Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Bukan Hanya Lolos PT, PAN Yakin 12 Kursi Bisa Direbut

KUNINGAN (MASS) – Meski jarang terekspos media massa, pergerakan kader PAN di Kuningan cukup massif. Puluhan calegnya memiliki semangat tinggi dalam upaya mencapai target 12 kursi untuk DPRD Kuningan. Sudah barang tentu geliat mereka dapat mendongkrak pencapaian raihan kursi DPRD Jabar dan DPR RI, hingga target Parliamentary Threshold (PT) 4 %.

Ungkapan ini dilontarkan Ketua DPD PAN Kuningan, Udin Kusnedi SE MSi kepada kuninganmass.com, Jumat (22/2/2019). “Kalau ada lembaga survey yang menyatakan PAN merosot, atau bahkan menyebutkan secara nasional tidak akan lolos PT (Parliamentary Threshold), itu sah-sah saja sesuai versinya. Mungkin yang disurveynya bukan kader PAN melainkan kader partai lain,” ujarnya.

Tapi karena pemilu digelar 17 April mendatang, menurut Udin, hasil survey sekarang bisa meleset. Terlebih ketentuan kemenangan itu bukan hanya dari survey semata, melainkan pula dari para calegnya, baik caleg di daerah maupun pusat termasuk jajaran pengurus partainya.

“Sekarang ini pengaruh caleg luar biasa. Kami di daerah punya caleg potensial tinggi untuk duduk di parlemen daerah. Target kami untuk DPRD Kuningan itu 12 kursi,” tandasnya.

Pencapaian target tersebut, menurut Udin, tentu akan mengangkat perolehan suara PAN untuk pusat dan provinsi. Tak heran apabila dirinya optimistis pada pemilu tahun ini, suara PAN secara nasional akan melampaui ambang batas atau PT yang ditetapkan 4 %.

“Dalam setiap pemilu PAN selalu dilaporkan tidak lolos PT. Tapi kenyataannya selalu melebihi PT. Pada pemilu 2014 saja suara PAN hampir mencapai 7%,” ungkap Udin.

Meski sekarang beberapa lembaga survey menyatakan PAN tak akan lolos PT, namun dirinya tidak mempersoalkan. Yang penting bagi PAN, kata dia, syarat-syarat lolos PT itu minimal di setiap dapil itu terpenuhi caleg.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Nah di seluruh Indonesia untuk caleg DPR RI ini terisi penuh. Dengan begitu PAN yakin akan meningkatkan perolehan suara dan kursi DPR RI. Begitu juga untuk DPRD Jabar,” ucap dia.

Khusus bicara Dapil Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran), kursi untuk DPR RI diyakini Udin masih aman 1 kursi. Bahkan posisinya berada di 5 besar dari jatah 7 kursi. Begitu juga untuk DPRD Jabar, dia optimistis masih aman 1 kursi untuk Dapil Jabar XIII.

“Kita juga lakukan survey internal. Insya Allah untuk kursi DPR RI Dapil Jabar X bisa aman 1 kursi. Untuk DPRD Jabar juga aman 1 kursi. Kita rasional saja. Sedangkan untuk PT, PAN bisa masuk posisi 4 besar,” tandas Udin. (deden)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Setelah sekitar 2 bulan lamanya menunggu, akhirnya SK DPP untuk kepengurusan baru DPD PAN Kuningan terbit. Kamis (8/4/2021), dilaksanakan penyerahan SK...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Tidak direbutnya posisi ketua Pansus Tata Tertib DPRD oleh Koalisi Kuningan Bersatu (KKB) mendapat jawaban dari Ketua DPD PAN Kuningan, H...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Berdasarkan data DPT, Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda tercatat di TPS 02 Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan. Edo datang ke TPS...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa asal Kuningan yang tergabung dalam Kamuning (Keluarga Mahasiswa Kuningan) UIN SGD Bandung menggelar Dilan (Dialog Interaktif Mingguan), Rabu (3/4/2019). Tema...

Advertisement