Desa Cibulan Berjuang Menjadi Terbaik di Tingkat Provinsi

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH menghadiri Pelaksanaan Evaluasi Perkembangan dan Verifikasi Lapangan Penilaian 4 besar Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Kantor Desa Cibulan Kecamatan Cidahu.

Acara yang digela Jumat (24/5/2019) itu dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Kantor kemenag Dr Hanif Hanafi, MSi, Kepala DPMD Drs Deniawan, Kepala Bappenda Kuningan, Dr A Taufik Rohman MSi, Plt Dinas Pertanian Ir H. Dodi Nurochmatuddin, MP MSi.

Lalu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ir Bunbun Budhiyasa, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs H Maman Hermansyah, MSi. Kemudian,  Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Drs H Dudi Pahrudin, M.Si, Camat Cidahu Rusmiadi, serta Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama SE.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap Desa Cibulan bisa menjadi finalis pada perlombaan desa tingkat provinsi Jawa Barat. Hal ini berkat doa dan usaha semuanya.

“Dengan semangat perubahan yang telah mengalami lompatan cukup besar terhadap penilaian yang signifikan dari tahun ke tahun

Diterangkan, bagaimana inovasi desa dan masyarakat yang ditunjang oleh seluruh pihak untuk merubah wajah Desa Cibulan menjadi lebih baik. Semoga seluruh desa di Kabupaten Kuningan dapat mencontoh kreativitas serta inovasi yang ditunjang oleh semua pihak.

“Atas bimbingan semua kepala SKPD dan lainnya, sehingga desa Cibulan bisa menjadi yang terbaik tingkat Kabupaten dan untuk kita dorong ke tingkat Provinsi maupun Nasional,” pungkas Bupati.

Acep menyebutkan, dengan berbagai terobosan tersebut, pemerintah daerah tidak ragu untuk mendorong semangat juang Desa Cibulan. Hingga akhirnya mendapat simpati sampai ke tingkat provinsi dan tingkat kementerian.

Sebelumnya di Desa Cibulan terdapat lahan bekas galian pasir yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian kacang kedelai di tengah tanah tandus dan panas. Dengan adanya teroboan itu   ikut membantu kesejahteraan masyarakat desa.

“Hal ini yang akan menjadi motivasi kita bersama dalam mewujudkan Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023),” lanjut dia.

Perlu diketahui bahwa Desa Cibulan sudah masuk nominasi pada perlombaan desa, dengan harapan dapat menjadi juara. Hal ini juga akan menyemangati kecamatan dan desa lain untuk menjadi lebih baik dengan tujuan mendorong dan menggalakan peran serta masyarakat dalam menwujudkan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor.

Acara tersebut turut dilanjutkan Ekspos dari Kepala Desa Cibulan Iwan Gunawan, SIP.  Menurutnya galian pasir ini menjadi potensi dalam peningkatkan pendapatan dana asli desa yang mampu membuat sarana dan prasarana desa.

Dengan mengubah bekas galian pasir menjadi lahan produktif, dengan membuat terobosan menjadi lahan kedelai yang sudah terpanen sebanyak 24 ton kedelai pada musim panen.

“Dari perkembangan tersebut, Desa Cibulan menjadi salah satu desa yang mengembangkan kedelai di Indonesia yang di dukung oleh Kementrian Pertanian. Dengan harapan mempunyai impian untuk menjadi desa kedelai Cibulan, serta terdapat berbagai terobosan lain mulai dari bidang Pendidikan, pelayanan dan lain-lain” ujar Iwan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com