Serahkan Penghargaan, Bupati Terima Buku Kuningan Bercahaya

KUNINANGAN (MASS) – Usai apel pagi, Bupati Kuningan, Acep Purnama  menyerahan piala dan penghargaan bagi para pemenang Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Barat.  Acara yang berlangsung di Halaman Setda Kuningan, Senin (22/7/19) itu disaksikan Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda.

Selain itu juga Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar  , Staf Ahli,  dan Kepala Bagian Lingkup Setda,  Kepala SKPD, dan tentu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan  Kuningan, Drs Ucu Suryana.

Adapun yang mendapatkan penghargaan untuk kategori  lomba cerita anak juara pertama yakni  Ananda Vasya Febrian Al Khairi. Ia merupakan siswa SDN Dukuhmaja 2 Luragung dan  akan mewakili Provinsi Jabar ke Tingkat Nasional.

Lalu ada penyematan selempang kepada Ujang Taufiqurrahman Juara Favorit Duta Perpustakaan Jabar. dan terakhir Juara Harapan satu Lomba Perpustakaan Desa Tingkat  Provinsi yaitu Perpustakaan Jendela Dunia Desa Pasayangan Kecamatan Lebakwangi.

Bupati Kuningan Acep Purnama menyampaikan selamat dan berpesan kepada para pemenang lomba  untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi agar bisa membawa nama baik Kabupaten Kuningan lebih tinggi.

“Semoga hal ini akan menjadi motivasi untuk masyarakat Kuningan dalam meningkatkan minat baca dan menulis. Karena dua hal ini sebagai upaya meningkatkan juga sumber daya manusia. Dengan harapan memiliki kecerdasan spritual dan intelektual,” tandasnya.

Diterangkan, sebagai apresiasi Pemerintah Daerah juga akan memberikan tawis kadeudeuh kepada para pemenang. Hal ini  sebagai motivasi kepada masyarakat lainnya.

Pada kesempatan ini pula bupati juga memberikan apresiasi kepada 20 orang pegiat literasi yang merupakan penulis lokal buku essay berjudul Kuningan Bercahaya. Buku ini diserahkan Nita Juanita seorang ASN yang bertugas di Disdikbud Kuningan. Ia aktif juga membantu kegiatan literasi.

Dalam kesempatan itu hadir juga Zeze selaku penggiat literasi juga mempunyai Taman Bacaan masyarakat, dan tergabung dalam Kocibaku (Komunitas Cinta Baca Baku Kuningan).  Selama ini ia  terus mendorong warga untuk datang ke perpustakaan karena banyak buku-buku berkualitas.

Ia menerangkan, Buku Kuningan Bercahaya isinya bercerita tentang bagaimana meningkatkan minat baca di Kabupaten Kuningan. Buku ini hasil karya penggiat literasi Kuningan yang pernah mengikuti  Workshop Menulis esay saat acara Gebyar Kunjungan Perpustakaantahun 2018  dengan narasumbernya Gol A Gong, seorang penulis terkenal Indonesia.

“Perkembangan literasi di Kuningan,  terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini tak lepas dari doa dan dukungan  dari Pemerintah Daerah Kuningan  juga partisipasi warga yang senatiasa mensupport dan berperan aktif dalam mewujudkan  Kuningan Bercahaya (Belajar Membaca sepanjang Hayat),” jelasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com