Di Kunjungi Plt Bupati, Pengungsi Diingatkan Hal Ini

KUNINGAN (MASS)- Bencana yang terjadi di 11 desa yang tersebar di tujuah desa membuat Kuningan benar-benar berduka. terlebih  jumlah pengungsi mencapi 1.449 KK dengan total 5.034 jiwa .

Pemkab Kuningan pun terus melakukan berbagai upaya mereka nyaman di tempat pengungsian. Bahkan Plt Bupati Dede Sembada sering keliling menjumpai pengungsi untuk mengetahui kondisi terbaru.

Seperti Selasa (6/3/2018) Desem berkunjung ke Desa Cimara  Kecamatan Cibereum yang terkena bencana alam akibat pergerakan tanah. Plt Bupti ini tidak sendiri, ia   didamping Camat Cibeureum Pulung, Kepala Pelaksana BPBD Agus Mauludin , dan muspika kecamatan Cibeurem.

Rombongan  meninjau  tanah yang terbawa arus sungai Cijangkelok. Akibat kejadian itu banyak rumah mengalmi pergeseran tanah.

Masyarakat yang terkena dampak tersebut diungsikan ke balai pertemuan dusun sebanyak 56 kepala keluarga berjumlah  176 jiwa. Selian itu  juga sebanyak 50 rumah terancam terbawa pergeseran tanah.

Bukan hanya pergeseran tanah saja yang menimpa Desa Cimara, tapi banjir pun ikut menerjang. Hal ini  karena terdapat hulu sungai Cijangkelok.

Banjir tesebut ikut merusak beberapa irigasi yang selama ini mengairi sawah yang terdapat di desa setempat.  Adapun lahan sawah yang terkena bencana adalah 52 hektar sawah yang siap panen  sehingga mengakibatkan gagal panen.

Plt Bupati Kuningan pun berpesan kepada warga yang sedang mengungsi diharapkan berhati-hati bila terjadi hujan  lagi. Selain itu supaya menjaga kesehatan.

“Untuk posko kesehatan sudah disediakan oleh pihak Puskesmas yang siaga 24 jam. Mengenai bantuan logistik akan dikirm oleh pmerintah,”  ujar Plt Bupati Kuningan. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com