Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Awas DBD! Empat Orang Sudah Meninggal

KUNINGAN (MASS)-  Disaat curah hujan tinggi, bukan hanya bencana yang harus dihadapi. Tapi, virus  demam berdarah dengue (DBD) juga harus, karena virus ini sangat mematikan.

Data Dinas Kesehatan Kuningan dari 37 Pukesmas sudah ada 4 orang meninggal karena DBD. Sedangkan yang terkena DBD ada 483 kasus. Jumlah ini belum termasuk yang bulan Desember.

“Empat orang yang meninggal itu berada  di wilayah Puskesmas Cibingbin, Cigandamekar, Kuninganan dan Mekarwangi,” sebut Kadinkes H Raji MKes melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan   Iyud Sudarman, Kamis (26/12/2019).

Ia menyebutkan, DBD kebanyakan menyerang di  wilayah padat penduduk seperti Cilimus, Kuningan, Sindangagung, Kramatulya. Meski pola hidup masyarakat  sudah baik, namun aktivitas warga mobile sehingga yang diserang bisa terjadi dimana saja.

“Kalau lebih efektif bukan difogging tapi  dengan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus,” jelasnya.

Bukan hanya itu, warga juga bisa memelihara ikan cupang dan juga tanaman lavender. Ikan cupang bisa memakan bintik nyamuk. Sedangkan tanaman lavender bisa mengusir nyamuk.

Iyud meminta warga untuk lebih waspada karena curah hujan masih tinggi. Berbagai upaya pencegahan oleh Dinas Kesehatan sudah dilakukan tinggal kembali kepada masyarakat sendiri. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)-  Korban virus  demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Kuningan terus berjatuhan. Dari 35 kasus yang terjadi hingga tanggal 25 Januari 2020, sudah ...

Advertisement