Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Alhamdulillah, Prodi Teknologi Pangan dan PGSD Unisa Terakreditasi Baik

KUNINGAN (MASS) – Dua program studi yang belum lama ini menjalani akreditasi, yaitu Prodi Teknik Pangan Fakultas Teknik dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Al-Ihya Kuningan terakreditasi baik.

Predikat itu didapat dari surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT) yang diterima Unisa, Rabu (29/7/2020).

Di dua surat keputusan yang terpisah, prodi Teknik Pangan dan PGSD sama-sama mendapat predikat baik.” kata Dekan Fakultas Teknik Unisa, Jaenal Gopur AS, S. Kom, M.Si didampingi Kaprodi Teknologi Pangan, Suci Apsari Pebrianti, S.TP., M.Sc.

Menurutnya, BAN-PT mengembangkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 2018, yang secara singkat ditulis IAPS 4.0.

Dalam proses akreditasi Prodi Ilmu Teknologi Pangan Unisa Kuningan menggunakan 9 kriteria yaitu visi, misi, tujuan, dan sarana; tata pamong, tata kelola, dan kerjasama.

Kemudian, mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian tridharma.

“Pengukuran mutu ini lebih dititikberatkan pada aspek proses, output dan outcome, sementara instrumen sebelumnya lebih banyak mengukur aspek input,” tuturnya.

Dikatakan, proses akreditasi perguruan tinggi terdiri atas 5 tahap pelaksanaan, yaitu Pengusulan dokumen usulan akreditasi yang diunggah/disampaikan oleh perguruan tinggi; Penerimaan dokumen usulan akreditasi.

Pada tahapan ini kelengkapan dokumen akreditasi diperiksa sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan; Proses asesmen kecukupan (AK), yaitu penilaian dokumen usulan akreditasi oleh Tim Asesor.” tuturnya.

Lebih lanjut Jaenal menjelaskan, tahapan berikutnya adalah Proses asesmen lapangan yaitu kegiatan visitasi oleh Tim Asesor ke perguruan tinggi untuk memverifikasi fakta dan kondisi lapangan terhadap data/informasi yang disampaikan di dokumen usulan akreditasi.

Penetapan hasil akreditasi oleh BAN-PT dan penyampaian hasil akreditasi ke perguruan tinggi dan masyarakat.

Di Fakultas Teknik lanjut dia, ada 3 program studi, yang sudah dilakukan akreditasi Prodi Teknik Mesin dengan hasil C.

Sementara untuk Prodi Ilmu Teknologi Pangan mendapat Peringkat Akreditasi Baik. Sedangkan untuk prodi Teknik Informatika sedang disiapkan proses akreditasinya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal yang sama juga diungkapkan Dekan FKIP Unisa, Euis Nur Istiqomah, M.Pd didampingi Kaprodi PGSD, Anggi Pramowardhani, M.Pd.

Keduanya bersyukur karena jerih payah tim akreditasi diganjar oleh nilai yang cukup memuaskan yaitu predikat B atau baik.

Predikat tersebut menjawab harapan semua pihak termasuk mahasiswa yang berharap besar prodi yang menjadi tempat belajarnya terakreditasi B.

“Fakultas FKIP ada 4 prodi, dua di antaranya yaitu PGSD sudah terakreditasi B, PG-PAUD baru selesai visitasi sehingga ada beberapa hari untuk menunggu hasilnya.

Sedangkan dua prodi lainnya yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan PJKR sedang berproses akreditasi menunggu visitasi.(agus).

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Perumahan Graha Santoso Ciwaru

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS)- Meski hadir terlambat karena banyak acara, Bupati Kuningan H Acep Purnama memuji Unisa pada saat memberikan sambutan.   “Sayaucapkan terima kasih kepada...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sabtu tanggal 9 Januari 2021 merupakan hari bersejarah bagi 245 lulusan Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Pasalnya, mereka diwisuda di Hotel Horison...

Education

KUNINGAN (MASS) – Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah menerima kunjungan dari Baznas Kabupaten Kuningan pada hari Selasa tanggal 6 September 2020. Kunjungan Baznas tersebut...

Education

KUNINGAN (MASS) – Banyak yang mengeluh adanya pendidikan di era digital dampak dari pandemi Covid 19, mahasiswa KKN kelompok 5 Unisa mengadakan seminar ‘Pendidikan...

Advertisement