Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Netizen Mass

Cara Menciptakan Pembelajaran Online Menarik

KUNINGAN (MASS) – Sudah sejak enam bulan sampai sekarang virus covid 19 masuk ke indonesia sehingga hampir semua kegiatan dikerjakan di rumah.

Virus covid 19 ini sangat memiliki dampak yang besar terhadap indonesia dan dunia. Riset membuktikan bahwa siswa dan mahasiswa akan menjadi aktif dan kreatif Ketika mereka diikutsertakan di dalam proses pembelajaran.

Namun dengan adanya pandemic covid 19 membuat siswa dan mahasiswa harus belajar dari rumah.

Sehingga guru harus membuat kelas – kelas daring dan membuat model pembelajaran yang interaktif agar di dalam proses pembelajaran siswa dapat menerima pembelajaran dan lebih aktif.

Berikut adalah cara agar siswa dapat menerima pembelajaran online dengan baik diantaranya yaitu :

1.Menguatkan Interaksi Antara Murid dengan Guru

Ketika seorang murid dan guru terpisah karena jarak, menciptakan hubungan antara guru dan siswa merupakan hal yang sangat penting. Ketika siswa sedang menunggu dimulainya kelas online. Guru atau dosen menggunakan fitur obrolan untuk menyakan kabar mereka. Sehingga di pertemuan pertama diperkenalkan terlebih dulu silabus, mata pelajaran, dan syarat lulus di dalam mata pelajarannya. Selain itu guru mengingatkan siswanya untuk menyalakan fitur video mereka. Hal ini membuat siswa lebih bertanggung jawab di dalam proses pembelajaran dan lebih termotivasi untuk menghindari gangguan yang muncul Ketika belajar di rumah. Guru harus lebih mengoptimalkan proses komunikasi termasuk memastikan bahwa suara, cahaya, dan video harus berkualitas tinggi. Caranya yaitu guru harus memposikan kamera tepat di depan monitor sejajar dengan mata sehingga guru dapat melihat semua siswa tidak hanya ke HP atau laptop. Guru berdiri selama proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat melihat gerakan gurunya, proses pembelajarannya lebih interaktif dan menarik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

2.Merencanakan Kuis Interaktif yang Dapat Dijawab pada Waktu Pembelajaran Online

Tanggapan secara rutin dari siswa dapat membantu guru memahami pendapat siswa dan juga mengukur sudah sejauh mana siswa memahami materi pada waktu proses pembelajaran online. Dengan adanya tanggapan secara langsung membuat guru menyeleraskan pelajaran berikutnya agar sesuai dengan tingkat pemahaman siswa sehingga membuat siswa termotivasi dan aktif di dalam proses belajar. Siswa akan senang Ketika pertanyaan – pertanyaan mereka terjawab dan juga tanggapan – tanggapan dari temannya. Guru menggunakan situs online yaitu quipper school, zoom, ruang guru, google meet.

3.Manfaatkan Interaksi Antar Siswa

Di kelas ini, guru memastikan siswa dapat berinteraksi dengan nyaman untuk mengajukan pertanyaan dan mampu berkontribusi di dalam pembelajaran kelompok jauh dan sering daripada di ruang kelas caranya guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil dan mengharuskan mereka untuk menjawab setiap permasalahan yang diberikan oleh tim pengajar. Oleh karena itu pembelajaran kelompok menjadi sangat penting di dalam kelas online. Kerja kelompok memungkinkan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang materi-materi yang diajarkan di kelas, sehingga pembelajaran ini akan tetap bertahan sampai dengan proses pembelajaran berakhir.
Oleh karena itu, guru harus untuk senantiasa memperluas wawasan mereka terkait berbagai metode pembelajaran interaktif. Meskipun akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga, hal ini merupakan investasi yang penting untuk dilakukan.***

Penulis :
Nur Amalia
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret
Asal Perumahan Taman Ciharendong Kencana, Kuningan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement