Banyak Keluhan, Masalah Sampah dan PKL Dibahas

KUNINGAN (MASS) – Permasalahaan sampah dan PKL di Kabupaten menjadi permasalahan serius.Untuk itu Pekab Kuningan melakukan pembahasan khusus.

Pada Rabu (12/6/2019) Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar memanggil beberapa SKPD terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut. SKPD yang dipanggil adalah Kepala Dinas DLHK Ir Amirudin, Plt Kepala Bappeda Usep Sumirat, Kepala DPMD Deniawan.

Lalu, para Kepala Bagian Lingkup Setda, Plt Camat Kuningan Dudi beserta para Lurah. Hadir juga Ketua TP PKK Hj Ika Acep Purnama.

Sekda mengumpulkan para SKPD tidak terlepas dari banyaknya keluhan dari masyarakat khususnya para pemudik yang pada lebaran kemarin berlebaran di kampung halaman Kabupaten Kuningan. Ketika mereka yang mengunjungi taman kota dan taman-taman yang lainya mereka mengeluh tentang kebersihan dan kenyamanan.

Dimana saat itu  mereka terganggu dengan banyaknya pedagang kaki lima yang sangat semrawut sehingga fungsi taman sebagai ruang terbuka hijau menjadi tidak berfungsi lagi.

Untuk itu Sekda merasa bahwa perlu adanya penanganan secara serius mengenai sampah dan PKL khususnya di Taman Kota yang berada di wilayah kota Kuningan.

Dian berharap PKL yang sekarang berdagang di taman kota kuningan ditertibkan oleh Sat Pol PP sebagai penegak Perda. Perlu ketegasan dari aparat khususnya Pol PP agar pedagang kaki lima tidak semakin menjamur di Taman Kota.

Selanjutnya Dian juga membahas  penanganan sampah di Kabupaten Kuningan. Masalah  harus menjadi tanggung jawab semua elemen baik pemerintah, swasta dan tentunya masyarakat.

Mantan Kadisdikbud itu meminta  masyarakat Kabupaten Kuningan dapat menjadi masyarakat yang sadar terhadap persoalan sampah, jangan membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke sungai yang nantinya akan menimbulkan penyakit dan bencana bagi kita.

Dian juga mengingatkan bahwa program Jumsih ( Jumat Bersih ) yang digagas oleh jajaran TP PKK perlu mendapat dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat.

“Program yang sudah bagus ini bertujuan untuk membuat Kuningan bersih, sehat dan nyaman tentunya dambaan kita semua,” ujarnya.

Hal tersebut diamini oleh Ketua TP PKK Hj. Ika Acep Purnama, selaku Ketua TP PKK Ika mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kuningan terlibat dalam menjaga kebersihan di Kabupaten Kuningan. Para pedagang harus menyiapkan tempat sampah di tempat berdagang agar mengurangi sampah plastik, karena plastik susah diurai oleh alam. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com