Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Economics

Gara-gara Virus Corona Harga Bawang Putih Melambung dan Langka

KUNINGAN (MASS)- Dampak virus corona yang melanda Provinsi Wuhan Republik Rakyat Tiongkok membuat harga bawang putih melambung tinggi. Pasalnya, setelah terkena wabah virus kiriman dari negara tirai bambu terputus sehingga dampaknya harga naik.

Dari keterangan petugas Pendata harga Sembako dan bahan stretegis di Pasar Daerah Kuningan, Arisman, harga bawang putih saat ini melambung menjai Rp60 ribu. Pada saat awal Januari harganya Rp30 ribu.

“Selama ini pasokan dari China. Ketika stok berkurang maka harga melambung. Situasi ini tidak biasa dihindari dan konsumen pun mengetahui hal ini,” jelas Arisman, Senin (3/2/2020).

Ia mengatakan, untuk bawang memang di pasok dari luar termasuk bawang bombay dari India. Mengenai harga  untuk Minggu depan apakah naik atau tidak,  semua tergantung stok.

‘Harga awal Rp30 ribu, naik Rp32 ribu, naik lagi Rp45 ribu dan kini Rp60 ribu. Tentu berat tapi mau gimana karena ini bumbu penting. Saat ini di pasaran barang terbilang langka ,” jelasnya.

Selain bawang putih, harga yang melonjak naik adalah cabai merah yang melonjak ke harga Rp70 ribu . Harga naik karena cuaca musim hujan dimana cabai banyak yang busuk sehingga stok kurang di pasaran. Minggu lalu harganya Rp60 ribu.

Diterangkan, harga cabai kriting juga naik dari Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu. Sedangkan cabai rawit dan hijau masih Rp26 ribu dan Rp20 ribu. Untuk harga sembako lainnya terbilang stabil baik beras maupun daging.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Daging sapi dan kambing masih Rp110 ribu. Sedangkan ayam Rp32 ribu. Harga telor Rp22 ribu. Sementara beras premium Rp10.500/Kg,” jelasnya.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Munculnya Covid-19 atau populer disebut dengan virus corona di Wuhan Cina pada akhir tahun lalu, telah mengubah berbagai tatanan kehidupan dunia...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Pasca pemberlakukan jam malam, para pelaku usaha menjerit. Sebab, omset turun dratis. Meski siang hari bisa jualan. Namun, karena ada kebijakan...

Health

KUNINGAN (MASS) – Hari Minggu (29/03/2020) pagi warga Perumahan Alam Asri RT 29 RW 08 Desa Kasturi Kuningan melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan di Jalan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Kuninga terus meninggkat. Hal ini dengan dinyatakanya satu pasien positif. Selain itu ada empat orang yang saat...

Advertisement