Bahan Melimpah, Warga Dilatih Kembangkan Sale Pisang

KUNINGAN (MASS) – Satgas TMMD ke 104 Kodim 0615 / Kuningan bekerjasama dengan Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan memberi pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat Desa Legokherang Kecamatan Cilebak. Wilayah ini merupakan lokasi TMMD ke 104.

Adapun yang memberkan  materi dari Dinas UMKM Bagian Pemberdayaan Masyarakat  yakni  Hj Yaryar bersama timnya. Mereka  memberikan materi seputar pengolahan pisang yang akan dijadikan sale pisang.

Kegiatan pelatihan pembuatan sale pisang ini dimulai pada Selasa (12/03) pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Kegiatan praktek dilakukan di  Aula PAUD Desa Legokherang.

Adanya pelatihan sale pisang ini disambut antusias oleh kaum perempuan yang mayoritas  peserta. Mereka berharap usai menerima materi pelatihan ini mampu mempraktekannya, sehingga dapat menambah penghasilan.

Kapten Arh Dulkadir selaku koordinator kegiatan kewirausahaan melalui Pelda Syamsul, menuturkan kegiatan pelatihan pembuatan sale pisang ini merupakan bagian dari sasaran non fisik dalam TMMD ke-104 TA 2019. Adapun tujuan untuk menumbuh kembangkan usaha ekonomi produktif untuk masyarakat  dilokasi TMMD yang terkenal dengan penghasil pisang di wilayah Kecamatan Cilebak .

Pelatihan ini, lanjutnya, sebagai wujud kepedulian TNI yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah terutama Dinas Koperasi  UMKM Kabupaten Kuningan dalam membantu merintis dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan baru di masyarakat. Mereka bisa mendiri dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Ini suatu ikhtiar untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas masyarakat, sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan kesempatan kerja baru di masyarakat, “ jelasnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan warga masyarakat Desa Legokherang Kecamatan Cilebak khususnya kaum ibu-ibu dalam mengolah hasil sumber daya alam yang ada di desa berupa buah pisang, sehingga akan berdampak positif dalam menopang ekonomi keluarga dan dalam jangka panjang akan meningkatan kesejahteraan keluarga. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com