Jelang Natal, Ini Persiapan Pengamanan Polres

KUNINGAN (Mass) – Aparat kepolisian Resor Kuningan menyiagakan ratusan personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, bersama dengan tim gabungan baik TNI, Satpol PP, Dishub, Ormas dan petugas lainnya. Kesiapan pengamanan itu diawali dengan gelar pasukan di halaman Mapolres Kuningan, Kamis (22/12), yang dipimpin langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH.

Kapolres Kuningan AKBP M Syahduddi SIK MSi kepada kuninganmass.com mengatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru tidak hanya dilakukan oleh aparat kepolisian. Namun juga mendapat bantuan pengamanan dari TNI, Satpol PP, Dishub, serta seluruh komponen masyarakat yang berkomitmen untuk pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru di Kuningan berjalan kondusif.

“Langkah kita, nanti akan disiapkan tiga pos pengamanan dan dua pos pelayanan yang ada di sekitar Taman Kota, Taman Cirendang serta kawasan wisata di Bojong Cilimus. Kalau untuk jumlah gereja di Kuningan sendiri, itu ada kurang lebih 15 yang sudah kita identifikasi,” sebutnya.

Pihaknya mengaku, telah berkoordinasi dengan pihak gereja agar kondisi kamtibmas tetap terjaga dan terpelihara. Sebab, Polri dituntut untuk terus bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait lainnya dengan bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada.

Sementara Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dalam sambutannya menyampaikan, apel yang dilaksanakan ini sebagai upaya pengecekan akhir persiapan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru nanti. Oleh sebab itu, diprediksi akan muncul titik konsentrasi massa seperti di tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal dan tempat lainnya.

“Peningkatan aktifitas masyarakat ini harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Karena itu, Polri menggelar Ops Lilin 2016 yang akan dilaksanakan selama 10 hari yakni pada 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017,” sebutnya.

Oleh sebab itu lanjut Bupati Acep, Ops Lilin ini akan dilakukan dengan tindakan prefentif dan preentif, yang didukung kegiatan intelejen serta penegakan hukum secara tegas dan professional.

“Secara keseluruhan, Polri mengerahkan sebanyak 85.744 personil dibantu 15.096 pers TNI serta 55.130 pers Gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka dan Jasa Raharja. Para personil itu akan ditempatkan pada 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan guna memberikan pengamanan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com