Berharap Produk Kuningan Tembus Pasar Internasional

KUNINGAN (MASS)- Industri di Kabupaten Kuningan didominasi oleh industri-industri kecil dan menengah yang berorientasi pasar lokal. Kedepan diharapkan produk industri Kabupaten Kuningan bisa menembus pasar nasional bahkan internasional.

“Selama ini kita lebih percaya pada produk luar. Ini harus menjadi pemikiran kita bersama bagaimana bagaimana produk lokal Kuningan bisa menembus pasar nasional bahkan internasional,” ujar Bupati Kuningan H Acep Purnama, pada acara Pembinaan/Pelatihan Pengembangan dan Pemasaran Produk Home Industri, di Aula bank bjb Kuningan, Jumat (21/12/2018).

Kabupaten Kuningan sudah punya produk yang sudah dikenal oleh masyarakat luar daerah. Misalnya tape ketan yang sudah diakui di tingkat nasional.

Tape ketan Kuningan punya khas yang dibungkus dengan daun jambu air serta dikemas dalam ember hitam. Menurutnya, produk industri makanan lainnya punya peluang untuk menembus pasar luar daerah.

Misalnya lanjut dia, adalah gemblong. Makanan yang terbuat dari bahan baku singkong. tinggal bagamana caranya mengemas serta membuka peluang seperti produk tape ketan yang lebih dulu dikenal oleh masyarakat luar Kabupaten Kuningan. 

Acara Pembinaan/Pelatihan Pengembangan dan Pemasaran Produk Home Industri dihadiri oleh Kadisperindag Agus Sadeli MPd. Lalu, Pincab bank bjb Kuningan Maman Rukaman.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan puluhan UKM. Hadir pula para narasumber yang sudah kompeten. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com