Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Baguna PDIP Bantu Korban Longsor Subang

KUNINGAN (Mass) – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kuningan kembali melakukan aksi sosialnya dengen meninjau lokasi bencana alam berupa tanah longsor di Subang dan Cilebak, Selasa (21/9). Dalam kesempatan itu, para kader Baguna PDIP memberikan paket sembako kepada korban tanah longsor, sekaligus menyerap keluhan warga yang terkena dampak musibah longsor.

Didampingi PAC PDIP Kecamatan Subang dan Cilebak, Ketua Baguna PDIP H Sudirja didampingi sekretarisnya Meli Puspita SPd menghampiri satu persatu rumah warga yang kondisinya sangat memprihatinkan. Dirinya mencoba untuk berkomunikasi langsung dengan para korban, sekaligus melihat-lihat kondisi rumah yang rata-rata sudah tidak layak huni.

“Dari kunjungan itu, ada lima rumah warga di Desa Pamulihan yang amblas dan memaksa mereka untuk mengungsi. Kami berharap bisa lebih membantu korban longsor, kali ini kita melakukan survey dan sementara kita pasok bahan-bahan sembako,” katanya.

Tak hanya di Desa Pamulihan kata Sudirja, longsor juga menimpa Desa Mandapajaya di Dusun Jatimulya. Disana terdapat 2 rumah yang retak akibat pergeseran bumi dan mengancam sebanyak 28 rumah warga lainnya.

“Namun, di lokasi juga telah siaga posko BPBD Kuningan yang siaga menjaga dan mengawasi setiap perkembangan dan pergeseran lempeng bumi. Pada saat kami survey lokasi, kata Pak Edi yang bertugas sebagai Pusdalops BPBD itu terjadi pergeseran bumi sebanyak 8 sentimeter,” terangnya.

Pihaknya juga mendapat keluhan dari warga desa, agar meminta pemerintah daerah merelokasi tempat tinggalnya ke lokasi yang lebih aman, serta meringankan proses pembangunan kembali korban longsor. Hal ini dinilai sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap rakyatnya.

“Bahkan, saat ini warga juga selalu khawatir dan resah jika hujan deras turun. Karena longsor ini susulan, setelah sebelumnya juga longsor di Subang, dan mereka khawatir kalau-kalau hal-hal yang tidak di inginkan terjadi lagi,” pungkasnya.(andri)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement