitter @pdamkuningan serta IG sitirkam,” bebernya.

Agar penanganan bisa berjalan dengan baik, Deni meminta agar disampaikan secara jelas laporan dengan mencantumkan alamat lokasi serta nomor kontak yang dapat dihubungi. Pelanggan juga, tambahnya, dapat berinteraksi untuk mengetahui informasi-informasi dengan mendownload aplikasi Info Sitirkam (Informasi PDAM Tirta Kamuning) melalui media playstore pada handphone masing-masing. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com