Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Di Acara Pelantikan Rektor Bicara Perjalanan Kopma

KUNINGAN (MASS)- Sebanyak 48 pengurus koperasi mahasiswa (Kopma) Arya Kamuning periode 2021 – 2022 resmi dilantik oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr Dikdik Harjadi, SE MSi.

Proses pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan tersebut, berlangsung di Gedung Student Center Iman Hidayat, Jumat (9/4/2021).

Rektor UniKU Dr Dikdik Harjadi menuturkan, di hari Jumat barokah ini, baru saja dilaksanakan prosesi pelantikan pengurus Kopma Arya Kamuning Uniku yang secara resmi dilantik untuk satu tahun kedepan.

“Ini menjadi momentum bagi seluruh pengurus Kopma untuk bekerja,” tuturnya.

Dirinya yang menjadi bagian sejarah berdirinya Sekretariat Kopma Arya Kamuning Uniku bercerita bagaimana dahulu proses perjalanan Kopma , mulai dari berdirinya sampai dengan sekarang.

“Gimana mau terlihat Kopma Uniku, Sekretariatnya juga tidak terlihat dan jarang dilalui oleh mahasiswa. Pada saat masih Wakil Rektor III, dirinya menggagas untuk menempatkan Sekretariat Kopma Uniku ditempat yang sekarang, yakni di Kompleks Kopma Uniku didepan (Area Kantin Corner Uniku),” ujarnya.

Dikatakannya, ada dua  peran Kopma Arya Kamuning Uniku yaitu pertama menjadikan Kopma sebagai media pembelajaran, bagaimana berorganisasi dan mengelola Koperasi dengan baik.

“Kedua, mencari pengalaman berorganisasi. Bagaimana cara untuk mengaktifkan, mengembangkan dan meningkatkan Kopma Arya Kamuning Uniku,” katanya.

Dirinya menerangkan, bahwa Kopma Arya Kamuning Uniku ini, sudah bekerjasama dengan beberapa Dinas terkait.

“Buktinya, ada kegiatan pelatihan kader Koperasi dan juga pelatihan bagi pengurus Koperasi,” sebutnya.

Kegiatan ini bisa terselenggara bersama dengan Dinas maupun dari Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia. Ini menjadi tantangan bagi pengurus Kopma untuk mensejahterakan anggotanya bukan mencari keuntungan.

Dikdik sapaan akrabnya, menjelaskan, bagi seluruh pengurus Kopma Arya Kamuning Uniku yang baru saja dilantik, ini menjadi tantangan dan juga PR atau sebuah tema yang menarik, bagaimana merencanakan program untuk satu tahun kedepan dan untuk mengembangkan usahanya kedepan.

“Kopma bisa menjadi model atau barometer bagi masyarakat dalam pengembangan koperasi. Saya yakin, dari pengurus Kopma ini bisa memberikan gagasan dan ide kreatif untuk mengembangkan Kopma menjadi lebih berkembang lagi,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pembina Kopma Arya Kamuning Uniku Sahlan MPd, dalam sambutannya, mengatakan, maju mundurnya sebuah organisasi yaitu adanya kaderisasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Alhamdulillah, pada hari ini, sudah dilantik pengurus Kopma yang baru, yang akan melanjutkan estafet perjuangannya untuk menjadikan Kopma Arya Kamuning Uniku menjadi lebih baik lagi dalam satu tahun kepengurusan,” tuturnya.

Dirinya juga dalam kesempatan tersebut, menyampaikan, ucapan selamat bagi ananda Achmad Irsyad Imanuddin yang sudah terpilih dan dilantik secara resmi sebagai Ketua Kopma Arya Kamuning Uniku untuk periode satu tahun kedepan.

“Selamat bekerja dan semoga amanah bagi Irsyad dan pengurusnya. Tak lupa juga saya sampaikan ucapan terimakasih kepada demisioner pengurus Kopma Arya Kamuning periode 2020 – 2021 yang sudah mengabdikan dirinya untuk Kopma,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kopma Arya Kamuning Uniku Achmad Irsyad Imanuddin, dalam sambutannya perdananya, mengatakan, menjaga eksistensi di era pandemi covid 19 ini, jelas kami menemui beragam permasalahan khususnya dalam menyelenggarakan kegiatan.

“Namun, kami mencoba improvisasi agar kegiatan tersebut tetap memberikan asas kebermanfaatan pada seluruh warga Uniku,” tuturnya.

Menurutnya, besar harapan kami segenap pengurus Kopma Arya Kemuning yang baru dilantik, mampu terus menjalankan sinergitas khususnya dengan pihak lembaga maupun dengan pihak eksternal yang sudah terjalin sejak lama dengan Dinas Koperasi UMKM maupun dengan Kementerian Koperasi Republik Indonesia.

“Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagaimana kita menjalin hubungan dengan pihak eksternal. Karena disadari dengan betul, kondisi dan situasi yang banyak halangan akhirnya kita wajib untuk terus menggagas hal baru dan menghadirkan ide-ide baru, agar rekan-rekan di kemudian hari bangga menjadi bagian dari keluarga besar Kopma Arya Kamuning,” ujarnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dalam Rangka Menghadapi Musda DPD KNPI Kuningan XV kami selaku SC telah membuka pendaftaran calon Ketua DPD KNPI Kuningan yang baru.Adapun...

Government

Kuningan – Meskipun seluruh pegawai telah melaksanakan vaksinasi anti covid 19 sebulan lalu, namun BNN tetap melakukan antisipasi dengan tes swab antigen. Kegiatan ini...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Senin, 5 Syawal 1442 H / 17 Mei 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚 قال الحافظ ابن رجب – رحمه...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kejadian ricuh di acara dangdutan di Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang Minggu (16/5/2021) viral. Hal ini karena vedio kericuhan sudah menyebar luas...

Advertisement