Jalur Car Free Day Melebar ke Cigugur

KUNINGAN (MASS)- Lokasi Car Free Day selama ini difokuskan di Jalur Protokel Jalan Siliwangi. Namun, saat ini karena dinilai dibutuhkan di tempat lain pun, maka jalur CFD menyebar.

Salah satunya adalah di Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cigugur. Jalur CFD itu Minggu (9/12/2018)  dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda.

Menurut Kepala Kelurahan Sukamulya Yayat, hal yang mendasar pentingnya dibuatkan jalur  Bebas Sampah dan Kendaraan Bermotor (Car Free Day) dikarenakan masyarakat membutuhkan ruang untuk bersilaturahmi.

Dikatakan,  tentu warga butuh tempat berolahraga yang nyaman tidak terganggu dengan kendaraan terlebih lagi memperhatikan keselamatan karena jalur angkutan umum.

“Dan juga jalur dengan lokasi Jalan Kalpataru Simpang 3 SMKN 1 Kuningan akan lebih terpantau akan kebersihan. Dan media pemasaran dan promosi potensi Home industri dan lainnya.  Untuk jarak sekitar 1 km,”ungkapnya.

Wakil Bupati M. Ridho Suganda, menjelaskan kegiatan Car Free Day di Kabupaten Kuningan bertujuan untuk menyediakan ruang terbuka bagi masyarakat yang bebas sampah dan kendaraan bermotor dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Ia juga menambahkan bahwa CFD sebagai media memfasilitasi tumbuhnya beraneka potensi kreativitas sekaligus ajang  media promosi, juga ajang  masyarakat untuk berkreasi  dibidang seni, budaya, olah raga, dan kegiatan sosial.

Kuningan telah secara resmi dicanangkan dan diresmikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat Pada tanggal 9 Nopember 2009 oleh Gubernur Jabar.

“Dengan adanya jalur CFD di Kelurahan Sukamulya ini  pemerintah menyambut gembira atas launching. Ini sebagai bukti komitmen dan kerjasama kita bersama, pemerintah daerah, Kepolisian, dunia usaha dan partisipasi warga,”katanya.

Dan tentunya untuk panitia CFD  termasuk instansi pemangku kepentingan agar memantau, memonitor dan mendeteksi dini terhadap kemungkinan misalnya ketidakteraturan para pedagang, kriminalitas. Kebersihan dan sebagainya. Sehingga dapat mengantisipasi secara dini dan segera dapat mencarikan solusinya.

Ia menyampaikan ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Kurah, pihak lainnya  dan masyarakat Sukamulya atas Ide dan kreativitasnya dalam penyelenggaraan car free day ini. Sebagai salah satu upaya dan solusi untuk menciptakan kualitas hidup lebih sehat, nyaman, dan bersih. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com