Bilik Disinfektan untuk Sterilisasi Penumpang Kereta Api

CIREBON (MASS) – Pencegahan penyebaran covid-19 kembali dilakukan jasa angkutan publik, kereta api.  Yang terbaru  adalah PT KAI Daop 3 Cirebon yang menghadirkan bilik disinfektan yang diperuntukan bagi penumpang KA yang hendak memasuki area zona 1 stasiun.

Manager Humas Luqman Arif menyebut bilik disinfektan tersebut mulai beroperasi pada Kamis (26/3/2020). Dalam bilik tersebut, para penumpang Kereta akan disterilisasi dengan disemprotkan cairan disinfektan.

Dengan begitu, diharapkan kuman ataupun bakteri yang menempel pada tubuh bisa terbunuh. “Selain penumpang, seluruh petugas kereta yang akan atau selesai berdinas juga wajib masuk bilik tersebut,” ujarnya.

Bilik disinfektan sendiri dijadwalkan akan dipasang di seluruh stasiun keberangkatan Daop 3 Cirebon yang meliputi Prujakan, Brebes, Jatibarang, dan Haurgeulis. Saat ini baru terpasang di Stasiun Cirebon saja.

“Sebagai upaya lain, kita juga menambah beberapa westafel portable di stasiun. Kita letakan di peron dan selasar stasiun.” imbuhnya.

Drinya berharap, dengan adanya westafel portable, pengunjung maupun penumpang KA bisa lebih intens cuci tangan. Selain penambahan tersebut, dirinya juga menyebut SOP protokol pelayanan public dalam antisipasi penyebaran covid-19 terus dilaksanakan, seperti penyediaan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, serta penerapan social distancing di area stasiun dan kereta. (eki)